Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021

21 Oktober 2021 5:46
·
waktu baca 7 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021 (75319)
zoom-in-whitePerbesar
Suasana GIIAS 2019, di ICE BSD, Tangerang Selatan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
ADVERTISEMENT
Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 dipastikan tetap bergulir pada 11 hingga 21 November 2021.
ADVERTISEMENT
Ada 24 merek otomotif yang sudah memastikan diri ikut ambil bagian pada pameran tahunan itu. Terdiri dari 20 merek kendaraan penumpang, dan 4 merek kendaraan niaga.
Tak hanya memamerkan mobil konsep dan mobil yang sudah dijual saat ini, berbagai mobil baru pun dipastikan akan menjalani debutnya pada perhelatan tersebut.
Berdasarkan prediksi kumparan, setidaknya ada 30 mobil baru yang berpeluang meluncur pada GIIAS 2021. Lalu, apa saja mobil baru tersebut? Berikut kumparan sajikan ulasannya.

Toyota

Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021 (75320)
zoom-in-whitePerbesar
Foto Olah Digital Toyota Avanza Terbaru. Foto: dok. Bagas Satria Akbar
Dari merek Toyota, diperkirakan akan menampilkan setidaknya 4 mobil barunya pada GIIAS 2021. Keempat mobil baru itu, yakni Toyota Avanza dan Veloz generasi terbaru, Toyota GR Yaris, dan Toyota Land Cruiser 300.
Khusus Toyota Avanza dan Veloz, mobil ini memang santer diberitakan akan diperkenalkan lebih awal sebelum GIIAS 2021.
ADVERTISEMENT
“Rencana terakhir sih informasinya awal November sebelum GIIAS, cuma jadwal pastinya saya juga belum dapat bocoran,” ucap salah satu wiraniaga Toyota saat dihubungi kumparan beberapa waktu lalu.
Lalu untuk Toyota GR Yaris dan Land Cruiser 300 juga sangat mungkin meluncur pada perhelatan tersebut. Apalagi, nama keduanya juga sudah terdaftar pada Permendagri Nomor 40 2021, dan khusus Toyota GR Yaris, beberapa waktu lalu mobil ini juga sudah tertangkap kamera sedang uji jalan di Indonesia.

Daihatsu

Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021 (75321)
zoom-in-whitePerbesar
Mobil Konsep Daihatsu DN Multisix Foto: Jihad Akbar/kumparan
Sama seperti Toyota yang diprediksi bakal meluncurkan Avanza generasi terbaru, Daihatsu tentunya juga akan memperkenalkan versi anyar dari Xenia.
Ya, status kedua mobil ini yang merupakan kembar identik, memang selalu membuat peluncuran keduanya dilakukan bersamaan.

Mitsubishi

Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021 (75322)
zoom-in-whitePerbesar
Foto Olah Digital Mitsubishi Xpander Facelift karya Andra Febrian. Foto: dok. Andra Febrian
Beranjak ke merek asal Jepang selanjutnya, ada Mitsubishi yang juga dirumorkan akan meluncurkan Xpander facelift pada GIIAS 2021.
ADVERTISEMENT
Beredarnya rumor kehadiran Xpander facelift ini, berawal dari beredarnya bocoran foto dan video yang menampilkan Xpander facelift sedang melakukan syuting iklan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.
Selain Xpander facelift, ada 2 mobil Mitsubishi lainnya yang juga berpeluang meluncur pada GIIAS 2021. Keduanya, yakni Eclipse Cross varian Exceed dan Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition.
Khusus Eclipse Cross varian Exceed, mobil ini juga sudah terdaftar pada Permendagri Nomor 40 Tahun 2021. Sementara untuk Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition, masih bersifat perkiraan.
Sebab, selama ini Mitsubishi memang terbilang rajin dalam meluncurkan edisi khusus dan terbatas dari Pajero Sport yang hadir dalam balutan Rockford Fosgate Black Edition.

