kumparan
search-gray
Otomotif15 Januari 2020 8:01

Deretan Motor Honda yang Telah Disuntik Mati Sejak 2018

Konten Redaksi kumparan
Honda Vario 110
Honda Vario 110 Foto: dok. AHM
Honda Vario 110 menambah catatan panjang deretan sepeda motor yang akhirnya disuntik mati Astra Honda Motor (AHM). Vario 110, jadi model kelima AHM yang dihentikan produksi dan penjualannya dalam 2 tahun terakhir.
ADVERTISEMENT
"Kami ke depan memang akan fokus pada pemasaran Vario 125 dan 150," jelas Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya saat berbincang dengan kumparan, Selasa (14/1).
Honda Vario 110 eSP
Honda Vario 110 eSP Foto: dok. AHM
Sebelumnya dalam kurun waktu tersebut, setidaknya ada empat model beremblem sayap mengepak yang dihentikan produksinya. Pabrikan beralasan, performa jualannya yang tidak lagi menunjukkan tajinya.
Penyebab utamanya karena pergeseran selera konsumen, yang kini lebih condong menyukai motor matik berbadan bongsor ketimbang motor sport naked 150 cc.
Berikut ini daftar motor yang dihentikan produksinya oleh AHM sejak 2018.
Otomotif, Honda Supra X 125 helm in, sepeda motor,
Honda Supra X 125 Helm In sudah tak lagi dipasarkan Honda Indonesia. Foto: Istimewa
Honda Blade, Supra X Helm-in, dan MegaPro
Mengawali 2019, tepatnya bulan Februari, AHM secara mengejutkan menyudahi eksistensi Blade, Supra X Helm-in dan MegaPro. Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya mengakui, seiring perubahan tren, permintaan ketiga model tersebut makin berkurang.
ADVERTISEMENT
Khususnya Honda Blade yang cuma terdistribusi seribuan unit sepanjang 2018. Sementara MegaPro bisa mengamankan 200 unit terjual tiap bulannya selama periode yang sama.
Honda Blade
Honda Blade Foto: dok. AHM
Kendati begitu Blade lebih baik sedikit terjual seribuan unit per bulan, dengan kontribusi 10 persen dari penjualan Honda Supra series.
Akhirnya di segmen motor bebek, AHM mengandalkan Revo X dan Supra X 125, sedangkan sport naked berkutat pada CB150R dan CB150 Verza.
Honda MegaPro
Honda MegaPro Foto: dok. AHM
Honda Spacy
Tak cuma model bebek manual dan sport, setahun sebelumnya berdasarkan catatan kumparan, AHM juga sudah berhenti meniagakan Spacy.
Pada April 2018, motor matik 110 cc dengan bagasi luas itu terpaksa disetop penjualannya. Adapun pabriknya tidak lagi memproduksi Spacy setelah Januari 2018.
Honda Spacy
Honda Spacy Foto: Dok. AHM
Lagi-lagi Thomas menjelaskan karena pergeseran tren yang lebih menyukai motor berbadan bongsor. Akibatnya, penjualan Spacy makin terpuruk. Tahun 2016 terdistribusi 6.170 unit dan 2017 terkoreksi menjadi 5.042 unit.
ADVERTISEMENT
"Kami melihat bahwa trennya lebih ke arah eksklusif model sporty, model advance, dan ke arah seperti big skuter. Jadi ya kami melihat produk ini didiskonitu," jelas Thomas.
Selebihnya anggota keluarga matik 110 cc Honda dilengkapi dengan Genio, BeAT, dan Scoopy.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white