Otomotif
·
18 Juli 2021 7:13
·
waktu baca 1 menit

Bocoran Skutik Hybrid Yamaha, Seberapa Irit Konsumsi BBM-nya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bocoran Skutik Hybrid Yamaha, Seberapa Irit Konsumsi BBM-nya? (50544)
searchPerbesar
Ilustrasi motor hybrid Yamaha. dok. moto1
Setelah meluncurkan Yamaha Fascino 125 Hybrid di India, garpu tala dikabarkan akan meluncurkan produk hybrid lainnya. Model yang sedang disiapkan adalah Ray ZR, skutik hybrid dalam 2 opsi tampilan yakni standar dan Street Rally.
ADVERTISEMENT
Mengutip Rushlane, sistem hibrida yang akan ditanamkan di Yamaha Ray ZR identik dengan sistem hibrida di Fascino 125. Model ini akan memiliki teknologi Smart Motor Generator (SMG) yang dikawinkan dengan sistem hybrid-nya.
Laporan menyebutkan, teknologi SMG akan memiliki fungsi sebagai power train untuk menyuplai tenaga tambahan saat motor dipakai berakselerasi mulai dari posisi diam, menanjak, dipacu dalam kecepatan tinggi.
Bocoran Skutik Hybrid Yamaha, Seberapa Irit Konsumsi BBM-nya? (50545)
searchPerbesar
Motor hybrid yang diduga Yamaha Ray ZR 125. dok. CarandBike
Dengan penggunaan SMG juga akan memperbaiki efisiensi bahan menjadi lebih irit sekitar 16 persen. Nah fitur ini akan memaksimalkan konsumsi bahan bakar ketika berkendara dalam kondisi macet dan stop and go.
Secara garis besar, cara kerja sistem hybrid di motor ini akan memiliki persamaan dengan Honda PCX Hybrid dengan memberikan pasokan tenaga ke bagian roda belakangnya.
ADVERTISEMENT

Mesin dan fitur serupa Fascino 125

Bocoran Skutik Hybrid Yamaha, Seberapa Irit Konsumsi BBM-nya? (50546)
searchPerbesar
Motor hybrid yang diduga Yamaha Ray ZR 125. dok. CarandBike
Adapun untuk sektor dapur pacu, akan disematkan mesin yang sama dengan Fascino. Artinya rangka motor menggendong mesin berkubikasi 125 cc, SOHC, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi. Di atas kertas ia mampu hempaskan tenaga maksimal 8,2 daya kuda dan torsi puncak sekitar 10,3 Nm.
Sementara, Yamaha Ray ZR hybrid juga akan dibekali fitur konektivitas bluetooth, penerangan LED, DRL, dan power outlet.
Sampai saat ini belum ada informasi menyoal bocoran banderol resminya. Namun, motor ini diproyeksi meluncur dalam waktu dekat di India.