Adu Keren Bus Klub Sepak Bola Liga 1 2021, dari Sasis Hino hingga Mercedes-Benz

29 Agustus 2021 5:51
·
waktu baca 7 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Adu Keren Bus Klub Sepak Bola Liga 1 2021, dari Sasis Hino hingga Mercedes-Benz (134021)
zoom-in-whitePerbesar
Bus Tim Klub Liga 1. Foto: dok. kumparan
ADVERTISEMENT
Bus tim untuk kompetisi sepakbola nasional BRI Liga 1, yang mulai bergulir pada Jumat (27/8), nampaknya menarik buat diperbincangkan.
ADVERTISEMENT
Ya mengingat ini merupakan moda transportasi yang jamak dipakai oleh tim sepakbola, tak hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia.
Berbeda dengan bus untuk umum, bus untuk para atlet ini selain punya ciri khas klub, tentu punya spesifikasi khusus dan terbaik, supaya bikin nyaman dan aman.
Nah berdasarkan penelusuran kumparan, hingga saat ini (27/8) setidaknya sudah ada 14 klub dari total 18 klub yang berkompetisi di Liga 1, sudah memiliki bus tim.
Penasaran dan ingin tahu seperti apa, berikut kumparan sajikan informasi singkatnya.

Arema FC

Adu Keren Bus Klub Sepak Bola Liga 1 2021, dari Sasis Hino hingga Mercedes-Benz (134022)
zoom-in-whitePerbesar
Bus Arema FC. Foto: dok. Arema FC
Pertama ada klub asal Malang, Arema FC yang baru saja meluncurkan bus barunya pada awal Agustus 2021 lalu. Klub yang kini dimiliki oleh pengusaha muda asal Malang, Gilang Widya Pramana ini menggunakan bus yang sebelumnya dipakai oleh Juragan99trans.
ADVERTISEMENT
Hadir dengan kombinasi warna biru dan merah yang jadi ciri khas klub Arema, bus ini dibekali dengan sasis premium Mercedes-Benz OH 1626. Secara spesifikasi, sasis ini menggunakan mesin turbo diesel dengan intercooler 6-silinder berkapasitas 6,3 liter.
Mesin itu menjanjikan tenaga 260 dk pada 2.200 rpm dan torsi maksimum 950 Nm pada rentang 1.200 rpm hingga 1.600 rpm. Menggunakan bodi Jetbus 3+ HDD garapan Adi Putro, bus tim Arema FC ini dibekali dengan beragam fitur menarik, mulai dari toilet, dispenser, televisi, port USB untuk pengisian daya, hingga Playstation 5.

Bali United

Adu Keren Bus Klub Sepak Bola Liga 1 2021, dari Sasis Hino hingga Mercedes-Benz (134023)
zoom-in-whitePerbesar
Bus Bali United. Foto: dok. Instagram Laksana
Berikutnya ada klub asal Pulau Dewata, Bali United yang telah memiliki bus tim pribadi sejak Oktober 2019. Hadir dengan livery warna hitam kombinasi merah, bus Bali United ini terlihat mewah dengan penggunaan bodi garapan karoseri Laksana berjenis SR2 HD Prime.
ADVERTISEMENT
Memiliki kapasitas penumpang 44 orang tanpa toilet, bus ini dibangun di atas sasis Hino RN285. Secara spesifikasi, sasis ini menggendong mesin turbo diesel intercooler 6-silinder berkubikasi 7.684 cc. Di atas kertas mesin itu mampu menghasilkan tenaga 283 dk dan torsi 892 Nm.

Barito Putera

Adu Keren Bus Klub Sepak Bola Liga 1 2021, dari Sasis Hino hingga Mercedes-Benz (134024)
zoom-in-whitePerbesar
Bus Barito Putera. Foto: dok. Instagram Nusantara Gemilang
Tidak mau kalah dengan para klub yang berasal dari Pulau Jawa, klub asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Barito Putera juga telah memiliki bus tim pribadi sejak 2018. Klub yang dimiliki oleh Hasnur Grup ini memiliki bus dengan sasis Mercedes-Benz OH 1626 dan bodi single deck double glass berjenis Cityliner garapan karoseri Nusantara Gemilang.
Berbagai fasilitas mewah tersemat pada bus berkelir hitam dan kuning ini, mulai dari port USB untuk pengisian daya smartphone, televisi LCD berukuran 34 inci dan 24 inci, jok dengan legrest, kulkas, serta ruang meeting yang dilengkapi sofa dan meja.
ADVERTISEMENT

