Otomotif
·
13 Juli 2021 9:30
·
waktu baca 5 menit

Deretan Merek Supercar Eksotis Asal Italia, Sang Juara Piala Eropa 2020

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Deretan Merek Supercar Eksotis Asal Italia, Sang Juara Piala Eropa 2020 (263017)
searchPerbesar
Ferrari F40 Foto: dok. Motor1
Tim Nasional Italia berhasil mengukuhkan diri sebagai jawara Piala Eropa 2020. Gli Azzuri berhasil mengalahkan perlawanan tim tuan rumah, Inggris di partai puncak melalui adu tendangan penalti.
ADVERTISEMENT
Nah selain terkenal soal sepak bolanya, Italia juga dikenal sebagai rumah dari deretan supercar eksotis. Sebut saja ada Ferrari, Lamborghini, Maserati, hingga Pagani.
Bukan cuma itu, masih ada lagi ternyata merek lainnya. Penasaran? Berikut kumparan sajikan ulasannya.

Ferrari

Deretan Merek Supercar Eksotis Asal Italia, Sang Juara Piala Eropa 2020 (263018)
searchPerbesar
Ferrari 488 GTB. Foto: dok. Classic Driver
Ini merupakan merek asal Italia yang paling dikenal di seluruh dunia. Mereka banyak menghasilkan supercar, di mana pertama kali hadir pada 1929 di kota Modena, Italia, dengan nama saat itu Scuderia Ferrari.
Didirikan oleh Enzo Ferrari, fokus awal di divisi mobil balap dari merek lainnya, Alfa Romeo. Berbagai kesuksesan di ajang balap pun diraih keduanya.
Setelah 10 tahun berselang, pada 1939, Enzo Ferrari memutuskan untuk keluar dari Alfa Romeo dan mendirikan tim balap sendiri bernama Auto Avio Construzioni Ferrari.
ADVERTISEMENT
Pada awal kiprahnya ini, Enzo Ferrari bersama dengan Alberto Massimino sukses merancang mobil pertama Ferrari yang diberi nama Tipo 85 bermesin V8 berkapasitas 1.500 cc. Mobil ini sukses melambungkan nama Ferrari di dunia balap, termasuk di ajang balap Mille Miglia 1940.
Deretan Merek Supercar Eksotis Asal Italia, Sang Juara Piala Eropa 2020 (263019)
searchPerbesar
Ferrari 250 GTO Foto: dok. Carbuzz
Berbagai mobil legendaris pun pernah dihadirkan Ferrari, mulai dari Ferrari 125 S, Ferrari 250 GTO, Ferrari 250 Spyder, Ferrari Dino, Ferrari 250 Testa Rossa, Ferrari F40, Ferrari F430, Ferrari 488 Pista, Ferrari Portofino, Ferrari California, Ferrari LaFerrari Aperta, hingga yang teranyar mobil plug-in hybrid Ferrari SF90 Stradale.

Lamborghini

Deretan Merek Supercar Eksotis Asal Italia, Sang Juara Piala Eropa 2020 (263020)
searchPerbesar
Lamborghini Huracan EVO AWD. Foto: dok. Lamborghini
Bila menyebut nama Ferrari, rasanya kurang lengkap jika tidak menyebutkan merek supercar lainnya yang juga jadi musuh bebuyutan Ferrari, yakni Lamborghini.
ADVERTISEMENT
Merek mobil berlogo banteng ngamuk ini pertama kali didirikan pada 1963. Kala itu, sang pendiri, Ferruccio Lamborghini pada awalnya hanya berniat mendirikan perusahaan produsen traktor.
Bisnis ini pun berkembang pesat dan berhasil memberikan kesuksesan bagi seorang Ferruccio Lamborghini. Berkat kesuksesan itu, dirinya pun membeli sebuah supercar Ferrari 250 GT.
Namun sayangnya, selama memiliki mobil tersebut, Ferruccio merasa tidak puas dengan performanya. Dirinya pun bertanya terkait permasalahan pada Ferrari 250 GT miliknya kepada Enzo Ferrari.
Sayangnya, bukan solusi yang dirinya dapatkan, justru hinaan dari seorang Enzo Ferrari. Setelah mendapatkan hinaan tersebut, Ferruccio pun bersumpah akan menciptakan mobil kencang lainnya yang bisa menandingi kehebatan supercar Ferrari.
Deretan Merek Supercar Eksotis Asal Italia, Sang Juara Piala Eropa 2020 (263021)
searchPerbesar
Lamborghini Sian FKP37 Foto: dok. Carscoops
Akhirnya pada 1963, Lamborghini berhasil menciptakan supercar pertamanya yang diberi nama Lamborghini 350GT. Mobil yang mampu melesat hingga kecepatan 241 kilometer per jam ini pun sukses mencuri perhatian dan berhasil menorehkan penjualan yang sangat baik.
ADVERTISEMENT
Hingga saat ini, berbagai mobil canggih dan kencang pun telah dilahirkan oleh Lamborghini. Mulai dari Lamborghini 350GT, Lamborghini Miura, Lamborghini LP400 Countach, Lamborghini Diablo, Lalmborghini Gallardo, Lamborghini Murcielago, Lamborghini Veneno, Lamborghini Huracan, Lamborghini Aventador, Lamborghini Centenario, hingga SUV Lamborghini Urus.

Maserati

Deretan Merek Supercar Eksotis Asal Italia, Sang Juara Piala Eropa 2020 (263022)
searchPerbesar
Maserati Foto: Maserati
Selanjutnya ada merek supercar lainnya yang juga berasal dari Italia, yakni Maserati. Merek mobil yang berasal dari kota Bologna, italia ini pertama kali hadir pada 1914.
Didirikan oleh Maserati bersaudara, yakni Alfieri Maserati, Bindo Maserati, Carlo Maserati, Ettore Maserati, dan Ernesto Maserati, kala itu pada awalnya Maserati hanya ingin menciptakan mobil balap untuk turut serta pada ajang balap mobil Grand Prix.
Namun dikarenakan situasi perang dunia kedua pada kala itu, membuat Maserati juga harus menciptakan mobil perkotaan untuk mobilitas pasukan dari penguasa Italia kala itu, Benito Mussolini.
ADVERTISEMENT
Seiring berjalannya waktu, Maserati pun terus berkembang dalam menciptakan mobil. Tidak hanya berfokus pada mobil perkotaan, namun juga menghadirkan mobil mewah hingga supercar.
Hingga saat ini, beberapa mobil mewah dan supercar dari Maserati pun telah banyak beredar, mulai dari Maserati Ghibli, Maserati Quattroporte, Maserati GranCoupe, Maserati GranCabrio, Maserati GranTurismo, hingga Maserati Levante.

Pagani

Deretan Merek Supercar Eksotis Asal Italia, Sang Juara Piala Eropa 2020 (263023)
searchPerbesar
Pagani Zonda Tricolore. Foto: dok. Hotcars
Tidak hanya banyak memiliki merek mobil penghasil supercar, Italia ternyata juga turut memiliki merek mobil penghasil hypercar, yakni Pagani.
Merek mobil yang memiliki nama lengkap Pagani Automobili ini pertama kali didirikan pada 1992 di kota Modena Italia. Adapun tokoh yang berjasa mendirikan merek ini, yakni Horacio Pagani yang merupakan mantan karyawan dari Lamborghini.
Sebagai penghasil hypercar, Pagani telah melahirkan beberapa mobil berkecepatan tinggi, seperti Pagani Zonda, dan Pagani Huayra.
ADVERTISEMENT

Alfa Romeo

Deretan Merek Supercar Eksotis Asal Italia, Sang Juara Piala Eropa 2020 (263024)
searchPerbesar
Alfa Romeo. Foto: dok. Alfa Romeo
Selain memiliki merek mobil supercar dan hypercar, italia rupanya juga memiliki beberapa merek mobil harian. Salah satu yang terpopuler, yakni Alfa Romeo.
Pertama kali didirikan pada 1910 di Milan Italia, kala itu Alfa Romeo masih sangat aktif dalam berbagai ajang balap mobil, salah satunya Targa Florio.
Berbagai mobil balap kencang pun pernah diproduksi oleh Alfa Romeo, seperti ALFA Grand Prix, Alfa Tipo A, Alfa Tipo B, Alfa RL Targa Florio, Alfa 6C 2300B Mille Miglia, Alfa 6C 2500 Super Sport Corsa, Alfa GTA, Alfa GTV, Alfa Giuletta, dan lainnya.
Deretan Merek Supercar Eksotis Asal Italia, Sang Juara Piala Eropa 2020 (263025)
searchPerbesar
Alfa Romeo GTV Classic. Foto: Dok. Istimewa
Sementara untuk mobil hariannya, Alfa Romeo juga memiliki beberapa nama mobil yang cukup populer, seperti Alfa Romeo Giulia, Alfa Romeo Gran Sport Quattroporte, Alfa Romeo Alfasud, Alfa Romeo Montreal, Alfa Romeo Spider, Alfa Romeo Giuletta, Alfa Romeo Brera, dan lainnya.
ADVERTISEMENT

