Otomotif
·
7 Agustus 2019 8:14

Bocoran 4 Mobil Baru Toyota yang Bakal Meluncur ke Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bocoran 4 Mobil Baru Toyota yang Bakal Meluncur ke Indonesia (18448)
Toyota GR Supra bermesin 3.0L meluncur di GIIAS 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan
Amunisi PT Toyota-Astra Motor (TAM) tidak sampai pada GR Supra saja. Hingga akhir tahun 2019, pabrikan tiga oval tersebut masih punya beberapa model baru yang akan diluncurkan.
ADVERTISEMENT
Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto, mengakui salah satunya merupakan model berbasis listrik. Tapi dirinya masih belum mau mengamini kalau Prius PHV jadi salah satu model yang diniagakan secara retail.
Bocoran 4 Mobil Baru Toyota yang Bakal Meluncur ke Indonesia (18449)
Toyota Prius PHEV Foto: Alfons Hartanto/kumparan
"Ya tunggu lah, nanti masih ada tiga sampai empat model lagi sampai akhir tahun, termasuk yang berbasis listrik," kata Soerjo sapaan karibnya saat ditemui kumparan usai Toyota Eco Youth yang ke-11 di Jakarta, Selasa (6/8).
Lebih lanjut soal model lainnya, Soerjo juga masih menutup rapat mobil baru yang mau dirilis nanti. "Yang lainnya bisa model baru, bisa refreshment major change atau minor change," tambahnya lagi.
Bocoran 4 Mobil Baru Toyota yang Bakal Meluncur ke Indonesia (18450)
Toyota Sienta Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Kalau berdasarkan bocoran, ada sinyal kuat Toyota Sienta facelift akan disodorkan pabrikan. Musababnya, Sienta facelift buatan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bakal diluncurkan bulan ini di Thailand.
ADVERTISEMENT
Terlebih di negara asalnya MPV dengan pintu geser ini sudah mendapat rombakan kecil pada September 2018 lalu. Hanya saja soal ini pun Soerjo juga masih tidak mau membahasnya lebih jauh.
Tak berhenti di situ, coba cari konfirmasinya ke Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT TMMIN, Bob Azam, juga belum mau berkomentar banyak.
Bocoran 4 Mobil Baru Toyota yang Bakal Meluncur ke Indonesia (18451)
Toyota Corolla Altis generasi terbaru Foto: dok. Paultan
"Belum ada ubahan (produksi Sienta), kalau ada ubahan nanti diinformasi, saat ini ekspornya masih ke Singapura dan Thailand," singkatnya.
Tapi ngomong-ngomong produk baru Toyota, terhitung sudah ada enam model yang diluncurkan sejak awal tahun ini. Model tersebut meliputi Avanza facelift, all new Camry, C-HR Hybrid, Hilux single cabin bermesin anyar, Fortuner TRD minor change, GR Supra, dan Hiace Premio yang tiga terakhir ini dibuka selubungnya dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.
ADVERTISEMENT