Otomotif
·
13 November 2020 10:09

5 Fitur yang Jadi Andalan Kia Sonet Varian Tertinggi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Fitur yang Jadi Andalan Kia Sonet Varian Tertinggi (32043)
Tampilan depan Kia Sonet. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Kia Sonet resmi meramaikan pasar otomotif Indonesia dengan meluncur secara virtual pada Rabu (11/11/2020).
ADVERTISEMENT
Dibanderol mulai dari Rp 193 juta hingga Rp 289 juta, Kia Sonet diharapkan bisa jadi pilihan bagi para eksekutif muda atau keluarga muda yang mencari SUV murni dengan harga terjangkau.
Ya, memang bila melihat ragam pilihan SUV murni yang ada di Indonesia saat ini, mayoritas memiliki rentan harga di atas Rp 300 juta. Sementara untuk SUV yang di bawah Rp 300 juta, rata-rata merupakan mobil MPV atau hatchback yang diubah untuk memenuhi kriteria crossover atau SUV.
Meskipun punya harga yang sangat terjangkau, bukan berarti spesifikasi serta ragam fitur yang ditawarkan Kia Sonet tidaklah mumpuni. Berbagai fitur mewah yang umumnya ada di mobil-mobil premium rupanya tersemat di mobil ini.
5 Fitur yang Jadi Andalan Kia Sonet Varian Tertinggi (32044)
Tampilan depan Kia Sonet. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Lalu apa saja fitur-fitur mewah tersebut dan apa saja fungsinya?
ADVERTISEMENT

1. Sunroof

Fitur mewah pertama ini memang jadi salah satu hal wajib yang ada di varian teratas seluruh produk Kia di Indonesia. Mulai dari Sonet, Seltos, Picanto, Rio, hingga Sedona.
Bila melihat pilihan SUV yang punya harga di bawah Rp 300 juta, mayoritas memang belum dilengkapi fitur sunroof. Satu-satunya SUV selain Sonet yang punya harga di bawah Rp 300 juta dan sudah dilengkapi sunroof, yakni MG ZS yang dijual Rp 292,8 juta.
5 Fitur yang Jadi Andalan Kia Sonet Varian Tertinggi (32045)
Sunroof Kia Sonet. Foto: dok. Kia Indonesia
Untuk sunroof Kia Sonet sendiri dapat dioperasikan secara tilt atau dibuka separuh ke atas serta bisa juga dibuka seluruhnya dengan digeser secara otomatis ke bagian dalam.
Hadirnya fitur sunroof ini, berfungsi untuk memberikan sirkulasi udara tambahan ketika kita sedang berkendara dan ingin merasakan udara segar. Selain itu, kehadiran fitur sunroof ini juga secara tidak langsung bisa memberikan kesan lebih lapang pada bagian dalam.
ADVERTISEMENT

2. Ventilated seats

Berikutnya ada ventilated seats yang jadi fitur mewah kedua di Kia Sonet ini. Fitur ini hanya tersedia pada dua jok depan saja.
5 Fitur yang Jadi Andalan Kia Sonet Varian Tertinggi (32046)
Ventilated seats Kia Sonet. Foto: dok. Kia Indonesia
Menyoal fungsinya, ventilated seats ini memiliki fungsi layaknya sebuah AC pada jok mobil. Saat fitur ini dinyalakan, maka perlahan orang yang duduk di jok ini akan merasakan efek yang dingin, baik pada bagian punggung jok atau bagian sandaran bokong.
Cara mengoperasikannya juga terbilang mudah, Anda hanya cukup memencet tombol di bagian bawah pengaturan AC. Ada 3 level pengaturan hembusan anginnya.

3. Wireless Charging

Fitur mewah ketiga dari MG HS, yakni wireless charging. Fitur ini berfungsi untuk mengisi daya smartphone secara wireless atau tanpa kabel.
5 Fitur yang Jadi Andalan Kia Sonet Varian Tertinggi (32047)
Interior Kia Sonet. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Ya, jadi Anda tidak perlu repot lagi mencolok kabel dari smartphone ke port USB. Istimewanya lagi, fitur wireless charging ini juga sudah dilengkapi pendingin yang berfungsi menjaga suhu pada smartphone tetap dingin ketika diisi daya.
ADVERTISEMENT
Letak dari wireless charging ini berada di konsol tengah bagian depan, tepatnya di bawah pengaturan AC.

4. Audio Bose

Masih soal kenyamanan, fitur mewah keempat yang ada di MG HS ini, yaitu perangkat audionya yang sudah menggunakan speaker bermerek Bose.
5 Fitur yang Jadi Andalan Kia Sonet Varian Tertinggi (32048)
Audio Bose Kia Sonet. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Ya, sebagai merek audio premium, Bose umumnya hanya ada di mobil-mobil premium eropa. Total ada 4 speaker, 2 tweeter, serta 1 subwoofer dari Bose yang tersemat di mobil ini.
Kerennya lagi, Kia Sonet ini juga sudah dilengkapi dengan LED Sound Mood Light. Ini mirip layaknya ambient light pada mobil-mobil premium, hanya saja letaknya berada di dekat speaker, dan nyala warna lampunya dapat menyesuaikan dengan musik yang sedang disetel.

5. Remote engine start stop

Fitur kelima yang juga enggak kalah mewahnya, yaitu remote engine start stop.
ADVERTISEMENT
Fitur ini memiliki fungsi untuk menyalakan mesin mobil dari jauh. Sehingga, ketika mobil Anda terparkir di luar rumah atau parkiran yang terbuka dan di waktu siang hari, maka Anda bisa terlebih dahulu menyalakan mesin mobil.
5 Fitur yang Jadi Andalan Kia Sonet Varian Tertinggi (32049)
Kunci Kia Sonet. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Dengan begitu AC mobil akan otomatis menyala, kabin pun akan terlebih dahulu dingin sebelum Anda masuk. Meskipun dapat dinyalakan dari jarak jauh, Anda tak perlu khawatir. Sebab, pintu mobil akan tetap terkunci
Selain untuk menyalakan mesin mobil, fitur remote engine start stop ini juga dapat berfungsi untuk mematikan mesin mobil. Cara pengoperasiannya juga terbilang mudah, Anda hanya cukup memencet tombol bagian tengah yang ada di remote kunci Kia Sonet.
5 Fitur yang Jadi Andalan Kia Sonet Varian Tertinggi (32050)
Tampilan depan Kia Sonet. Foto: dok. Kia Indonesia
Nah, itulah 5 fitur mewah yang juga jadi fitur unggulan dari Kia Sonet. Lantas, akankah kehadiran 5 fitur mewah itu mampu memikat para calon konsumen SUV di Indonesia? Menarik untuk ditunggu.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)