Otomotif
·
19 Maret 2021 17:02

3 Mobil Rp 5 Jutaan di Balai Lelang Negara, Ada SUV Amerika!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 Mobil Rp 5 Jutaan di Balai Lelang Negara, Ada SUV Amerika! (178141)
Ilustrasi mobil bekas Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Beli mobil bekas tak melulu harus datang ke bursa atau mencari info mobil melalui platform jual-beli. Anda juga dapat memanfaatkan balai lelang yang dikelola Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.
ADVERTISEMENT
Apabila beruntung, bisa mendapatkan mobil bekas murah meriah. Berdasarkan pantauan kumparan di laman resminya, paling murah ada mobil yang dilego mulai Rp 4 hingga 5 jutaan!
3 Mobil Rp 5 Jutaan di Balai Lelang Negara, Ada SUV Amerika! (178142)
Deretan mobil bekas di balai lelang. dok. lelang.go.id
Pertama ada Toyota Kijang KF50, yang bakal dilepas dengan harga dasar Rp 4 juta. Dari keterangan, mobil tersebut terdaftar menjadi operasional kendaraan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Luwuk, Kabupaten Banggai, Kota Palu.
Kondisinya jauh dari istimewa. Tampak cat merah maroon-nya mulai mengelupas di beberapa sisi. Namun secara keseluruhan, boleh dibilang masih lengkap komponen kendaraannya, spion dan lampu masih terpasang.
Sayangnya tidak dirinci mengenai tahun produksi mobil. Namun melihat spesifikasi KF50, merupakan Toyota Kijang yang pakai sasis lebih panjang 20 cm dari KF40, dan hadir pada generasi Kijang Super hingga Grand Extra.
3 Mobil Rp 5 Jutaan di Balai Lelang Negara, Ada SUV Amerika! (178143)
Daihatsu Espass. dok. lelang.go.id
Tak kalah menarik, ada juga Daihatsu Espass yang nilai limitnya Rp 5,1 jutaan. Mobil lansiran 1996, eks kendaraan KPP Pratama Pangkalpinang.
ADVERTISEMENT
Kondisinya juga apa adanya, susah dikatakan istimewa. Spesifikasinya juga tidak dirinci menggendong mesin 1.300 atau 1.600 cc.
3 Mobil Rp 5 Jutaan di Balai Lelang Negara, Ada SUV Amerika! (178144)
Daihatsu Espass. dok. lelang.go.id
Namun demikian unitnya boleh dibilang cocok dijadikan bahan restorasi atau dikustomisasi menjadi VW Kombi, yang belakangan ini jadi pusat perhatian di medi sosial.
Tertarik memilikinya? Balai Lelang mensyaratkan peserta lelang menyetor dana Rp 2 juta sebagai uang jaminan yang disetorkan kepada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).
3 Mobil Rp 5 Jutaan di Balai Lelang Negara, Ada SUV Amerika! (178145)
Daihatsu Espass dimodifikasi jadi VW Kombi. Foto: dok. Ari Aditya
Baru model terakhir yang terbilang wah, ada Opel Blazer 1997 SUV pikap yang dilego mulai Rp 5,4 jutaan. Peserta lelang yang tertarik bisa menyetorkan Rp 2 juta dulu sebagai uang jaminan.
3 Mobil Rp 5 Jutaan di Balai Lelang Negara, Ada SUV Amerika! (178146)
Opel Blazer pikap. dok. lelang.go.id
Mobil ini serupa sebelumnya, merupakan eks operasional KPP Pratama Pangkalpinang. Kondisinya dari foto yang terpampang terlihat mulus dan masih memiliki kelengkapan komponen kendaraan.
ADVERTISEMENT
Kendaraan yang kental aura Amerikanya ini cocok dijadikan sebagai mobil pekerja, menggantikan mobil pikap mainstream. Modelnya juga bongsor, berisi, serta gagah, makanya ideal juga buat dijadikan koleksi mobil lawas.
3 Mobil Rp 5 Jutaan di Balai Lelang Negara, Ada SUV Amerika! (178147)
Opel Blazer pikap. dok. lelang.go.id
Dalam keterangannya, objek lelang dijual dalam kondisi apa adanya, dengan semua cacat maupun kekurangannya. Balai Lelang juga hanya menyediakan jasa pra dan pasca lelang, mencakup persyaratan lelang sampai pengurusan dokumen lelang.
Sebelum memberikan uang jaminan, pastikan Anda telah melihat unitnya secara langsung. Lokasi unit dan mekanisme lelang berada di tempat mobil itu berada, misalnya mengincari Opel Blazer pikap, maka dilakukan di KPP Pratama Pangkalpinang.
Sebagai catatan, peserta lelang yang terpilih sebagai pemenang wajib melunasi kekurangan dana setelah dikurangi uang jaminan. Apabila tidak dilakukan, maka uang jaminan akan disetor ke kas negara sebagai pendapatan negara bukan pajak.
ADVERTISEMENT