7 Mobil Hybrid yang Turun Harga Akibat Pajak Emisi, Paling Besar Rp 1,33 Miliar

21 Oktober 2021 11:27
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Mobil-mobil hybrid Toyota Foto: dok. TAM
ADVERTISEMENT
Penerapan pajak emisi yang resmi berlaku mulai 16 Oktober 2021, turut mempengaruhi perubahan harga beberapa jenis mobil, salah satunya mobil hybrid.
ADVERTISEMENT
Ya, berdasarkan penelusuran kumparan, mobil berjenis hybrid jadi yang paling merasakan dampak dari penerapan pajak emisi tersebut.
Seluruh mobil berjenis hybrid, baik itu hybrid biasa maupun plug-in hybrid saat ini mengalami penurunan harga yang signifikan.
Ini disebabkan dari pemberlakuan skema pajak PPnBM baru yang kini tak lagi mengacu pada kapasitas bahan bakar, jenis mobil, dan sistem penggerak, melainkan pada emisi gas buang dan konsumsi BBM.
Nah, lantas mobil hybrid apa saja ya yang mengalami penurunan harga sebagai imbas dari penerapan pajak emisi? Berikut kumparan sajikan ulasannya.

Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Pertama ada Toyota Corolla Cross hybrid yang terpantau mengalami penurunan harga pasca diterapkannya pajak PPnBM berbasis emisi. Berdasarkan penelusuran kumparan, Corolla Cross hybrid mengalami penurunan harga Rp 15,7 juta. Berikut lengkapnya.
ADVERTISEMENT

Toyota Corolla Altis Hybrid

Toyota Corolla Altis Hybrid Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Selanjutnya ada Toyota Corolla Altis hybrid yang juga ikut merasakan dampak penurunan harga dari pemberlakuan pajak berbasis emisi. Khusus Toyota Corolla Altis hybrid, penurunannya Rp 89,35 juta

Toyota Camry Hybrid

Toyota New Camry Hybrid 2019 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Masih dari segmen sedan, ada Toyota Camry Hybrid yang juga turut merasakan dampak penurunan harga dari diterapkannya pajak PPnBM berbasis emisi.
Bahkan, penurunan yang terjadi jauh lebih besar dibandingkan Corolla Altis, yakni Rp Rp 128,7 juta. Berikut lengkapnya.
ADVERTISEMENT

Toyota Alphard Hybrid

Toyota Alphard hybrid Foto: muhammad ikbal/kumparan
Penurunan terbesar dari mobil hybrid Toyota dialami oleh Alphard hybrid. Berdasarkan hitungan kumparan, penurunannya nyaris menyentuh setengah miliar atau lebih tepatnya Rp 446,9 jutaan. Berikut lengkapnya.

Lexus ES 300h

Lexus ES 300h. Foto: Istimewa
Bergeser ke merek premium Toyota, yakni Lexus, tercatat seluruh line up hybrid-nya mengalami penurunan harga signifikan.
Pertama ada sedan Lexus ES 300h yang mengalami penurunan harga hingga Rp 94 jutaan. Berikut lengkapnya.

Lexus LS 500h

Masih dari merek Lexus, ada sedan mewah lainnya, yakni LS 500h yang terpantau mengalami penurunan harga mencapai Rp 1,33 miliar.
ADVERTISEMENT

Lexus UX 250h

Lexus UX 250 H Luxury Foto: dok. Lexus
Terakhir ada SUV kompak UX 250h yang juga ikut mengalami penurunan harga sebagai dampak dari penerapan skema pajak PPnBM berbasis emisi. Khusus Lexus UX 250h, penurunannya hanya sebesar Rp 32 juta.

Beberapa model tidak turun harga

Menariknya, kendati ada 7 mobil hybrid yang mengalami penurunan harga, rupanya masih banyak juga mobil berjenis hybrid yang tidak mengalami perubahan harga.
Tercatat ada 3 mobil hybrid yang tidak mengalami perubahan harga. Berikut lengkapnya.
ADVERTISEMENT
***