Honda

Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021 (75323)
zoom-in-whitePerbesar
Honda HR-V Terbaru. Foto: dok. Carscoops
Selanjutnya ada Honda yang juga diperkirakan akan banyak memperkenalkan mobil barunya. Berdasarkan prediksi kumparan, setidaknya ada 4 mobil baru Honda yang berpeluang besar meluncur pada GIIAS 2021.
ADVERTISEMENT
Keempat mobil baru itu, yakni Mobilio, HR-V, Civic sedan, dan City sedan. Pada Honda Mobilio, mobil ini memang sudah cukup lama tak mendapatkan penyegaran atau penggantian generasi.
Apalagi pada September 2021 lalu, wholesales dari mobil ini juga hanya 1 unit. Jadi, bukan tidak mungkin, ini merupakan sinyal dari kehadiran generasi terbarunya.
Lalu untuk Honda HR-V, dugaan peluncurannya dikarenakan nama mobil ini juga sudah terdaftar pada data NJKB DKI Jakarta. Sementara untuk Civic dan City sedan, keduanya sempat tertangkap kamera sedang melakukan syuting iklan dan lalu lalang uji jalan di lalu lintas Jabodetabek.

Suzuki

Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021 (75324)
zoom-in-whitePerbesar
Suzuki S-Presso Foto: dok. Maruti Suzuki
Masih dari merek Jepang, ada Suzuki yang juga berpeluang besar meluncurkan mobil barunya atau edisi khusus. Khusus mobil baru, merek berlogo S ini berpeluang meluncurkan Suzuki S-Presso.
ADVERTISEMENT
Apalagi nama mobil mungil bergaya SUV itu, juga sudah terdaftar dalam hak paten Kemenkumham.
Sementara untuk edisi khusus, nama Suzuki Ertiga jadi yang berpeluang besar mendapatkan perlakuan ini. Mengingat mobil ini sudah lama tidak mendapatkan ubahan minor maupun major.

Nissan

Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021 (75325)
zoom-in-whitePerbesar
Nissan Note e-Power. Foto: dok. Nissan
Beranjak ke merek Jepang lainnya, Nissan, dinilai berpeluang meluncurkan 1 lagi mobil hybrid berteknologi e-Power, yakni Nissan Note e-Power.
Besarnya peluang debut Note e-Power pada GIIAS 2021, dikarenakan sebelumnya pabrikan sudah memastikan masih akan meluncurkan mobil elektrifikasi lainnya, tak terkecuali bertenaga e-Power.
Selain Note e-Power, Nissan juga berpeluang meluncurkan Terra atau X-Trail terbaru. Khusus Nissan Terra, SUV ladder frame ini sebelumnya juga sudah debut terlebih dahulu di Thailand beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedangkan untuk X-Trail terbaru, mobil ini bahkan sudah debut secara global sejak 2020.

Lexus

Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021 (75326)
zoom-in-whitePerbesar
Eksterior Lexus LX 600. Foto: dok. Lexus
Lanjut ke merek selanjutnya, ada Lexus yang juga berpotensi meluncurkan LX generasi terbaru. Sama seperti beberapa calon mobil baru lainnya.
Nama Lexus LX juga terpantau sudah terdaftar dalam Permendagri Nomor 40 Tahun 2021. Pada data tersebut, terlihat Lexus LX akan hadir dalam 3 pilihan varian, yakni LX 600, LX 600 F-Sport, dan LX 600 VIP.

Isuzu

Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021 (75327)
zoom-in-whitePerbesar
Isuzu MU-X Terbaru. Foto: dok. Paultan
Jenama asal Jepang terakhir yang juga punya potensi meluncurkan mobil barunya, yakni Isuzu. Merek yang terkenal dengan mesin dieselnya ini, diduga kuat bakal memperkenalkan MU-X terbaru.
Kuatnya dugaan peluncuran MU-X terbaru juga dikarenakan nama MU-X sudah terdaftar pada Permendagri Nomor 40 Tahun 2021. Tak hanya itu, beberapa waktu lalu Isuzu MU-X terbaru yang terbungkus stiker kamuflase tertangkap kamera sedang uji jalan di Indonesia.
ADVERTISEMENT

Hyundai

Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021 (75328)
zoom-in-whitePerbesar
Hyundai Stargazer tertangkap jalani uji jalan di Bandung Foto: Akhdan Qolbi
Selanjutnya kita beralih ke jenama asal Korea Selatan, Hyundai. Merek berlogo H miring ini berpeluang meluncurkan SUV kompak terbarunya, Hyundai Creta.
Isu kehadiran Hyundai Creta sendiri sebenarnya telah berembus sejak lama, tepatnya 2019. Kini memasuki 2021 isu itu semakin menguat dengan beredarnya beberapa foto yang menampilkan Hyundai Creta yang dibungkus stiker kamuflase sedang uji jalan di Indonesia.
Selain Creta, Hyundai juga berpeluang meluncurkan calon mobil Low MPV, Stargazer. Terbukanya peluang peluncuran Stargazer, dikarenakan mobil ini sudah sering tertangkap kamera sedang uji jalan di Indonesia.

Kia

Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021 (75329)
zoom-in-whitePerbesar
Wujud Kia Carnival terbaru. Foto: dok. Carscoops
Bergeser ke rekan senegaranya, terdapat Kia yang juga berpotensi meluncurkan Kia Carnival terbaru.
Besarnya peluang kehadiran MPV bongsor ini, dikarenakan Carnival sudah terdaftar pada data Permendagri Nomor 40 2021. Serta mobil ini juga sempat tertangkap kamera sudah berada di Indonesia.
ADVERTISEMENT

Wuling

Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021 (75330)
zoom-in-whitePerbesar
Mobil Listrik Wuling E100 dan Mini EV. Foto: dok. WulingMotors
Tak mau ketinggalan dengan jenama asal Jepang dan Korea Selatan, merek mobil asal China, Wuling, juga berpeluang besar memperkenalkan mobil listriknya, MINI EV.
Isyarat kehadiran Wuling MINI EV pada GIIAS 2021, berawal dari beredarnya foto mobil tersebut sedang dibongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok.
Selain itu, beberapa waktu lalu juga muncul akun Instagram @wulingev.id yang seolah memberikan isyarat terkait rencana kehadiran mobil listrik mungil itu.

DFSK

Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021 (75331)
zoom-in-whitePerbesar
DFSK Glory E3 di GIIAS 2019 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Merek asal China lainnya, DFSK, juga diyakini akan meluncurkan mobil barunya pada GIIAS 2021. Ini didasari oleh pernyataan Managing Director DFSK Indonesia, Franz Wang yang menyebutkan akan meluncurkan mobil barunya pada GIIAS 2021.
“Tahun ini (2021) apakah kami akan meluncurkan mobil baru lagi untuk konsumen? Kita lihat saja nanti di GIIAS 2021,” ucap Franz kala itu.
ADVERTISEMENT
Menyoal jenis mobilnya, ada 2 mobil yang berpeluang besar diluncurkan DFSK pada GIIAS 2021. Pertama ada mobil listrik DFSK Glory E3 dan ada DFSK Glory 580 facelift.
Untuk DFSK Glory E3, mobil ini sebelumnya juga sudah pernah dipamerkan pada GIIAS 2019.

MG (Morris Garage)

Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021 (75332)
zoom-in-whitePerbesar
Mobil Listrik MG ZS EV. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Morris Garage atau MG Motor Indonesia juga punya potensi untuk meluncurkan mobil terbarunya pada GIIAS 2021.
Ada 2 mobil yang bisa saja diluncurkan MG pada pameran tersebut, yakni MG ZS EV dan MG 3. Khusus MG ZS EV, mobil ini memang punya potensi besar debut pada GIIAS 2021.
Sebab, mobil listrik itu sudah terdaftar pada Permendagri 40 2021, serta sebelumnya juga sudah tampil terlebih dahulu pada IIMS 2021.
ADVERTISEMENT

Volkswagen

Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021 (75333)
zoom-in-whitePerbesar
Volkswagen T-Cross versi Eropa. Foto: Dok. Istimewa
Dari merek Eropa, Volkswagen jadi salah satu merek yang berpotensi meluncurkan SUV kompak terbarunya, Vw T-Cross.
Peluang hadirnya Vw T-Cross ini dikarenakan namanya yang sudah tercantum pada Permendagri Nomor 40 2021. Tak hanya itu, faktor mulai ramainya segmen SUV kompak, juga bisa jadi faktor pendukung lainnya.

BMW dan MINI

Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021 (75334)
zoom-in-whitePerbesar
Mini 60 Years Edition. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Terakhir ada BMW dan MINI yang berpeluang besar meluncurkan mobil-mobil edisi khusus dan terbatas. Ya, kedua jenama asal Jerman ini, memang terbilang rajin meluncurkan mobil-mobil edisi khusus dan terbatas pada pameran otomotif, seperti GIIAS atau IIMS.
Seluruh daftar mobil yang disajikan di atas, tentu masih bersifat prediksi. Artinya bisa saja benar meluncur pada GIIAS 2021 atau tidak.
***