kumparan
search-gray
Otomotif26 Oktober 2019 12:17

Demam Head Unit ala Tesla, Berapa Ongkosnya?

Konten Redaksi kumparan
Demam Head Unit ala Tesla, Berapa Ongkosnya? (516074)
Head unit M Tech di Mistubishi Pajero Sport. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Hadirnya sistem hiburan pada kendaraan, memang memiliki peranan cukup penting. Selain dapat berguna untuk melepas rasa bosan saat di kemacetan, bentuk head unit yang menarik juga membuat tampilan dashboard menjadi lebih mewah.
Bagi Anda yang sedang ingin mengganti head unit, saat ini pilihan jenis head unit memang sangat banyak. Di antara beragam pilihan yang ada, jenis head unit ala Tesla, mungkin layak untuk Anda lirik.
Ya, head unit bergaya layar lebar tersebut, rupanya saat ini sudah banyak diniagakan untuk mobil-mobil umum. Salah satu workshop yang meniagakan head unit ala Tesla tersebut, adalah Kramat Motor.
Demam Head Unit ala Tesla, Berapa Ongkosnya? (516075)
Head unit M Tech di Mistubishi Pajero Sport. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Workshop yang berlokasi di Kelapa Gading ini, meniagakan head unit aftermarket ala Tesla untuk mobil-mobil besar seperti Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra, dan Toyota Fortuner.
“Kalau bergaya Tesla, sekarang ini ada beberapa buat Pajero Sport, Terra, dan Fortuner,” jelas Richard Motor, penggawa Kramat Motor saat ditemui di workshop-nya beberapa hari lalu.
Dari ketiga mobil tersebut, tentu memiliki ukuran head unit yang berbeda-beda. Untuk Pajero Sport dan Fortuner, akan menggunakan head unit berukuran 12, 1 inci, sedangkan Nissan Terra akan menggunakan head unit berukuran 10,2 inci.
Demam Head Unit ala Tesla, Berapa Ongkosnya? (516076)
Head unit M Tech di Mistubishi Pajero Sport. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Dengan ukurannya yang cukup besar tersebut, pemasangan head unit ini rupanya harus mengorbankan letak tombol pengaturan AC. Dengan dicopotnya tombol pengaturan AC tersebut, akan membuat tampilan dashboard menjadi lebih menarik.
Tombol pengaturan AC yang dicopot tersebut, selanjutnya akan dipindahkan ke dalam layar monitor. Dengan pengaturan AC melalui layar head unit, membuatnya 11-12 dengan head unit Tesla asli.
“Kan panjang tuh, tombol original AC nanti di-take, digantikan dengan head unit ini. Nantinya akan terintegrasi pengaturannya lewat layar sentuh,” jelas Richard.
Demam Head Unit ala Tesla, Berapa Ongkosnya? (516077)
Head unit M Tech di Mistubishi Pajero Sport. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Khusus untuk Pajero Sport yang memiliki tombol hazard dan indikator seatbelt di bagian bawah head unit lama, akan dipindahkan ke sisi kanan dan kiri head unit bergaya Tesla.
Selain dapat mengatur sistem infotainment dan pengaturan AC, head unit tersebut rupanya juga bisa menampilkan beragam informasi seputar mobil itu sendiri.
“Ada banyak indikator lainnya juga, misal informasi pintu terbuka, rpm, speedometer. Dan untuk di Pajero Sport dan Terra, akan ada indikator sensor mundur juga di head unit-nya,” papar Richard.
Demam Head Unit ala Tesla, Berapa Ongkosnya? (516078)
Head unit M Tech di Mistubishi Pajero Sport. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Untuk pemasangannya sendiri terbilang sangat mudah, hanya cukup menyambungkan antar soket yang ada, termasuk soket untuk pengaturan pada setir. Waktu pemasangannya sendiri, menurut Richard tidak lebih dari 1 jam.
Bagi Anda yang tertarik memasang head unit ala Tesla ini, Anda cukup siapkan uang sebesar Rp 8,5 juta saja. Harga tersebut, menurut Richard sudah termasuk dengan biaya ongkos pasang.
Jadi, apakah Anda tertarik untuk memasangnya?
Spesifikasi:
  • Ukuran: 12,1 inci
  • OS: Android 7.1 (Nougat)
  • RAM: 2 GB
  • ROM: 32 GB
  • Touch Screen: Glass Panel IPS
  • Support: Navigasi, Screen Mirroring, HD Video & Audio, Phone Link, Bluetooth, Radio, DVR
Kramat Motor
Alamat: Jl. Gading Kirana III, RT.18/RW.8, Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240
Telepon: 0813 1403 133
Demam Head Unit ala Tesla, Berapa Ongkosnya? (516079)
Head Unit Tesla Foto: Nugroho Sejati
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white