Otomotif
·
11 Juli 2021 7:09
·
waktu baca 2 menit

Beli Mobil Listrik Bisa Dicicil, Uang Mukanya Rp 150 Juta!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Beli Mobil Listrik Bisa Dicicil, Uang Mukanya Rp 150 Juta! (368714)
searchPerbesar
Track day dengan mobil listrik Hyundai Ioniq dan Kona Electric. Foto: dok Hyundai
Memiliki mobil listrik bisa jadi impian banyak orang sekarang. Tapi karena harganya masih terpaut tinggi, cuma segelintir orang yang bisa membelinya.
ADVERTISEMENT
Mobil listrik yang harganya paling terjangkau saat ini adalah Hyundai Ioniq dan Kona. Masing-masing dipasarkan dengan banderol Rp 637 dan Rp 697 jutaan.
Model yang disebutkan terakhir merupakan mobil listrik yang paling sering ditemukan berseliweran di jalan. Jelas saja, mengacu data Gaikindo, Hyundai Kona EV terjual secara wholesales paling banyak dibanding Ioniq.
Apabila dibeli secara kredit, berapa skema cicilan mobil listrik tersebut? Sebagai gambaran, kumparan rangkum skema kreditnya. Dari pilihan uang muka rendah atau cicilan ringan berikut ini.
Beruntung sekali membantu kumparan untuk mengulas ini, salah satu tenaga penjual Hyundai di Jakarta menawarkan skema uang muka rendah untuk pembelian Hyundai Kona EV. Hanya saja serendah-rendahnya uang muka tersebut, masih terbilang tinggi sih.
Beli Mobil Listrik Bisa Dicicil, Uang Mukanya Rp 150 Juta! (368715)
searchPerbesar
Hyundai Kona Electric. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
"Eksklusif sampai 31 Agustus 2021, ada program DP rendah Rp 150 juta untuk semua tenor, dari satu sampai lima tahun," terangnya kepada kumparan belum lama ini.
ADVERTISEMENT
Apabila mengambil angsuran selama setahun, besaran setoran per bulannya sebesar Rp 49,3 jutaan. Bila dua tahun, lebih kecil lagi jadi sekitar Rp 26,5 juta. Ya, setara motor matik 150 cc terbaru.
Baru installment selama tiga tahun, cicilannya bisa di bawah Rp 20 juta per bulan, tepatnya Rp 19,2 jutaan. Berikutnya untuk empat tahun Rp 15,5 jutaan. Sedangkan cicilan selama lima tahun atau terhitung 60 bulan, cicilannya Rp 13,6 jutaan. "Total DP tersebut sudah termasuk pembayaran cicilan pertama," jelasnya lagi.
Beli Mobil Listrik Bisa Dicicil, Uang Mukanya Rp 150 Juta! (368716)
searchPerbesar
Tampilan depan Hyundai Kona Electric. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Tak berhenti di situ, ada pilihan kredit lain berupa cicilan mobil listrik lewat angsuran ringan. Tapi seperti kredit umumnya, skema tersebut harus ditebus uang muka yang tinggi.
Untuk Hyundai Kona cicilan Rp 40,6 juta selama setahun, uang muka yang harus disetorkan sebanyak Rp 261,8 juta. Khusus ini setiap konsumen bisa menikmati bunga 0 persen.
ADVERTISEMENT
Mau ambil dua tahun? Tenang bisa tetap pakai bunga 0 persen dari leasing Mandiri Tunas Finance. Cicilannya lebih kecil sekitar Rp 13,5 jutaan namun uang mukanya Rp 411,5 jutaan.
Ada juga cicilan sekitar Rp 11,2 jutaan. Tapi kena bunga 2,6 persen dan uang muka yang dibayarkan di awal Rp 270 juta selama empat tahun. Sementara cicilan paling ringannya lima tahun dan angsurannya di bawah Rp 10 juta, lebih tepatnya Rp 9,6 jutaan. Namun DP-nya Rp 278,6 juta, ya hampir setara Mitsubishi Xpander.
"Semua harga dan skema cicilannya sudah termasuk asuransi all risk. Ada juga cicilan ringan Hyundai Ioniq terendahnya Rp 8,8 selama lima tahun dan DP-nya Rp 255 jutaan," terangnya lagi.
Beli Mobil Listrik Bisa Dicicil, Uang Mukanya Rp 150 Juta! (368717)
searchPerbesar
Tampilan samping Hyundai Kona Electric. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan

Spesifikasi mobil listrik Hyundai Kona

Hyundai Kona EV maupun Ioniq EV yang meluncur November 2020 lalu, mengusung baterai 39,2 kWh yang menjanjikan daya jelajah sampai 345 kilometer dalam sekali pengisian daya. Kemudian baterainya itu menyuplai daya ke motor listriknya yang bisa menghasilkan tenaga hingga 201 dk dan torsi 394 Nm, ke dua roda depannya lewat transmisi otomatis.
ADVERTISEMENT
Baterainya bisa diisi penuh dalam hitungan 54 menit, untuk mode pengisian cepat. Mode normalnya pakai portable charging rumah yang disediakan untuk setiap konsumennya, selama 19 jam.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020