Otomotif12 November 2019 7:54

5 Pilihan MPV Bekas dengan Pintu Geser di Bawah Rp 150 Juta

Konten Redaksi kumparan
5 Pilihan MPV Bekas dengan Pintu Geser di Bawah Rp 150 Juta (738422)
Toyota Sienta Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Mobil MPV dengan pintu geser bekas, bisa jadi pilihan buat yang sedang mencari tunggangan buat mobilitas bersama keluarga. Iya selain punya kabin luas, mekanisme buka-tutup pintu geser, membuat akses keluar masuk jadi mudah khususnya untuk orang tua.
ADVERTISEMENT
Apalagi, banderol pasarannya untuk yang bekas bisa lebih ramah di dompet, dibanding dengan harga yang baru. Berikut kumparan sajikan, pilihan 5 mobil MPV bekas dengan pintu geser di bawah harga Rp 150 juta.
  1. Hyundai H-1
5 Pilihan MPV Bekas dengan Pintu Geser di Bawah Rp 150 Juta (738423)
Hyundai H-1 Foto: Jihad Akbar/kumparan
Pilihan pertama datang dari merek Hyundai. Jenama asal Korea Selatan ini memang menawarkan sebuah pilihan MPV dengan pintu geser, yaitu H-1. Jika mengacu pada situs jual beli mobil bekas, saat ini H-1 tahun produksi 2008 hingga 2012 sudah dibanderol di bawah Rp 150 juta.
Bicara soal spesifikasinya, Hyundai H-1 tersedia dalam dua pilihan mesin, yaitu bensin dan diesel. Untuk mesin bensinnya hadir dengan kapasitas 2.4 liter. Mesin tersebut menjanjikan tenaga 175 dk dan torsi 228 Nm. Untuk mesin bensin ini, dipadukan dengan sistem transmisi otomatik 4 percepatan.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk mesin diesel, mengusung kapasitas 2.5 liter turbodiesel. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 170 dk dan torsi 392 Nm. Berbeda dari mesin bensinnya yang hanya punya 1 pilihan sistem transmisi, di mesin dieselnya ini punya 2 pilihan, yaitu manual 5 percepatan dan otomatik 5 percepatan.
5 Pilihan MPV Bekas dengan Pintu Geser di Bawah Rp 150 Juta (738424)
Hyundai H-1 Foto: Jihad Akbar/kumparan
Memiliki tubuh yang bongsor, H-1 memang memiliki keunggulan dalam hal interiornya yang lapang. H-1 memiliki 2 pilihan konfigurasi kursi, yaitu 7 penumpang dan 12 penumpang –varian elegance dan classic--.
Khusus untuk varian tertinggi, yaitu Royale, pada jok baris keduanya tampil jauh lebih mewah. Selain dapat dioperasikan secara elektrik, terdapat juga penyangga kaki di bagian bawahnya.
  1. Nissan Serena
5 Pilihan MPV Bekas dengan Pintu Geser di Bawah Rp 150 Juta (738425)
Nissan Serena C26 Foto: dok. Wikimedia
Pilihan kedua yang layak Anda pilih, yaitu Nissan Serena. Berdasarkan penelusuran di situs jual beli mobil bekas, Serena dengan tahun produksi 2013-2014 sudah memiliki kisaran harga Rp 135 juta hingga Rp 150 juta.
ADVERTISEMENT
Nissan Serena berkode bodi C26 ini dibekali dengan mesin bensin berkapasitas 2.0 liter. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 145 dk pada 5.600 rpm dan torsi 206 Nm pada 4.400 rpm. Sedangkan untuk sistem transmisinya, Serena hanya punya satu pilihan saja, yaitu otomatik CVT X-Tronic 7 percepatan.
Seperti MPV berbadan bongsor pada umumnya, Serena juga menawarkan kelegaan dan kenyamanan di baris kedua dan ketiganya. Pada tipe teratasnya yaitu Highway Star (HWS) yang memiliki konfigurasi kursi captain seat pada baris keduanya. Terdapat juga sistem infotainment di baris kedua Serena tipe HWS ini, yaitu adanya TV lipat pada bagian plafonnya.
  1. Mazda Biante
5 Pilihan MPV Bekas dengan Pintu Geser di Bawah Rp 150 Juta (738426)
Mazda Biante Foto: Citra Pulandi Utomo/kumparanOTO
Dari merek Jepang lainnya terdapat Mazda Biante. MPV berbadan bongsor ini, di beberapa situs jual beli mobil bekas sudah dipasarkan dengan harga di bawah Rp 150 juta, terutama untuk tahun produksi 2012 hingga 2013.
