News15 April 2020 20:33

Viral Gerakan Sumbang Pakai Kendaraan Pemilik Rental di Tengah Pandemi Corona

Konten Redaksi kumparan
Viral Gerakan Sumbang Pakai Kendaraan Pemilik Rental di Tengah Pandemi Corona (32133)
Mobil rental milik Kiki. Foto: Twitter/ @kikisyafii
Viral sebuah twit seorang pemilik rental mobil yang bersedia meminjamkan beberapa kendaraannya untuk dijadikan mobil angkut barang atau pun orang.
ADVERTISEMENT
Cuitan itu ditulis oleh akun @kikasyafii, Minggu (12/4). Dalam cuitannya, Kiki Syafii pemilik akun tersebut ingin ikut berkontribusi dalam perang melawan COVID-19 atau virus corona di Indonesia.
"Saya ingin kasih sumbang pakai mobil-mobil ini selama wabah corona, bisa untuk angkut barang ataupun orang," ujar Kiki dalam twittnya.
Kiki mengatakan mobil rental yang ia sumbangkan berada di beberapa kota seperti, Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang hingga Makassar. Kepada kumparan, Kiki menceritakan soal idenya menyumbangkan mobil tersebut.
"Kondisi driver kami banyak yang sudah pulang karena mobil (usaha ini) tidak jalan sama sekali akhirnya dipulangkan dan ada juga yang pulang," ujar Kiki saat dihubungi kumparan, Rabu (15/4).
Kiki mengatakan, pandemi COVID-19 atau virus corona ini juga berdampak terhadap usahanya. Ia mengatakan sudah tiga hari ia menjalankan gerakan sumbang pakai mobil rental miliknya.
ADVERTISEMENT
"Kalau tenaga driver-kan tetap pakai tenaganya jadi perlu dibayar, bisa nego langsung dengan sopirnya untuk tarifnya, kami pihak manajemen tidak ikut-ikutan soal tarif driver," ujar Kiki.
Sejauh ini sudah sekitar 25 komunitas yang meminjam mobilnya. Mereka tersebar di tiga kota, seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang. Kiki pun membeberkan alasannya meminjamkan koleksi mobil rentalnya.
"Dalam kondisi seperti ini kan kalau menyumbang uang saya rasa bisa habis dalam waktu sekejap, makanya kami berpikir bagaimana kalau kami menyumbang dengan sumber daya yang kami punya," ujar Kiki.
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white