Otomotif
·
30 Oktober 2019 18:38

Daihatsu Rocky Tak Pakai Mesin Sigra, Harga Lebih Murah dari Terios?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Daihatsu Rocky Tak Pakai Mesin Sigra, Harga Lebih Murah dari Terios?  (3719)
Daihatsu memperkenalkan small SUV 5-penumpang mereka Rocky di Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan
Indonesia menjadi salah satu pasar yang kemungkinan besar bakal kedatangan Daihatsu Rocky. Sampai saat ini, pabrikan masih melakukan studi lebih lanjut.
ADVERTISEMENT
Sudah bukan rahasia, ini akan menjadi produk kolaborasi dengan induk mereka Toyota, yang akan menjualnya dengan nama Raize. Mengingat besarnya fasilitas Daihatsu-Toyota di Indonesia, bukan tidak mungkin produk ini akan diproduksi lokal.
Hanya saja terkait waktunya, masih belum ada informasi. Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra secara tersirat berpendapat, kalau Rocky bisa cocok dengan market dalam negeri, terutama di kalangan anak muda.
Daihatsu Rocky Tak Pakai Mesin Sigra, Harga Lebih Murah dari Terios?  (3720)
Daihatsu memperkenalkan small SUV 5-penumpang mereka Rocky di Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan
"Saya rasa apa yang kamu katakan akan menjadi concern kami, tinggal nanti waktunya kapan, nanti kami akan segera menginformasikan," ucapnya beberapa waktu lalu di Jepang.

Mesin baru

Menanyakan soal jantung mekanis yang akan digunakan Rocky di Indonesia, Amelia menyebut kemungkinan Rocky akan punya mesin baru. Walaupun memang Daihatsu sendiri di sini sudah punya mesin yang dipakai di LCGC, 1.2L.
Daihatsu Rocky Tak Pakai Mesin Sigra, Harga Lebih Murah dari Terios?  (3721)
Daihatsu Rocky di Tokyo Motor Show Foto: Ghulam M Nayazri
Kemungkinan mesin baru yang digunakan adalah 1.0L turbocharger, yang sudah dites di Indonesia lewat model Tanto. Tentu saja ini akan menarik.
ADVERTISEMENT
"Mesin akan disesuaikan power dan tenaganya juga, mesinnya pasti kita akan sesuaikan. Bukan sekadar semua sama aja bisa masuk. Jadi mesin baru tidak sama dengan LCGC seperti Sigra," tuturnya.

Harga lebih murah dari Terios

Melanjutkan perbincangan, Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso menyebut, untuk mengejar posisi harga yang pas, produksi lokal jadi pilihan terbaik.
Daihatsu Rocky Tak Pakai Mesin Sigra, Harga Lebih Murah dari Terios?  (3722)
Daihatsu Rocky di Tokyo Motor Show Foto: Ghulam M Nayazri
"Kalau diproduksi di sini harganya lebih murah, harganya akan lebih terjangkau sesuai dengan market di Indonesia," ucap Hendrayadi.
Pastinya, bila melihat dimensi produk dan kelas segmennya. Bisa dipastikan harga jual Rocky dan Raize, akan berada di bawah Terios dan Rush.
"Secara konsep seperti itu, Terios saja 7-seater ini 5-seater, mobil lebih kecil pasti bahan baku lebih sedikit ini logika saja. Posisi harga logikanya seperti itu," katanya.
ADVERTISEMENT
Mengacu pada situs resmi Daihatsu, harga Terios dibanderol mulai dari Rp 202,3 juta sampai termahal Rp Rp 256,6 unit. Sementara Toyota Rush Rp 244,2 jutaan hingga Rp 265,6 juta.