Bhayangkara FC

Adu Keren Bus Klub Sepak Bola Liga 1 2021, dari Sasis Hino hingga Mercedes-Benz (134025)
zoom-in-whitePerbesar
Bus Bhayangkara FC. Foto: dok. Instagram Morodadi Prima
Selanjutnya terdapat bus milik tim sepakbola kepolisian atau yang lebih dikenal dengan Bhayangkara FC. Klub yang kini diarsiteki oleh pelatih Paul Munster ini memiliki bus dengan sasis dan bodi premium.
Untuk sasisnya, menggunakan sasis Mercedes-Benz OH 1626 sama seperti milik Arema FC. Sementara untuk bodinya mengadopsi bodi garapan karoseri Morodadi Prima berjenis Gran Tourismo yang diberi warna kombinasi merah, hijau, dan kuning.

Borneo FC

Adu Keren Bus Klub Sepak Bola Liga 1 2021, dari Sasis Hino hingga Mercedes-Benz (134026)
zoom-in-whitePerbesar
Bus Borneo FC. Foto: Dok. Istimewa
Kembali lagi ke Pulau Kalimantan, ada Borneo FC yang juga sudah memiliki bus tim pribadi sejak 2018. Bus milik Borneo FC ini hadir dengan menggunakan sasis Hino R260. Sayangnya tidak ada informasi mengenai jenis bodi dari bus milik Borneo FC ini.
Menyoal spesifikasi sasisnya, Hino R260 dibekali dengan mesin turbo diesel 6-silinder berkubikasi 7.648 cc. Tenaganya mencapai 258 dk pada 2.500 rpm dan torsinya 750 Nm pada 1.500 rpm.
ADVERTISEMENT

Madura United

Adu Keren Bus Klub Sepak Bola Liga 1 2021, dari Sasis Hino hingga Mercedes-Benz (134027)
zoom-in-whitePerbesar
Bus Madura United. Foto: dok. Instagram Madura United
Lalu berikutnya terdapat Madura United yang juga telah memiliki bus tim pribadi sejak 2018. Bus ini merupakan sumbangan dari pengusaha asal Madura, H. Zaini.
Sayangnya, tidak ada informasi mengenai jenis sasis dan bodi yang dipakai oleh bus tim Madura United ini. Namun bila melihat beberapa foto yang ada, bus milik Madura United ini nampak menggunakan bodi single glass garapan Adi Putro.

Persela Lamongan

Adu Keren Bus Klub Sepak Bola Liga 1 2021, dari Sasis Hino hingga Mercedes-Benz (134028)
zoom-in-whitePerbesar
Bus Persela Lamongan. Foto: dok. Instagram Persela
Selanjutnya ada Persela Lamongan yang baru saja merilis bus barunya jelang kick-off Liga 1 2021. Bus ini hadir dengan kelir warna biru muda khas kebanggaan kota Lamongan.
Pada sisi kanannya terdapat tulisan Persela Lamongan yang cukup besar serta ada juga tulisan ‘Come On Joko Tingkir' pada sisi kirinya. Bus ini hadir dengan menggunakan sasis Hino R260 dan bodi Jetbus SHD 3+ dari karoseri Adi Putro.
ADVERTISEMENT
Sama seperti bus tim sepak bola lainnya, bus Persela Lamongan ini juga dibekali dengan berbagai fitur, mulai dari port USB untuk pengisian daya smartphone, TV LED berukuran 38 inci, hingga jok berkapasitas 40 penumpang.

Persib Bandung

Adu Keren Bus Klub Sepak Bola Liga 1 2021, dari Sasis Hino hingga Mercedes-Benz (134029)
zoom-in-whitePerbesar
Bus Persib Bandung. Foto: dok. Instagram Laksana
Klub kebanggaan warga Jawa Barat, khususnya kota Bandung, yakni Persib juga telah memiliki bus tim pribadi sejak 2017. Bus berwarna biru ini menggunakan bodi All New Legacy SR2 HD Prime yang dibangun di atas asis Hino RN 285.
Meski memiliki kombinasi warna yang simpel dengan hanya tulisan Persib pada sisi kanan dan kiri, bus ini tetap terlihat tampil mewah. Apalagi penggunaan pintu belakang pada sisi tengah, membuat bus ini menjadi seperti bus premium.
Memiliki kapasitas 44 penumpang, bus Persib ini juga dibekali dengan ragam fasilitas unggulan, mulai dari toilet di bagian tengah, lampu kabin, port USB untuk pengisian daya smartphone, televisi, serta jok reclining.
ADVERTISEMENT

