Otomotif
·
16 Juli 2020 10:25

Cicilan Rp 1 Jutaan Honda PCX, Uang Mukanya Cukup Rp 2,3 Juta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cicilan Rp 1 Jutaan Honda PCX, Uang Mukanya Cukup Rp 2,3 Juta (84015)
Opsi warna Royal Matte Blue pada Honda PCX Foto: dok. AHM
Beberapa lembaga pembiayaan mulai melonggarkan aturan cicilan kepemilikan kendaraan baru. Meski demikian uang muka yang harus disetorkan belum bisa rendah.
ADVERTISEMENT
Khusus kredit sepeda motor, sudah ada leasing yang menerapkan down payment 20 persen dari harga motor. Sebelumnya paling rendah sekitar 10 persen guna menjaring pembeli.
"Dulu Rp 1 jutaan hampir Rp 2 juta, sekarang harus di atas Rp 2 juta sedikit minimal uang mukanya biar enggak di-reject (leasing)," ujar Haidir, tenaga penjual salah satu diler Honda di Tangerang Selatan saat ditemui kumparan beberapa waktu lalu.
Cicilan Rp 1 Jutaan Honda PCX, Uang Mukanya Cukup Rp 2,3 Juta (84016)
Warna baru PCX 2019 Sophisticated Matte Silver. Foto: Istimewa
Misalnya mengincar Honda PCX, uang muka yang harus disiapkan paling kecilnya di angka Rp 2,3 juta. Itu untuk PCX model standar yang sekarang dilabeli harga Rp 29,843 juta.
Sementara jika menginginkan PCX dengan rem Anti-lock Braking System (ABS) yang harganya Rp 32,842 juta, maka uang muka yang harus dibayarkan paling rendah Rp 2,750 juta.
ADVERTISEMENT

Skema cicilan Rp 1 jutaan Honda PCX

Uang muka tadi untuk pembeli PCX boleh dibilang masih terjangkau. Tapi menariknya dengan down payment Rp 2 jutaan, nyatanya masih bisa mendapat skema cicilan Rp 1 jutaan yang terbilang cukup ringan untuk mendapatkan PCX baru.
Cicilan Rp 1 Jutaan Honda PCX, Uang Mukanya Cukup Rp 2,3 Juta (84017)
All New Honda PCX 150 Foto: Alfons Hartanto/kumparan
Contohnya, uang Rp 2,3 juta sebelumnya bisa untuk uang muka PCX standar dengan lama tenor 35 bulan. Cicilan per bulannya di angka Rp 1,3 jutaan, ini sekaligus pilihan paling murah.
Atau jika ada rezeki lebih, lama angsurannya bisa lebih dipercepat. Tapi setoran per bulannya sedikit melonjak menjadi 1,777 jutaan untuk tenor 23 bulan.
Angka cicilannya bisa lebih kecil lagi asal uang muka yang disetorkan di awal lebih tinggi. Misalnya setor uang muka Rp 3 juta, bisa pilih angsuran 2 tahun dengan cicilan Rp 1,741 jutaan.
Cicilan Rp 1 Jutaan Honda PCX, Uang Mukanya Cukup Rp 2,3 Juta (84018)
All New Honda PCX 2018 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Beda ceritanya kalau sudah sejak lama mendambakan PCX ABS. Karena harganya lebih mahal, maka angsurannya juga sedikit lebih tinggi.
ADVERTISEMENT
Uang muka Rp 2,750 bisa untuk menebus cicilan 23 bulan sebesar Rp 2,008 juta, atau cicilan 35 bulan dengan besaran kredit Rp 1,538 juta. Sama seperti sebelumnya, misal uang mukanya bisa lebih besar lagi sekitar Rp 3,4 juta maka angsuran per bulan bisa lebih terjangkau. Selama 35 bulan Rp 1,5 jutaan dan 23 bulan sebesar Rp 1,9 jutaan.
Angka tadi berupa acuan skema cicilan. Besaran uang muka bisa menyesuaikan kemampuan ekonomi sebenarnya. Uang Rp 2,3 juta merupakan nilai minimal uang muka agar pengajuan kredit diterima leasing.
Cicilan Rp 1 Jutaan Honda PCX, Uang Mukanya Cukup Rp 2,3 Juta (84019)
Opsi warna Glorious Matte Black pada Honda PCX Foto: dok. AHM
"Kalau mau bisa langsung saya bantu, KTP sama pasangan, KK, akta nikah, terus bukti slip gaji bisa lewat online kirim via Whatsapp, kan cara baru kredit motor baru Honda #dirumahaja," ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Selebihnya soal besaran skema cicilan, angsuran, maupun ragam uang muka guna menebus Honda PCX dan lainnya bisa lihat tabel berikut ini.
Cicilan Rp 1 Jutaan Honda PCX, Uang Mukanya Cukup Rp 2,3 Juta (84020)
Skema cicilan Rp 1 jutaan Honda PCX, nominal yang tertera dalam ribuan. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona