kumparan
28 Agustus 2019 7:02

Catat, Vespa Listrik Meluncur ke Indonesia Tahun 2020

Otomotif, Vespa, Vespa Elettrica, skuter listrik
Vespa Elettrica bertenaga listrik. Foto: Istimewa
PT Piaggio Indonesia merespons terbitnya Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019, tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.
ADVERTISEMENT
Mereka sudah merencanakan untuk memperkenalkan skuter listriknya Elettrica ke Indonesia. Ketika ditanya jurnalis kumparan apakah tahun 2020, President Director of PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega menjawab mungkin saja.
Namun dirinya menyebutkan, saat ini sedang dalam studi sekaligus persiapan untuk memasarkan Elettrica, yang sudah dipasarkan di Eropa pada Oktober 2018 lalu.
Otomotif, Vespa, Vespa Elettrica, skuter listrik
Vespa Elettrica bertenaga listrik. Foto: Istimewa
"Kami sangat menyambut baik Peraturan Presiden tentang roadmap kendaraan listrik. Kita tetap mempelajarinya," ucap Marco di sela-sela peluncuran New LX 125 i-get, Selasa (27/8).
Marco menambahkan, sebelum benar-benar mendatangkan produk listriknya, mereka terlebih dahulu menata kesiapan untuk suku cadang dan pelatihan-pelatihan sumber daya manusia mereka.
"Sudah ada ruang dan support dari pemerintah untuk kendaraan listrik di indonesia. Dan sebelum memasarkan Elettrica kami mempersiapkan ketersediaan sparepart, training mekanik, training sales. Pasti akan datang ke Indonesia --Elettica," katanya.
Otomotif, Vespa, Vespa Elettrica, skuter listrik
Vespa Elettrica bertenaga listrik. Foto: Istimewa

Spesifikasi

Soal performa, Vespa Elettrica punya kemampuan hampir sama dengan standar skuter 50cc, dengan kemampuan motor listrik 4 kW (5,4 dk), dan torsinya 200 Nm.
ADVERTISEMENT
Mengusung baterai lithium, waktu pengisian sampai penuh memakan waktu selama 4 jam. Dalam kondisi full, jarak yang sanggup ditempuh mencapai 100 km.
Mengutip dari Electrek.co, Elettrica di pasar Eropa dibanderol 6,390 euro, atau setara dengan Rp 101 juta bila di kurs-kan ke rupiah. Tentu saja masih belum realistis bila dipasarkan dengan harga seperti di sini.
Namun, akan berbeda ceritanya bila Piaggio Indonesia berkomitmen untuk merakitnya di dalam negeri, dan mendapatkan segudang insentif dari pemerintah. Oke kita tunggu saja.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan