Otomotif
·
9 Juni 2021 6:42
·
waktu baca 2 menit

Begini Caranya Dapat Cicilan Rp 1 Jutaan Mobil Bekas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Begini Caranya Dapat Cicilan Rp 1 Jutaan Mobil Bekas (275577)
Ilustrasi mobil bekas Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Mobil bekas harganya cenderung lebih terjangkau dan beragam modelnya. Tapi semurah-murahnya mobil bekas, tetap ada yang membelinya secara kredit karena menyesuaikan kondisi finansial.
ADVERTISEMENT
Seperti mobil baru, kepemilikan mobil bekas juga bisa menggunakan skema cicilan Rp 1 jutaan. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi papar Yudy Budiman, penggawa Indigo Auto salah satu penjual di bursa mobil bekas BEZ Auto Center, Tangerang.
Pertama mobil bekas yang diincar harus punya harga sekitar Rp 100 sampai 130 jutaan. Di bawah itu lebih baik lagi supaya uang muka dan setoran per bulannya bisa ditekan.
Model-model yang dimaksud umumnya unit tahun produksi di atas 2010 di bawah 2015. Misalnya Toyota Avanza, Toyota Yaris, Honda Jazz, Nissan March, Toyota Rush, Suzuki APV, Honda Freed, dan lainnya.
Apabila menghendaki tahun yang lebih muda bisa incar model LCGC seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Toyota Calya, Daihatsu Sigra, atau Datsun Go atau Go+, yang rata-rata buatan tahun 2018 hingga 2019.
ADVERTISEMENT
"Cuma masalahnya satu, jangan tertarik dengan angsurannya doang, tapi lupa kewajiban uang muka. Misalnya harga mobil Rp 100 juta mau angsuran Rp 1,5 juta, berarti harus DP (down payment) Rp 50 jutaan," terangnya kepada kumparan, Selasa (8/6).
Penjelasan Yudy tadi jadi poin kedua. Anda perlu ingat, untuk mendapatkan cicilan ringan harus dibarengi uang muka tinggi. Makanya rencanakan dengan matang dan siapkan dana sekitar 40 hingga 60 persen dari harga mobil bekas.
Contoh penghitungan kasarnya begini. Misalnya mengincar mobil bekas Rp 100 juta dan kredit 4 tahun, maka uang mukanya minimal Rp 50 jutaan. Sementara sisa Rp 50 juta dibayar kredit selama kurang lebih 4 tahun.
Tapi itu belum termasuk biaya asuransi, bunga, sampai provisi. Oleh karena itu angka angsurannya tak bisa genap Rp 1 juta. Setelah dikenakan biaya tadi biasanya keluar angka angsuran Rp 1,5 hingga Rp 1,8 jutaan.
Begini Caranya Dapat Cicilan Rp 1 Jutaan Mobil Bekas (275578)
Pilihan mobil bekas di Mobil88. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Oleh sebab itu, biar bisa menekan nominal uang muka dan angsuran, sebaiknya cari mobil yang harganya di bawah Rp 100 juta. Misalnya harga mobil Rp 60 juta, uang muka 50 persen sekitar 30 juta bisa dapat cicilan Rp 1 jutaan dalam waktu 3 tahun.
ADVERTISEMENT
"Memang kadang uang muka tinggi ini yang jadi hambatan. Makanya sekarang pembeli mobil bekas kecenderungannya pilih uang muka rendah Rp 20 jutaan," sambungnya.