ADVERTISEMENT
Mazda membekali Biante dengan 2 pilihan mesin bensin, yaitu 2.0 liter MZR dan 2.0 liter SkyActiv-G. Meski sama-sama memiliki kapasitas 2.0 liter, keduanya menghasilkan output yang berbeda.
Untuk 2.0 liter MZR menghasilkan tenaga 147 dk dengan torsi 190 Nm. Sedangkan 2.0 liter SkyActiv-G, memiliki tenaga yang lebih besar, yaitu 150 dk dan torsi 190 Nm.
Tidak hanya memiliki output mesin yang berbeda, sistem transmisi dari keduanya rupanya juga berbeda. Untuk 2.0 liter MZR hanya didukung oleh sistem transmisi otomatik 5 percepatan, sedangkan pada 2.0 liter SkyActiv-G, dibekali sistem transmisi otomatik SkyActive 6 percepatan dengan paddle shift.
Buat pemanja, Biante juga punya TV lipat di atap baris keduanya. Salah satu hal yang dinilai sebagai keunggulan dari mobil ini, ialah desain dasbornya yang menyerupai kokpit sebuah pesawat. Meski begitu, mobil ini punya kekurangan, minimnya ruang penyimpanan di bagian dalamnya.
ADVERTISEMENT
  1. Honda Freed
5 Pilihan MPV Bekas dengan Pintu Geser di Bawah Rp 150 Juta (738427)
Honda Freed generasi pertama yang telah mengalami penyegaran Foto: dok. Wikimedia
Jika 3 pilihan sebelumnya merupakan MPV berbadan bongsor, di 2 pilihan terakhir ini adalah MPV bertubuh cukup ramping. Ya, di pilihan keempat terdapat Honda Freed.
Produk yang pernah diproduksi di Indonesia dan diekspor ini, untuk lansiran 2009 hingga 2012 sudah dibanderol dengan harga mulai dari Rp 110 juta hingga Rp 150 juta.
Dikarenakan memiliki tubuh yang mungil, Honda hanya menyematkan Freed ini dengan mesin bensin berkapasitas 1.5 liter. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 116 dk dan torsi 146 Nm. Mesin tersebut berpadu dengan sistem transmisi otomatik 5 percepatan.
Meski memiliki dimensi yang tidak terlalu besar, Honda Freed tetap menawarkan kabin yang cukup lapang di baris keduanya. Jok baris keduanya pun telah menggunakan jok model captain seat.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, untuk baris ketiga dan bagasinya memang tidak begitu luas. Namun, setidaknya mobil ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mencari sebuah MPV pintu geser yang cocok untuk disetir sendiri.
  1. Toyota Sienta
5 Pilihan MPV Bekas dengan Pintu Geser di Bawah Rp 150 Juta (738428)
Toyota Sienta Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Nah untuk model terakhir ini, model yang tersebar di pasaran mobil bekas usianya masih cukup muda, yaitu 2016 hingga 2017. Untuk harganya sendiri, di beberapa situs jual beli mobil bekas, Sienta tahun 2016-2017 sudah dibanderol di bawah Rp 150 juta.
Serupa dengan Honda Freed, Toyota Sienta juga dibekali mesin bensin berkapasitas 1.5 liter. Sayangnya, tenaga yang dimiliki Sienta lebih kecil dibandingkan milik Freed, yaitu hanya 105 dk dan torsi 140 Nm. Untuk sistem transmisinya, Toyota Sienta punya dua pilihan, yaitu manual 5 percepatan dan otomatik CVT.
5 Pilihan MPV Bekas dengan Pintu Geser di Bawah Rp 150 Juta (738429)
Layout dashboard Toyota Sienta Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Berbeda dari MPV pintu geser lainnya yang sebagian besar hadir dengan jok captain seat di baris keduanya, Sienta justru tetap mengandalkan jok 3 penumpang di baris keduanya.
ADVERTISEMENT
Hal itulah yang nampaknya menjadi alasan orang kurang menyukai Sienta ketimbang Freed. Belum lagi, letak persenelingnya yang berada di bawah dan bukan menempel di dasbor dinilai kurang ergonomis.
Jadi, dari 5 pilihan mobil MPV bekas pintu geser yang kumparan sajikan di atas, mana yang akan Anda pilih?