kumparan
search-gray
Otomotif29 Oktober 2018 11:14

5 Persiapan Wajib Touring Jauh Pakai Royal Enfield

Konten Redaksi kumparan
5 Persiapan Wajib Touring Jauh Pakai Royal Enfield  (90268)
Dibandingkan dengan model yang lain, mesin baru yang diaplikasikan minim getaran (Foto: Istimewa)
Motor Royal Enfield selain andal untuk tunggangan sehari-hari, juga nyaman digunakan touring jarak jauh. Tak heran bila banyak pemilik motor produksi India ini dipakai untuk keliling Indonesia, salah satunya Adnan Maddanatja.
ADVERTISEMENT
Pria yang juga aktif dalam komunitas Royal Riders Indonesia atau Rori ini setiap bulannya touring blusukan ke beberapa kota di Indonesia.
Pria yang memiliki Royal Enfield Classic 500 dengan julukan 'laler ijo' ini membeberkan tips aman untuk memulai perjalanan jauh menggunakan motor besar di atas 250 cc seperti beberapa motor Royal Enfield. Berikut ini tipsnya.
1. Siapkan spare part cadangan
Pertama, siapkan komponen cadangan motor seperti injector. Ini karena tangki bahan bakar harus siap menenggak berbagai kualitas bensin.
Saat bensin yang dipakai memiliki kadar air, akan membuat injector berkarat sehingga asupan bahan bakar tersendat sehingga motor jadi brebet, untuk menanggulanginya ganti injector atau bersihkan karat tersebut secara berkala agar brebet hilang.
5 Persiapan Wajib Touring Jauh Pakai Royal Enfield  (90269)
Ilustrasi injector pada mesin motor (Foto: dok. Keihin)
"Kalau mau pergi jauh yang jelas siapin minimal tali gas dan tali kopling, keduanya putus enggak bisa jalan, sama kampas rem depan belakang sekalian bawa injector juga," buka Adnan saat ditemui kumparanOTO di Bintaro, Tangerang, Minggu (29/10).
ADVERTISEMENT
2. Ganti oli
Tak kalah penting, sebaiknya selalu cek kondisi kesehatan motor ke bengkel yang dipercaya sebelum memulai dan di akhir perjalanan.
"Kalau gue biarpun habis ganti oli. pas mau jalan touring selalu ganti oli lagi, sesudah touring juga langsung ganti oli, ya istilahnya biar motor kita tetep segar dan bugar lah," sambungnya.
3. Siapkan baju protector atau stagen
Idealnya, kenakan perlengkapan berkendara yang dilengkapi dengan bodi protector. Hal ini untuk melindungi organ-organ tubuh saat terjadi benturan akibat terjatuh dari motor.
Selain itu dengan menggunakan protector juga dapat melahan laju angin dan terhindari dari benturan dengan material kecil yang berterbangan seperti kerikil.
"Wajib pakai bodi protector itu yang utama buat perlindungan bagian persendian. Ditambah pakai stagen, karena motor di atas 250 cc itu getarannya tinggi apalagi dikendarai jarak jauh, pinggang lo bisa kena" tambahnya lagi.
5 Persiapan Wajib Touring Jauh Pakai Royal Enfield  (90270)
Ilustrasi stagen untuk pengendara motor (Foto: dok. 24mx)
4. Bawa pakaian ganti dan air putih yang banyak
ADVERTISEMENT
Selain membawa suku cadang, Adnan juga mengatakan untuk membawa barang yang sifatnya substitusi seperti baju ganti, jas hujan, cover sepatu dan jaket tambahan. Hal ini agar perjalanan bisa terus berlanjut tanpa harus menunggu hujan reda.
Masih dijelaskan Adnan, bawa air putih yang banyak untuk menghindari dehidrasi ditambah obat-obatan pribadi. "Yang jelas bawa air putih yang banyak biar enggak dehidrasi, bawa vitamin dan obat-obatan juga penting," imbuhnya.
5. Rencanakan perjalanan
Setelah perlengkapan beres, persiapkan rute perjalanan mulai dari kota yang akan disambangi, bagaimana kondisi jalannya, jarak dan waktu tempuh sampai lokasi tempat peristirahatan.
Menurut Adnan, rencanakan perjalanan sebelum memulainya. Perjalanan tanpa rencana bisa-bisa membuat lelah keesokan harinya dan berpotensi berkendara hingga larut malam karena tidak memahami waktu tempuh ke kota yang dituju.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white