Otomotif
·
10 Juni 2021 10:55
·
waktu baca 2 menit

Dapat Restu Pemerintah, GIIAS Bakal Digelar 12 sampai 22 Agustus 2021

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Dapat Restu Pemerintah, GIIAS Bakal Digelar 12 sampai 22 Agustus 2021 (7349)
Hari pertama pembukaan GIIAS 2017. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Efek pandemi COVID-19 berimbas pada batalnya banyak pameran otomotif, termasuk di Indonesia. Namun 'pelonggaran' mulai diberikan, salah satu contohnya adalah event otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang kemarin berhasil digelar pada 15 hingga 25 April 2021 lalu.
ADVERTISEMENT
Kabar terbaru, pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) juga rencananya akan tetap digelar pada 12 sampai 22 Agustus 2021 di ICE, BSD, Tangerang Selatan.
Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan sejauh ini rencana menghelat GIIAS di Agustus nanti masih sesuai track.
"Rencananya kita akan gelar, semuanya sesuai dengan kondisi seperti sekarang perlahan membaik. Tentu nanti akan berbeda, karena harus mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat," kata Nangoi kepada kumparan, Rabu (9/6).
Saat ini, lanjut Nangoi, pihaknya sedang mengurus segala perizinan penyelenggaraan GIIAS kepada pihak terkait. Baik dari pemerintah, kepolisian, dan segala stakeholder yang terlibat.
Dapat Restu Pemerintah, GIIAS Bakal Digelar 12 sampai 22 Agustus 2021 (7350)
Booth Honda yang dipadati pengunjung pada pameran GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang, Sabtu (4/8). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Diselenggarakannya GIIAS menurutnya bisa berdampak positif pada sisi ekonomi. Penjualan otomotif bisa semakin tumbuh dan bangkit.
ADVERTISEMENT
"Karena yang namanya pada zaman seperti ini yang namanya protokol kesehatan sangat penting dan nomor 1. Tapi jika ekonomi tidak digerakkan juga berbahaya, jadi akhirnya setelah kita berdiskusi ke mana-mana kita tetap berencana menyelenggarakan pameran ini," pungkasnya.

Dapat restu dari pemerintah

Dapat Restu Pemerintah, GIIAS Bakal Digelar 12 sampai 22 Agustus 2021 (7351)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di GIIAS 2019 Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Penyelenggaran GIIAS pertengahan Agustus nanti juga sudah mengantongi izin dari pemerintah. Namun, kata Nangoi, pameran ini bisa terselenggara jika ada komitmen kuat soal protokol kesehatan.
"Iya positif (izin dari pemerintah) tapi tentunya kita harus mengkoordinasikan protokol kesehatan dengan tim satgas, kepolisian, dan pemerintah daerah setempat, Intinya kita harus hati-hati sekali," imbuhnya.

Kejutan apa di GIIAS?

Dapat Restu Pemerintah, GIIAS Bakal Digelar 12 sampai 22 Agustus 2021 (7352)
Pengunjung melihat mobil listrik Wuling E100 di pameran GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang, Sabtu (4/8). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Selain punya misi membangkitkan lagi industri otomotif yang terpuruk akibat pandemi. Nangoi juga mengatakan jika GIIAS akan jadi panggung peluncuran beberapa mobil baru, termasuk menggalakkan teknologi elektrifikasi kepada para pengunjung.
ADVERTISEMENT
"Mudah-mudahan rencananya seperti itu (peluncuran mobil baru). Dalam pameran kali ini juga disertakan dengan yang namanya informasi kemajuan teknologi, saat ini mengarahnya kepada teknologi yang hemat bahan bakar dan yang lebih ramah lingkungan," pungkasnya.
Sementara itu, peserta atau brand-brand otomotif yang ikut serta pada 2019 lalu juga disebutkan akan kembali menghiasi lantai GIIAS 2021. Ya, mulai dari merek mobil, sepeda motor, aftermarket, hingga yang lainnya.