News
·
30 Agustus 2020 17:30

Temuan Kemlu: Ada Indikasi Pondok IBBAS Kairo Lakukan Pelanggaran

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Temuan Kemlu: Ada Indikasi Pondok IBBAS Kairo Lakukan Pelanggaran (28020)
Kegiatan santri Pondok IBBAS di Kairo, Mesir. Foto: Dok. Istimewa
Kementerian Luar Negeri (Kemlu) masih terus mengusut konflik yang terjadi di Pondok IBBAS (Ibnu Abbas) Kairo, Mesir. Pondok IBBAS saat ini sedang berkonflik dengan sejumlah wali santri terkait masalah visa.
ADVERTISEMENT
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu, Judha Nugraha, memastikan pihaknya menemukan indikasi ada masalah serius di Pondok IBBAS. Salah satunya penyalahgunaan visa para santri.
"Iya, (indikasi diduga kuat Pondok IBBAS melanggar aturan visa para santri)," kata Judha saat dikonfirmasi, Minggu (30/8).
Seharusnya sesuai dengan aturan yang berlaku para santri itu menggunakan visa pelajar. Namun kenyataannya mereka malah menggunakan visa turis yang diurus oleh Pondok IBBAS.
Selain itu, pemberangkatan para santri bisa dikatakan ilegal sebab tidak melalui jalur resmi Kementerian Agama (Kemenag). Hal itu kemudian diperparah dengan Pondok IBBAS yang tidak pernah melaporkan pemberangkatan para santri ke Kemenag.
Judha mengatakan, Kemlu terus berkoordinasi dengan kementerian lembaga terkait. Termasuk Bareskrim Mabes Polri karena diduga Pondok IBBAS juga melakukan tidak pidana penipuan.
ADVERTISEMENT
"Tugas kami adalah merespon pengaduan yang disampaikan berbagai pihak untuk memastikan bahwa seluruh santri WNI di Mesir dalam keadaan baik dan terlindungi, termasuk kesesuaian visa izin tinggal. Kemlu terus berkoordinasi dengan kementerian lembaga terkait menindaklanjuti hal ini," ucap Judha.

Pondok IBBAS Klaim Para Santri di Kairo Aman

Wijaksana Santoso selaku pimpinan Pondok IBBAS masih belum bersedia memberikan klarifikasi lengkap terkait masalah ini. Wijaksana menjanjikan akan segera memberikan klarifikasi. Hingga Minggu (30/8), pihak Wijaksana belum juga memberikan klarifikasi.
Namun kumparan mendapat informasi jika istri dari Wijaksana yakni Purwanti memberikan penjelasan terkait masalah Pondok IBBAS Kairo kepada para wali santri. Hal itu disampaikan Purwanti melalui pesan singkat.
Dalam pernyataannya, Purwanti memastikan bahwa anak mereka di Mesir aman dan tidak ada dokumen yang dilanggar. Bahkan, dalam pesan itu disebut ada tokoh di Mesir yang menjadi pelindung Pondok IBBAS di Kairo. Tokoh tersebut diklaim memiliki relasi dengan Jaksa di Mesir.
ADVERTISEMENT