Otomotif
·
23 Agustus 2019 13:52

Bedah Spesifikasi dan Fitur Mobil Baru Menteri Jokowi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bedah Spesifikasi dan Fitur Mobil Baru Menteri Jokowi (16927)
Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. Foto: Dok. Toyota
Menteri dan pejabat di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024 dipastikan bakal mendapat jatah mobil dinas baru. Toyota Crown 2.5 HV G-Executive untuk menggantikan Toyota Crown Royal Saloon yang telah memasuki usia 10 tahun.
ADVERTISEMENT
Asisten Deputi Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto, mengatakan, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive akan digunakan oleh menteri, pejabat setingkat menteri, pimpinan lembaga negara, mantan presiden dan mantan wakil presiden.
Lantas, apa istimewanya Toyota Crown 2.5 HV G-Executive?
Berbeda dari pendahulunya yang masih menggunakan platform N, kini Crown generasi ke-15 sudah menggunakan platform Toyota Global New Architecture (TNGA).
Bedah Spesifikasi dan Fitur Mobil Baru Menteri Jokowi (16928)
Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Foto: dok. Toyota.jp
Secara tampilan, Crown memiliki desain yang sangat luxury. Terlihat dari bentuk grille-nya yang lebar dan disertai dengan beberapa aksen. Grille tersebut berpadu beberapa aksen krom serta lampu berbentuk horizontal.
Untuk lampu depannya sudah mengadopsi lampu LED yang dilengkapi dengan DRL. Terdapat juga lampu kabut berbentuk bulat di bagian bawah bemper.
Pada bagian belakangnya, Crown dilengkapi dengan lampu belakang LED yang berbentuk sangat cantik. Tersemat juga 4 pipa knalpot di bagian bawah bempernya. Untuk peleknya, Toyota menyematkan pelek dengan bahan aluminium ringan berukuran 18 inci.
Bedah Spesifikasi dan Fitur Mobil Baru Menteri Jokowi (16929)
Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Foto: dok. Toyota.jp
Masuk ke bagian dalam, mobil ini tidak hanya sekedar menawarkan kemewahan, tetapi juga kelegaan kabin yang luar biasa. Beberapa fitur canggih tersemat di bagian dalam ini yang tentunya akan memanjakan para penumpangnya.
ADVERTISEMENT
Beberapa fitur tersebut yaitu, fitur Active Noise Cancelling Technology yang dapat meminimalisir suara bising dari luar, pengaturan kursi secara elektrik, penghangat dan pendingin jok, sunroof, serta paddle shift.
Tersedia juga 2 layar head unit di konsol tengah dan dasbor, yang dapat dioperasikan dengan sentuhan tangan. Sistem infotainment ini juga sudah mampu mengakomodasi penggunaan Apple CarPlay, Android Auto, dan sistem navigasi.
Bedah Spesifikasi dan Fitur Mobil Baru Menteri Jokowi (16930)
Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Foto: dok. Toyota.jp
Sementara untuk fitur keselamatan, bantuan mengemudi dan keamanan di mobil ini juga sangat banyak. Tercatat, Crown dilengkapi dengan head up display, kamera 360 derajat, Airbag, sistem pengereman ABS, EBD, Brake Assist, Emergency Brake Signal, Automatic Emergency Braking, Pre Collision System, Lane Departure Warning, Lane Tracing Assist, Hill Start Assist, Blind Spot Assist, Road Sign Assist, Rear Cross Traffic Alert, Intelligent Parking Assist, Intelligent Clearance Sonar, Radar Cruise Control, Automatic LED Headlights, dan Tire Pressure Monitoring System dan Immobilizer.
ADVERTISEMENT
Menyoal mesinnya, Crown yang dipilih kali ini memiliki jantung mekanis yang berbeda dari Crown Royal Saloon yang sebelumnya dipakai oleh para menteri. Kali ini, para menteri Jokowi tersebut akan menggunakan unit Crown bermesin bensin hybrid 2.5 liter.
Mesin bensin hybrid 2.5 liter tersebut di atas kertas, menjanjikan tenaga 181 dk dan torsi gabungan 521 Nm. Konfigurasi mesin tersebut akan berpadu dengan sistem transmisi elektrik CVT.
Bedah Spesifikasi dan Fitur Mobil Baru Menteri Jokowi (16931)
Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Foto: dok. Toyota.jp
Di negara asalnya, Jepang, Crown 2.5 HV G-Executive ini dibanderol dengan harga 6.323.400 yen atau setara dengan Rp 843 jutaan. Sementara bila mengacu harga di Indonesia, salah satu diler Toyota pernah menjual mobil ini di harga Rp 2 miliar pada tahun 2017.