Otomotif
·
27 April 2021 19:14

Bocoran Brosur Toyota Raize GR, Ada Fitur Safety Sense, Ini Lengkapnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bocoran Brosur Toyota Raize GR, Ada Fitur Safety Sense, Ini Lengkapnya (363412)
searchPerbesar
Toyota Raize Foto: dok. Toyota
SUV kompak Toyota Raize dipastikan meluncur 30 April 2021 mendatang. Informasi ini kuat setelah adanya undangan yang masuk ke redaksi kumparan.
ADVERTISEMENT
Bocoran informasi terkait opsi varian dari Raize juga ramai dibicarakan. Informasi terbaru yang kumparan terima akan ada 4 pilihan yang dijual, paling tertinggi adalah varian 1.0 GR TSS
Tipe ini adalah model termahal yang ditawarkan Toyota untuk Raize di pasar Indonesia. Diyakini akronim kata 'GR' merupakan singkatan dari Gazoo Racing. Sementara TSS adalah kepanjangan dari Toyota Safety Sense, sebuah fitur keselamatan canggih milik Toyota.
"Iya benar (Gazoo Racing), dia pokoknya (varian) paling atas. Mesinnya pakai yang turbo," ujar salah satu tenaga penjual Toyota kepada kumparan.
Bocoran Brosur Toyota Raize GR, Ada Fitur Safety Sense, Ini Lengkapnya (363413)
searchPerbesar
Paket modifikasi TRD Foto: dok. Paultan
Gazoo Racing sejatinya adalah merupakan merek global untuk tim balap yang di berada di bawah naungan pabrikan Toyota. Seperti contohnya adalah GR Yaris yang memiliki performa gahar dan sudah dijual di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Bisa dibilang pada model Raize penggunaan kata GR hanya lebih pada penyematan kosmetika dan juga pembeda di sektor fitur saja.
"Bedanya kalau yang (varian) GR itu dia tampilannya lebih sporty, ya mirip TRD gitu," katanya.

Pembeda di GR Toyota Raize

Bocoran Brosur Toyota Raize GR, Ada Fitur Safety Sense, Ini Lengkapnya (363414)
searchPerbesar
Brosur spesifikasi GR Toyota Raize di Indonesia. Foto: dok. Istimewa
Jika diposisikan sebagai varian paling tinggi sudah pasti model ini punya perbedaan signifikan dengan model di bawahnya.
kumparan sudah memiliki bocoran fiturnya. Dari informasi lembaran fact sheet, GR Raize akan dibenamkan panel instrumen TFT MID (Multi Information Display). Kemudian ada juga fitur power modes switch yang berguna meningkatkan performa ketika sedang berakselerasi.
Tak cuma itu, GR Raize juga dilengkapi dengan setir yang dibalut dengan kulit. Di belakang setir sudah disematkan tuas paddle shift untuk memindahkan gigi secara manual.
ADVERTISEMENT
Kemudian pembeda lainnya dengan varian di bawahnya adalah penggunaan perceptive auto headlight, front soft pad armrest, jok berlapis kulit semi sport, aero kit body, LED rear combi lamp, dan tentunya emblem GR sport pada bagian belakang bodi.

Punya fitur keselamatan aktif canggih

Bocoran Brosur Toyota Raize GR, Ada Fitur Safety Sense, Ini Lengkapnya (363415)
searchPerbesar
Brosur fitur Safety Sense di GR Raize. Foto: dok. Istimewa
Selain membekali tampilan eksterior dan interior yang berbeda. GR Raize juga sudah mengusung fitur TSS (Toyota Safety Sense).
Ada 5 fitur keselamatan dari TSS yang disematkan pada GR Raize. Berikut fitur tersebut lengkap dengan fungsinya.
1.Lane Departure Assist with Steering Control:
-fitur ini akan menjaga mobil tetap pada jalurnya. Misal, ketika oleng sedikit dan ban akan melewati marka, sistem akan membunyikan peringatan, menampilkan indikator kewaspadaan pada MID, sekaligus menginterupsi kemudi supaya lurus lagi.
ADVERTISEMENT
2. Pedal Misoperation Control:
-Fitur ini bertujuan agar Anda terhindar dari terjadinya tabrakan karena salah memasukkan transmisi. Contohnya ketika harus keluar parkir mundur, tapi tidak sengaja masuk ke gigi D, maka secara otomatis langsung berbunyi dan menahan tenaga mesin agar tidak loncat.
3. Pre Collision System (PCS):
-Fitur ini memiliki fungsi utama mendeteksi keberadaan kendaraan di depan. Saat sistem melihat adanya kemungkinan terjadi tabrakan, PCS langsung memperingatkan pengemudi agar segera melakukan manuver untuk menghindar.
4. Adaptive Cruise Control
Fitur yang satu ini membantu mengurangi rasa lelah saat mengemudi. Sebab, pengemudi bisa melepaskan pedal akselerasi maupun rem, saat melaju di jalur bebas hambatan. Seperti cruise control yang lainnya, tapi lebih canggih karena dapat menjaga jarak aman dengan mobil lain pada kecepatan di atas 50 km/jam.
ADVERTISEMENT
5. Front Departure Alert
-Fitur ini sangat berguna ketika sedang di kondisi macet atau lampu merah. Sistem akan memperingatkan pengemudi ketika mobil di depannya sudah bergerak atau melaju.
Umumnya notifikasi yang akan diberikan berupa suara.
Nah, Semua fitur tersebut bekerja dengan mengandalkan bantuan kamera dan radar. Kamera digunakan untuk memantau lingkungan sekitar termasuk marka dan rambu lalu lintas, sementara gelombang radar berguna mendeteksi jarak material di depan maupun belakang mobil.
Tujuan utama teknologi ini didesain memproteksi pengemudi, penumpang, maupun orang di sekitar kendaraan dari ancaman tabrakan.

Spesifikasi mesin GR Raize TSS

Bocoran Brosur Toyota Raize GR, Ada Fitur Safety Sense, Ini Lengkapnya (363416)
searchPerbesar
Brosur spesifikasi GR Toyota Raize di Indonesia. Foto: dok. Istimewa
Sementara untuk dapur pacu, dia akan menggunakan mesin berkode 1KR-VET, 998 cc, 3-silinder, turbocharger, 12 katup, DOHC VVT-i.
Di mana untuk tenaga maksimalnya adalah 98 ps atau 96,6 dk pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi puncak 140 Nm sejak putaran mesin 2.400 hingga 4.00 rpm.
ADVERTISEMENT
Kabarnya untuk varian tertinggi ini akan dijual dengan harga Rp 250 jutaan. Selain varian GR Raize TSS ada juga GR Raize tanpa fitur TSS, pembedanya sudah pasti pada penyematan fitur adaptive.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020