News
·
2 Juli 2020 12:21

Tokopedia soal Paket Pelatihan Prakerja Disetop: Kami Hanya Marketplace-nya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tokopedia soal Paket Pelatihan Prakerja Disetop: Kami Hanya Marketplace-nya (168112)
Ilustrasi daftar kartu Prakerja. Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan
Pemerintah menghentikan paket bundling (penggabungan) pelatihan program prakerja. Penghentian itu berdasarkan hasil evaluasi bahwa tidak ada mekanisme yang dapat memastikan para peserta telah menyelesaikan seluruh paket pelatihan itu.
ADVERTISEMENT
Tokopedia selaku salah satu mitra program prakerja, mengisyaratkan tak terdampak langsung dengan kebijakan penghentian paket bundling tersebut.
Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, menyatakan perusahaannya hanya berperan sebagai marketplace atau jembatan penghubung antara lembaga pendidikan yang menyediakan pelatihan dengan masyarakat yang membutuhkan pelatihan.
“Tokopedia tidak menyediakan konten atau menggelar pelatihan secara langsung. Berbagai macam kursus, kelas, atau pelatihan yang dapat dibeli melalui Tokopedia Belajar, dihadirkan oleh mitra-mitra Tokopedia yang telah tersertifikasi dan terkurasi,” kata Astri.
Tokopedia soal Paket Pelatihan Prakerja Disetop: Kami Hanya Marketplace-nya (168113)
Tampilan aplikasi Tokopedia. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Jadi, tegasnya, Tokopedia bukan bertindak sebagai lembaga pemberi pelatihan. Sementara Tokopedia Belajar adalah salah satu fitur Tokopedia tempat pengguna dapat membeli atau membayar voucher dari berbagai kelas/kursus offline maupun online.
“Kami bekerja sama dengan manajemen pelaksana Kartu Prakerja. Merekalah yang berwenang memberikan pedoman batas harga pelatihan, menyeleksi, dan memverifikasi penerima bantuan sekaligus lembaga penyedia kelas/pelatihan,” ujar Astri.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu, menurutnya, kebijakan apa pun terkait Kartu Prakerja merupakan urusan lembaga manajemen Kartu Prakerja. Itu sebabnya pula Tokopedia tak dapat menjelaskan lebih lanjut soal penghentian paket bundling pelatihan prakerja.
Sebelumnya, manajemen pelaksana Program Kartu Prakerja mengeluarkan surat edaran penghentian paket pelatihan program Prakerja pada Rabu (1/7).
Head Kemitraan dan Pengembangan Ekosistem Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Regi Wahono, menegaskan kebijakan itu bukan berarti untuk menghentikan Program Prakerja. Yang dihentikan hanya jenis paket pelatihan bundling.
Keputusan penghentian paket pelatihan Prakerja berlaku sejak 30 Juni. Sementara peserta yang telah membeli paket pelatihan sebelum 30 Juni tetap bisa mengikuti pelatihan terkait.
Adapun Mitra Prakerja tersebut yaitu Bukalapak, MauBelajarApa, Pijar Mahir, Pintaria, SekolahMu, Sisnaker, Skill Academi by Ruangguru dan Tokopedia.
ADVERTISEMENT
***
Saksikan video menarik di bawah ini.