News
·
4 Agustus 2020 3:51

Tidak Ada Oktoberfest di Jerman Tahun Ini, Digelar Kembali September 2021

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tidak Ada Oktoberfest di Jerman Tahun Ini, Digelar Kembali September 2021 (743356)
Seorang pria menggunakan masker berjalan di Cologne, Jerman. Foto: REUTERS / Thilo Schmuelgen
Festival minum bir terbesar di dunia, Oktoberfest, tidak akan dilaksanakan pada tahun ini di Jerman. Acara yang setiap tahun dilaksanakan di kota München tersebut harus dibatalkan karena pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
Oktoberfest tahun ini sebelumnya akan dilangsungkan pada 19 September sampai 4 Oktober. Namun, festival yang setiap tahunnya menarik sekitar enam juta pengunjung dari seluruh dunia ini dianggap terlalu berisiko. Orang-orang akan memenuhi tenda-tenda dan jalanan, juga duduk dan berdiri dalam jarak yang dekat.
Dilansir dari halaman resmi Oktoberfest, Perdana Menteri negara bagian Bavaria, Markus Söder, mengatakan bahwa segala macam festival dapat menjadi pusat penyebaran virus. Risiko tetap tinggi meskipun para pengunjung menggunakan masker dan melakukan pembatasan sosial.
“Selama belum ada vaksin, selama belum ada obat, tindakan-tindakan khusus harus dilakukan,” ujar Söder.
Tidak Ada Oktoberfest di Jerman Tahun Ini, Digelar Kembali September 2021 (743357)
Warga mengenakan pakaian tradisional saat parade Oktoberfest di Munich, Jerman, 22 September 2019. Foto: REUTERS / Andreas Gebe
Sementara Wali Kota München, Dieter Reiter, mengatakan bahwa ia seperti menelan pil pahit karena salah satu festival rakyat terbesar di dunia ini tidak akan dilaksanakan pada 2020. Hal tersebut juga membuat kecewa banyak warga Jerman dan warga dunia, khususnya bagi mereka penggemar Oktoberfest dan berniat datang tahun ini.
Tidak Ada Oktoberfest di Jerman Tahun Ini, Digelar Kembali September 2021 (743358)
Festival Oktoberfest Foto: REUTERS/Michaela Rehle
Sudah dilaksanakan sejak 1810, tahun ini bukanlah pertama kalinya Oktoberfest dibatalkan. Pada 1854 dan 1873, festival ini pernah dibatalkan karena kolera. Oktoberfest juga ditiadakan selama perang dunia. Sementara pada 1923, inflasi tinggi yang melanda Jerman juga harus membuat Oktoberfest batal terlaksana.
ADVERTISEMENT
Oktoberfest selanjutnya akan dilaksanakan pada 18 September 2021 sampai 3 Oktober 2021 di kota München.
Penulis: Daniel Chrisendo
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona