Otomotif
·
1 Juni 2021 17:17
·
waktu baca 2 menit

Ada Keterlambatan Suplai, Suzuki Tahan Peluncuran GSX 250 di Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ada Keterlambatan Suplai, Suzuki Tahan Peluncuran GSX 250 di Indonesia (829859)
searchPerbesar
Tampilan depan Suzuki Gixxer SF 250 Foto: Ghulam M Nayazri/kumparan
Suzuki akan meluncurkan motor baru berjenis sport full fairing di Indonesia tak lama lagi. Diketahui motor tersebut adalah Suzuki GSX 250 SF, motor ini juga sudah meluncur di Thailand Maret lalu.
ADVERTISEMENT
Kisi-kisi akan meluncur di Indonesia terkuak setelah adanya informasi bahwa Suzuki Indonesia telah mendaftarkan NJKB motor tersebut di laman resmi Permendagri Nomor 1 tahun 2021.
Dalam situs resmi Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri tercantum NJKB-nya adalah Rp 34,5 juta. Lalu kapan motor ini akan diluncurkan di Indonesia?
Ada Keterlambatan Suplai, Suzuki Tahan Peluncuran GSX 250 di Indonesia (829860)
searchPerbesar
Tampilan depan Suzuki Gixxer SF 250. Foto: Ghulam M Nayazri/kumparan
Sales & Marketing 2W Department Head Suzuki Indomobil Sales(SIS), Yohan Yahya tak menampik jika memang GSX 250 akan segera diluncurkan di Indonesia. Saat ini pihaknya mengalami kendala soal suplai unit ke Indonesia, lantaran pandemi.
"Untuk GSX 250, memang terjadi keterlambatan supply dikarenakan banyak vendor di negara asalnya yang tutup karena ledakan COVID-19 yang cukup besar," kata Yohan kepada kumparan belum lama ini.
ADVERTISEMENT
Yohan melanjutkan, nantinya unit yang akan dijual di Indonesia berstatus CBU utuh atau impor. Otomatis harganya akan lebih mahal dari informasi NJKB di atas, ia juga tak menjelaskan negara mana yang menyuplai unit untuk kebutuhan pasar Indonesia.
"Ya CBU. Unit sudah ada hanya karena negara asal ada lockdown sehingga menyebabkan sebagian besar pabrik tutup," jelasnya.

4 produk baru

Ada Keterlambatan Suplai, Suzuki Tahan Peluncuran GSX 250 di Indonesia (829861)
searchPerbesar
Tampilan samping Suzuki Gixxer SF 250. Foto: Ghulam M Nayazri/kumparan
Yohan pernah mengatakan jika Suzuki Indonesia sudah menyiapkan 4 model baru. Satu di antaranya bener-benar produk baru, besar kemungkinan adalah GSX 250 SF.
Rencananya 1 produk baru dan 1 produk facelift akan dikenalkan pada semester pertama 2021. 2 produk lainya akan diluncurkan pada semester kedua.
"Kansnya tetap ada, iya menarik (segmen 250cc). Selalu akan ada pasarnya, dan momentumnya tak akan pernah hilang," imbuh dia soal GSX 250.
ADVERTISEMENT

Spesifikasi Suzuki GSX 250 SF

Ada Keterlambatan Suplai, Suzuki Tahan Peluncuran GSX 250 di Indonesia (829862)
searchPerbesar
Layout mesin Suzuki Gixxer 250. Foto: Ghulam M Nayazri/kumparan
Menilik jantung pacunya, motor ini dibenamkan mesin SOHC 1-silinder berkubikasi 249, 4 katup. Mesin tersebut menjanjikan tenaga maksimal 26,5 tK pada 7.000 rpm dan torsi puncak 22,6 Nm pada 7.500 rpm. Transfer daya dari mesin ke roda menggunakan transmisi manual 6-percepatan.
Secara visual, motor ini diposisikan sebagai motor sport-touring. Di mana desain setangnya dibuat sedikit tinggi berbeda dengan motor sport full fairing yang punya karakter berkendara sedikit menunduk.
Menarik buat ditunggu kehadiran Suzuki GSX 250 SF di Indonesia. Jika nanti benar, motor ini akan menantang Kawasaki Ninja 250 SL dan KTM 250 RC yang sama-sama mengemas mesin silinder tunggal.