Otomotif
·
18 Januari 2021 11:57

Cuma Rp 70 Ribuan, Bikin NMax dan PCX Punya 'Rem Tangan'

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cuma Rp 70 Ribuan, Bikin NMax dan PCX Punya 'Rem Tangan' (286711)
Rem tangan atau parking brake lock Mmotor Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Yamaha NMax dan Honda PCX punya nilai plus pada sistem pengeremannya. Ya, kedua motor matik gambot itu sudah dibekali piringan cakram baik di roda depan juga belakangnya.
ADVERTISEMENT
Namun, piranti rem tangan atau parking brake lock belum diaplikasikan pada motor tersebut. Secara garis besar, komponen ini berguna ketika kita berhenti di tanjakan atau turunan untuk menjaga posisi motor agar tidak bergerak.
Cuma Rp 70 Ribuan, Bikin NMax dan PCX Punya 'Rem Tangan' (286712)
Rem tangan atau parking brake lock Mmotor Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Mekanismenya, ketika tuas parking brake lock ditekan secara otomatis akan menarik handle rem kiri (belakang) sehingga motor akan tertahan dan tak bergerak.
Bagi kamu yang ingin memasangnya nggak perlu khawatir, pengguna NMax dan PCX juga bisa mengaplikasikan fitur ini tanpa banyak ubahan alias plug and play.
Menurut Jimmy, dari bengkel motor Mio Nizzer mengatakan, khusus untuk Yamaha NMax ada 2 pilihan yang bisa ditempuh.
"Buat Yamaha NMax bisa pakai punya Mio J atau pakai produk aftermarket," kata Jimmy, Minggu (17/11).
ADVERTISEMENT
Jika pilihannya menggunakan kepunyaan Yamaha Mio J, dana yang harus dikeluarkan kira-kira Rp 200 ribuan. Itu sudah termasuk dengan jasa pasang.
Cuma Rp 70 Ribuan, Bikin NMax dan PCX Punya 'Rem Tangan' (286713)
Parking Brake Lock Aftermarket. Foto: dok. Istimewa
Nah, jika pilihannya menggunakan aftermarket, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 100 ribu saja. Dan tak banyak komponen yang diubah.
Tapi jika ingin lebih irit, Anda bisa membeli di marketplace. Umumnya piranti ini dijual mulai harga Rp 75 ribu sampai 90 ribu untuk tipe NMax dan PCX.
Cara pasangnya pun mudah bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Buat panduan, berikut ini rentetan caranya.
  • Umumnya setiap pembelian rem tangan aftermarket sudah termasuk dengan baut L berukuran 6 mm. Dimensinya sendiri lebih panjang dari baut L 6 mm bawaan standar pabrik.
  • Jika komponen ini sudah sampai ke rumah, Anda perlu menyiapkan kunci pas ukuran 10 dan tentunya kunci L6.
  • Kemudian lepaskan baut utama handle rem kiri di bawah dengan menggunakan kunci pas ukuran 10. Biar lebih cepat, buka juga baut bagian atas, bisa menggunakan kunci pas atau T ukuran 10.
  • Jika sudah terlepas, masukan terlebih dulu bushing (biasanya sudah ada di paket penjualan) pada lubang diantara handle rem. Kemudian pasang parking brake lock di atas handle rem sebelah kiri.
  • Atur posisi yang pas jangan sampai parking brake lock justru menekan tuas rem. Setelah dirasa pas, masukkan baut L 6 mm khusus tadi dan jangan lupa untuk mengencangkan.
  • Kemudian, Anda hanya perlu menekan parking brake lock untuk menggunakan piranti ini. Sementara untuk melepasnya tingga tarik tuas rem sebelah kiri.
ADVERTISEMENT

Hindari hal ini dalam penggunaan rem tangan!

Cuma Rp 70 Ribuan, Bikin NMax dan PCX Punya 'Rem Tangan' (286714)
Rem tangan atau parking brake lock Mmotor Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Tapi perlu diingat, penggunaan rem tangan aftermarket atau kepunyaan motor lain bukan tanpa efek samping. Menurut Sukina, mekanik dari BBB Garage sangat tidak dianjurkan ketika parkir atau motor ditinggal lama, rem tangan tersebut diaktifkan.
Alasannya, setiap pabrikan pasti sudah memiliki riset, fitur apa yang bisa dan tak bisa digunakan pada sebuah motor. Seperti diketahui NMax dan PCX memiliki kaliper dan master rem pada bagian rem belakang.
Cuma Rp 70 Ribuan, Bikin NMax dan PCX Punya 'Rem Tangan' (286715)
Ban belakang Yamaha NMax Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Nah, ketika sebuah motor memiliki komponen pengereman cakram, dan dipaksa dalam waktu yang lama handle rem tertekan, bisa menyebabkan kebocoran pada sistem oli rem.
"Misalnya ditinggal parkir lama, tapi si rem itu (parking brake lock) dipakai, ya pasti bakal jebol. Pengalaman konsumen saya, selang remnya pecah," kata Sukina.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, kata Sukina, selagi pemakaiannya benar penggunaan komponen parking brake lock masih aman untuk digunakan. Sukina juga mengingatkan jangan pernah menekan rem tangan ketika motor melaju dengan cepat, karena ban belakang pasti akan terkunci.
"Pasti bakal ngunci lah, karena secara pengeremannya saja dia jauh lebih pakem dari model tromol. Saran saya (penggunaannya) saat berhenti sebentar saja sih seharusnya," pungkasnya.