Persija Jakarta

Klub kebanggaan Ibu Kota Jakarta, Persija juga memiliki bus tim pribadi yang menggunakan sasis Mercedes-Benz OH 1526. Bus ini dibangun di atas sasis Jetbus SHD 2+ dari karoseri Adi Putro.
Sama seperti bus lainnya, bus yang didominasi warna oranye ini juga memiliki berbagai fasilitas penunjang kenyamanan di bagian dalamnya, mulai dari jok dengan reclining seat berkapasitas 44 orang, port USB untuk pengisian daya smartphone, dan televisi LED.
Adapun secara spesifikasi, sasis Mercedes-Benz OH 1526 ini dibekali dengan mesin berkode OM 906 LA 6-silinder injeksi turbocharger berkubikasi 6.374 cc. Mesin itu menjanjikan tenaga 260 dk pada 2.200 rpm dan torsi 950 Nm pada rentang 1.200 hingga 1.600 rpm.

Persita Tangerang

Adu Keren Bus Klub Sepak Bola Liga 1 2021, dari Sasis Hino hingga Mercedes-Benz (134030)
zoom-in-whitePerbesar
Bus anyar Persita Tangerang. Foto: Media Persita Tangerang
Tidak mau kalah dengan Persija, klub kebanggaan warga Kabupaten Tangerang, yakni Persita tangerang juga telah memiliki bus baru. Sama seperti bus milik Persija Jakarta, bus Persita Tangerang ini juga menggunakan sasis Mercedes-Benz OH 1526.
ADVERTISEMENT
Perbedaannya terletak pada bodi yang digunakan, bila Persija Jakarta mengadopsi bodi dari karoseri Adi Putro, maka Persita menggunakan bodi Avante H7 buatan karoseri Tentrem.
Memiliki perpaduan warna hitam dan ungu di bagian luar, bus ini juga turut dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang kenyamanan di bagian dalamnya. Mulai dari jok dengan reclining seat berkapasitas 40 orang, televisi, toilet, dan port USB untuk pengisian daya smartphone.

Persiraja Banda Aceh

Berikutnya ada Persiraja Banda Aceh yang baru saja mendapatkan sponsor bus baru dari perusahaan otobus asal Aceh, JRG. PO bus yang memiliki nama lengkap Jasa Rahayu Gumpueng ini nantinya akan memberikan 1 unit bus kepada Persiraja untuk digunakan sebagai operasional bus selama mengarungi Liga 1 2021.
ADVERTISEMENT
Terkait spesifikasinya, bus Persiraja ini menggunakan sasis Hino RK8 dengan bodi Jetbus SHD dari Adi Putro.

PSIS Semarang

Adu Keren Bus Klub Sepak Bola Liga 1 2021, dari Sasis Hino hingga Mercedes-Benz (134031)
zoom-in-whitePerbesar
Bus PSIS Semarang. Foto: dok. Instagram PSIS
Klub asal kota Semarang, Jawa Tengah, rupanya juga sudah memiliki bus baru jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2021. Bus sumbangan dari sponsor Charlie Hospital itu menggunakan sasis Hino RN285 atau biasa disebut RK8 dan bodi Jetbus SHD 3+ dari Adi Putro
Untuk urusan fasilitas, bus berkapasitas 32 penumpang ini dibekali dengan jok jumbo dengan reclining, televisi, serta port USB untuk pengisian daya smartphone. Adapun bus ini tidak dilengkapi dengan toilet.

PSM Makassar

Adu Keren Bus Klub Sepak Bola Liga 1 2021, dari Sasis Hino hingga Mercedes-Benz (134032)
zoom-in-whitePerbesar
Suporter PSM Makasar menyambut bus PSM Makasar yang tiba di Stadion Andi Mattalatta. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Berikutnya kita bergeser sedikit ke Pulau Sulawesi tepatnya ke kota Makassar di Provinsi Sulawesi Selatan. Di sini terdapat klub kebanggaan warga Makassar, yakni PSM yang juga sudah memiliki bus tim pribadi sejak 2019.
ADVERTISEMENT
Bus berwarna merah hitam dengan tulisan Ewako dan logo PSM di sisi kanan dan kirinya ini merupakan bus sumbangan dari Kalla Grup. Bus ini menggunakan sasis dari Hino RG dan sayangnya tak ada informasi mengenai bodi yang digunakan.

PS Tira Persikabo

ADVERTISEMENT
Terakhir ada PS Tira Persikabo yang juga sudah memiliki bus baru sejak awal 2020. Bus milik PS Tira Persikabo ini menggunakan sasis Mercedes-Benz OH 1526 dengan kelir warna hijau khas TNI.
Sayangnya, tidak ada informasi mengenai bodi yang dipakai pada bus ini, pun dengan fasilitas dan fitur yang terdapat di dalamnya.
***
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020