kumparan
Otomotif17 Maret 2020 10:08

2 Pameran Otomotif Indonesia Batal Digelar Karena Corona

Konten Redaksi kumparan
Pengunjung pameran, GIIAS 2018, otomotif
Suasana pada pameran GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang, Sabtu (4/8). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Dua pameran otomotif besar di Indonesia resmi ditunda penyelenggaraannya. Hal ini merespons wabah virus corona yang semakin meluas dan bertambahnya pasien yang terjangkit COVID-19.
ADVERTISEMENT
Kedua penyelenggara sebelumnya memastikan pameran bakal berjalan sesuai jadwal, sebelum COVID-19 ditetapkan sebagai pandemi global dan diputuskan pemerintah sebagai bencana non alam.
Indonesia Internasional Motor Show, Jiexpo Kemayoran, IIMS
Suasana pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (25/4). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Untuk memutus rantai penyebaran virus di kerumunan banyak orang, maka sejumlah pameran otomotif besar di Indonesia harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Berikut ini keterangan resmi dari penyelenggara.
GIIAS 2020 Surabaya
Pertama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Pada gelaran pembuka yang tadinya dihelat pada 20 hingga 29 Maret 2020 di Grand City Convex, Surabaya, akhirnya resmi dibatalkan oleh penyelenggara.
Saat dihubungi kumparan, Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi menjelaskan, penundaan tersebut hingga batas waktu yang belum ditentukan. "Mengingat wabah corona ini juga belum bisa diprediksi kapan akan berakhir," katanya.
Para pengunjung pameran GIIAS Makassar 2017
Para pengunjung pameran GIIAS Makassar 2017 Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Sementara itu lanjutnya, untuk pelaksanaan GIIAS yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, akan menyesuaikan perkembangan situasi dan kondisi.
ADVERTISEMENT
"Kita lihat dulu saja nanti bagaimana," ujar Nangoi.
IIMS 2020
Pada waktu hampir bersamaan, penyelenggara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020, Dyandra Promosindo juga merilis penundaan pameran otomotif tahunan tersebut.
Pengunjung di IIMS 2018
Pengunjung di IIMS 2018 Foto: Helmi Afandi/kumparan
Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh pun meyakini, penundaan IIMS 2020 sebagai wujud pencegahan penyebaran virus corona.
“Semula kami optimis bahwa dampak pandemik COVID-19 akan perlahan-lahan menyurut. Namun, perkembangan hari demi hari justru ke arah sebaliknya, pasien pasien terjangkit semakin bertambah," jelasnya berdasarkan laporan resmi yang diterima kumparan, Senin (16/3).
Pengunjung di IIMS 2018
Pengunjung di IIMS 2018 Foto: Helmi Afandi/kumparan
"Sehingga, bersama dengan pemerintah dan stakeholders lainnya, kami yakin penundaan adalah langkah terbaik dan bijak di situasi sulit ini,” jelas Kohen, sapaan karib Hendra.
IIMS 2020 awalnya bakal dihelat pada pada 9 hingga 19 April 2020 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta dan 15 hingga 19 April 2020 di Makassar.
ADVERTISEMENT
“Atas nama PT Dyandra Promosindo, saya menyampaikan permohonan maaf dan apresiasi tinggi kepada Agen Pemegang Merek (APM) roda empat dan roda dua, exhibitors, sponsor, partner, teman-teman media dan stakeholders lainnya,” katanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan