LIPSUS Vitamin Palsu- Cover Story
2 Agustus 2021 9:36
·
waktu baca 9 menit

Tipu-Tipu Penambah Imun Palsu di E-Commerce (1)

Budi tak ingin lagi terpapar COVID-19. Ia berniat meningkatkan imun tubuh, dan tertarik dengan vitamin D3 5000 IU merek California Gold Nutrition yang ia lihat di YouTube. Pada 4 Juli 2021, Budi pun membeli empat botol vitamin itu secara online. Dia berbelanja di HERBALSHOP 72 via Tokopedia. Di situ, ada promo beli 2 gratis 1. Satu botol vitamin berisi 90 tablet dengan harga Rp 70 ribu.
Budi sekeluarga kemudian mengkonsumsi vitamin itu satu tablet per hari selama sepekan lebih. Namun, ia mulai meragukan keaslian vitamin tersebut setelah sang istri mengikuti webinar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) soal vitamin palsu. Di situ, dijelaskan cara untuk membedakan vitamin palsu dan asli. Budi pun mengecek vitamin yang ia beli.
“Saya coba scan (QR code di kemasan) ternyata tidak bisa. Saya cek ke website produsennya yang dari Amerika, memang (gambarnya) agak beda,” kata warga Bandung berusia 48 tahun itu, Rabu (21/7).
Keuntungan berlangganan kumparan+
  • Ratusan konten premium dari pakar dan kreator terbaik Indonesia
  • Bahasan mendalam dengan kemasan memikat
  • Pengetahuan, hiburan, dan panduan yang solutif untuk hidupmu
Konten Premium kumparan+
Vitamin D3 dan K2 yang diyakini bisa mencegah COVID-19 menjadi primadona di tengah pandemi. Berbagai merek vitamin tersedia di e-commerce. Apakah ini menjadi celah pemalsuan? Simak selengkapnya di kumparan+