Otomotif
·
5 Januari 2019 17:46

Cerita 11 BMW Seri 5 Lansiran 1994 yang Kondisinya Masih Bau Pabrik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cerita 11 BMW Seri 5 Lansiran 1994 yang Kondisinya Masih Bau Pabrik (51825)
Kumpulan mobil BMW lawas yang masih bau pabrik (Foto: dok. Motor1)
Sebelas mobil BMW seri 5 (E34) lawas ditemukan dalam sebuah gudang tua di Blagoevgrad, Bulgaria. Laporan dari Motor1 menyebut, keseluruhan mobil BMW tersebut diproduksi pada tahun 1994.
ADVERTISEMENT
Modelnya bermacam, ada BMW 520i atau 525i. Tapi tidak seluruhnya merupakan model sedan, satu diantara sebelas itu punya wujud wagon.
Semua mobil tidak tersematkan pelat nomor. Kabarnya, mobil-mobil berdebu tebal itu memang tidak pernah didaftarkan di instansi terkait, awalnya deretan mobil tersebut akan digunakan sebagai armada mobil rental pada awal tahun 1990.
Cerita 11 BMW Seri 5 Lansiran 1994 yang Kondisinya Masih Bau Pabrik (51826)
Kumpulan mobil BMW lawas yang masih bau pabrik (Foto: dok. Motor1)
Sayangnya belum diketahui lebih lanjut musabab barisan mobil tersebut akhirnya ditelantarkan tanpa pelat nomor.
Berdasarkan penuturan Angle Angelov, seorang service advisor dari salah satu diler BMW di Bulgaria menyebut, keseluruhan unit BMW itu kepunyaan Daru Car, sebuah nama yang merujuk pada diler BMW yang berada di Sofia, Ibu Kota Bulgaria.
Cerita 11 BMW Seri 5 Lansiran 1994 yang Kondisinya Masih Bau Pabrik (51827)
Kumpulan mobil BMW lawas yang masih bau pabrik (Foto: dok. Motor1)
Sebelas BMW seri 5 itu dipesan oleh salah satu penyedia jasa penyewaan mobil di sana. Singkat cerita, tanpa ada kejelasan, deretan mobil tersebut tidak jadi dibayarkan, dan akhirnya dibiarkan begitu saja oleh diler.
ADVERTISEMENT
Kondisi yang terawat
Tetapi yang membuat menarik adalah, pegawai diler tidak semerta-merta menyueki kumpulan mobil tersebut. Secara berkala, diler yang bertanggung jawab atas BMW seri 5 itu rutin merawatnya dengan cara mengganti oli mesin, minyak rem, dan suku cadang lain yang sudah menunjukkan penurunan fungsi dan kualitas.
Tak heran bila kondisi beberapa mobil dalam keadaan baik bak baru keluar dari pabrik. Bodi mobilnya masih mulus tanpa baret atau penyok, hanya tersemiluti debu karena sudah mati suri selama 25 tahun.
Cerita 11 BMW Seri 5 Lansiran 1994 yang Kondisinya Masih Bau Pabrik (51828)
Kumpulan mobil BMW lawas yang masih bau pabrik (Foto: dok. Motor1)
Tapi ada juga beberapa yang kaca belakangnya sudah pecah, sampai tutup tangkinya hilang yang kemungkinan digondol oknum yang tidak bertanggungjawab.
Tapi beda cerita pada bagian interiornya. Semua joknya masih dibungkus plastik sehingga menguatkan unitnya yang belum pernah digunakan dalam waktu yang lama. Begitu pun dengan lingkar kemudi dan tuas transmisinya yang beberapa masih dibalut pembungkus, ditambah berkas administrasi yang diletakkan pada kursi baris belakangnya.
ADVERTISEMENT
Segera dilelang
Kabar lain menyebut, mobil-mobil itu akan dilelang dengan rentang harga 10 ribu Euro hingga 15 ribu Euro, atau sekira Rp 164 sampai 246 juta-an.
Cerita 11 BMW Seri 5 Lansiran 1994 yang Kondisinya Masih Bau Pabrik (51829)
Kumpulan mobil BMW lawas yang masih bau pabrik (Foto: dok. Motor1)
Namun setiap pembeli nantinya tidak diizinkan untuk mengemudikannya di Bulgaria. Sebab, BMW seri 5 lawas masih punya standar emisi gas buang Euro 1, sedangkan regulasi menyebut tidak memberikan izin jalan pada kendaraan terbaru yang punya standar emisi jadul.
Solusi terbaiknya, keseluruhan mobil tersebut harus dibawa lagi ke pabriknya untuk dibubuhi pelat khusus bertuliskan mobil retro, baru bisa dikemudikan secara legal.