Fiat

Deretan Merek Supercar Eksotis Asal Italia, Sang Juara Piala Eropa 2020 (263026)
searchPerbesar
Fiat Abarth Nuova 500 Foto: dok wikimedia
Selanjutnya ada Fiat yang juga jadi salah satu merek mobil harian asal Italia yang paling populer dan paling tua. Fiat pertama kali didirikan pada 11 Juli 1899 oleh Giovanni Agnelli di kota Turin.
Kala itu, pada awal 1900, Fiat berhasil menciptakan 24 mobil yang diproduksi oleh 35 orang. Adapun mobil pertama yang diproduksi Fiat, yakni Fiat 4 H. Mobil ini dibekali mesin 2-silinder segaris berkapasitas 679 cc dan didukung transmisi manual 3-percepatan.
Dari mobil pertamanya itu, Fiat terus mengalami perkembangan pesat dan menjadi salah satu merek mobil paling diminati di daratan Eropa.
Puncak kesuksesan Fiat terjadi pada awal 1970. Kala itu, Fiat berhasil memperkerjakan karyawan lebih dari 100.000 orang dan berhasil memproduksi lebih dari 1.4 juta kendaraan.
ADVERTISEMENT
Berbagai mobil garapan Fiat pun sukses diterima pasar, seperti Fiat Abarth 1500, Fiat Turbina, Fiat 125 GTZ, Fiat Dino, Fiat Panda, Fiat Punto, Fiat Barchetta, Fiat FCC, dan lainnya.

Lancia

Deretan Merek Supercar Eksotis Asal Italia, Sang Juara Piala Eropa 2020 (263027)
searchPerbesar
Lancia Delta. Foto: Dok. Istimewa
Berikutnya ada Lancia yang juga jadi salah satu merek mobil asli Italia. Merek ini pertama kali hadir pada 1906 di kota Turin, italia. Seorang Vincenzo Lancia jadi salah satu aktor penting dibalik lahirnya merek satu ini.
Sebagai salah satu merek mobil terpopuler di italia dan beberapa negara Eropa, Lancia juga dikenal ganas di lintasan sirkuit reli. Melalui beberapa produknya, seperti Lancia Delta, Lancia Stratos, dan Lancia Rally 037, merek satu ini berhasil meraih berbagai penghargaan.
Adapun untuk mobil hariannya, ada beberapa nama yang cukup populer, seperti Lancia Delta, Lancia Flavio, Lancia Thema, dan Lancia Voyager.
ADVERTISEMENT

Abarth

Deretan Merek Supercar Eksotis Asal Italia, Sang Juara Piala Eropa 2020 (263028)
searchPerbesar
Abarth 500. Foto: dok. Abarth
Terakhir ada Abarth yang jadi salah satu merek mobil asli Italia. Abarth pertama kali didirikan pada 1949 di kota Turin Italia, oleh Carlo Abarth.
Sama seperti merek Italia lainnya, kala itu Abarth dihadirkan untuk ikut ambil bagian dalam berbagai ajang balap mobil. Adapun beberapa mobil Abarth yang paling dikenal hingga saat ini, antara lain Abarth 1500 Biposto, Abarth 595, Abarth 500, Abarth 500C, Abarth 124 Spider, dan Abarth 750.
Tidak hanya itu, Abarth juga sempat meleburkan diri bersama Fiat pada era 1970an dan berhasil menciptakan berbagai mobil, seperti Fiat 131 Abarth, Fiat 750 Abarth, Fiat 500 Abarth, Fiat 1000 Abarth, Fiat 750 GTO Abarth, dan Fiat 124 Rally Abarth.
ADVERTISEMENT
***
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020