News
·
8 Januari 2021 18:14

Video Deklarasi Tentara Allah di Bandung Direkam Menggunakan Ponsel Erwan Sa'ad

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Video Deklarasi Tentara Allah di Bandung Direkam Menggunakan Ponsel Erwan Sa'ad (881451)
searchPerbesar
Masjid tempat deklarasi Tentara Allah di Kampung Sasak Bubur Cicalengka, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Video yang memperlihatkan sejumlah warga menggelar deklarasi pembentukan Laskar Jundullah atau Tentara Allah viral di media sosial baru-baru ini.
ADVERTISEMENT
Kegiatan itu diketahui dilakukan sebuah masjid yang terletak di Kabupaten Bandung Barat dan dipimpin oleh seorang ustaz bernama Erwan Sa'ad.
Warga sekaligus pengurus masjid, Muhammad Husein mengatakan, video itu direkam menggunakan ponsel milik Erwan dan kemungkinan di-posting di media sosial pertama kali oleh Erwan. Tak diketahui di media sosial mana pertama kali Erwan mengunggah video itu.
"Iya (diunggah di media sosial). Ketika deklarasi, video itu menggunakan dan hanya ada di HP Pak Erwan," kata dia ketika ditemui, Jumat (8/1).
Setelah diunggah, menurut Husein, video itu viral bahkan diedit oleh sejumlah pengguna media sosial. Adapun Erwan tak diketahui keberadaannya setelah deklarasi itu. Ponselnya pun tak aktif setelah dicoba dihubungi oleh warga.
ADVERTISEMENT
"Coba dikontak beberapa kali tapi sampai sekarang belum tahu keberadaannya di mana dan HP juga mati," ujar dia.
Sebelumnya diberitakan, jemaah yang datang ke masjid ketika itu tak mengetahui isi dari deklarasi yang dibaca oleh Erwan. Pasca deklarasi dibacakan dan viral di media sosial, warga segera membuat video klarifikasi.