Apakah Volkswagen T-Cross Cukup Kompetitif Dibanding Kompetitornya?

24 Februari 2022 11:10
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Volkswagen T-Cross resmi meluncur di Indonesia. Foto: Volkswagen Indonesia
ADVERTISEMENT
Persaingan segmen SUV kompak di Indonesia semakin memanas dengan meluncurnya Volkswagen T-Cross pada Rabu (23/2/2022). Ini menjadi SUV kedua yang dipasarkan Volkswagen di Indonesia, setelah Volkswagen Tiguan.
ADVERTISEMENT
Volkswagen T-Cross bakal jadi lawan bagi beberapa nama SUV kompak lain, seperti Hyundai Creta, Honda HR-V, Nissan Kicks, Mazda CX-3 1.5, MG ZS, Suzuki S-Cross, hingga Kia Seltos.
Deretan kompetitor yang disebutkan tersebut, bisa dibilang cukup head to head secara dimensi dan harga, bila disandingkan dengan Volkswagen T-Cross.
Hyundai Creta dipamerkan di GIIAS 2021, di ICE BSD, Tangerang, Kamis (11/11). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Walaupun secara brand, sebenarnya sangat pas apabila membandingkan Volkswagen T-Cross dengan BMW X1, Mercedes-Benz GLA, dan Peugeot 2008. Sayangnya, untuk BMW X1 dan Mercy GLA, memiliki harga yang berbeda cukup jauh dibandingkan Volkswagen T-Cross, sementara Peugeot 2008, saat ini belum resmi meluncur di Indonesia.
Lantas seperti apa perbandingan Volkswagen T-Cross dibandingkan rival-rivalnya? Berikut kumparan sajikan komparasinya.

Dimensi

Dari segi dimensi, Volkswagen T-Cross jadi salah satu SUV kompak yang punya dimensi paling pendek dan kecil. T-Cross hanya kalah sedikit dalam hal panjang dan lebar dibandingkan Mazda CX-3 1.5.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk urusan tinggi, Volkswagen T-Cross rupanya bukan yang paling pendek. Berdasarkan data komparasi yang ada, nama Mazda CX-3 1.5, Honda HR-V, dan Peugeot 2008 jadi SUV kompak yang punya dimensi rendah.
Mazda CX-3 1.5 Liter. Foto: dok. Mazda
Lalu dalam hal ground clearance, Volkswagen T-Cross rupanya juga bukan yang paling rendah. Lagi-lagi, nama Mazda CX-3 1.5 jadi yang punya ground clearance paling rendah dibandingkan SUV kompak lainnya.
Adapun SUV kompak paling bongsor, kini disandang oleh MG ZS dan diikuti Hyundai Creta serta Kia Seltos. Berikut tabel komparasinya.

Mesin

Selanjutnya kita mengulas urusan mesin, berdasarkan data komparasi spesifikasi yang ada, Volkswagen T-Cross memang jadi SUV kompak yang punya kubikasi mesin paling kecil, yakni hanya 999 cc.
Tapi menariknya, dalam urusan tenaga rupanya T-Cross bukan yang paling pelan. Justru Suzuki S-Cross yang mengadopsi mesin bensin 1.500 cc memiliki tenaga dan torsi paling kecil, yakni 108 dk dan 138 Nm. Disusul dengan Mazda CX-3 yang juga mengusung mesin 1.500 cc dan menghasilkan tenaga 108 dk dan 144 Nm.
ADVERTISEMENT
Adapun untuk SUV kompak yang punya tenaga paling buas, yakni Kia Seltos. Dibekali mesin bensin 1.4 liter turbocharger, Seltos menawarkan tenaga 138 dk dan torsi 242 Nm. Berikut tabel komparasinya.

Harga

Terakhir yang tak kalah menarik untuk diulas, tentu menyoal harganya. Bila membandingkan harga antara Volkswagen T-Cross dengan SUV kompak lainnya, T-Cross memang jadi yang paling mahal dengan harga Rp 488 juta diikuti varian tertinggi Honda HR-V yang dibanderol Rp 438,9 juta.
Sementara untuk SUV kompak termurah, dipegang oleh varian termurah Hyundai Creta dan MG ZS yang masing-masing diniagakan dengan harga Rp 279 juta dan Rp 279,8 juta. Berikut tabel komparasinya.

Kesimpulan

Bila melihat perbandingan dari beberapa rivalnya di segmen SUV kompak, memang akan sangat berat bagi Volkswagen T-Cross untuk melawan para rivalnya tersebut. Faktor dimensi yang terlalu kecil, serta perbedaan harga yang cukup jauh jadi beberapa alasannya.
ADVERTISEMENT
Mungkin, satu-satunya rival yang bakal punya harga tidak jauh berbeda dengan T-Cross, yakni Peugeot 2008. Sebab, mobil tersebut kabarnya akan dijual dengan kisaran harga di bawah Rp 500 jutaan. Apalagi, keduanya juga merupakan SUV kompak asal Eropa.
Crossover SUV dari Peugeot Foto: dok. Paultan
Hanya saja, untuk Peugeot 2008 hingga saat ini belum juga resmi diluncurkan di Indonesia. Namun besar kemungkinan, peluncurannya tidak akan lama lagi.
***