Otomotif
·
23 Juni 2021 13:51
·
waktu baca 2 menit

Diler Honda Tak Dikirim BR-V Lagi, Sinyal Kuat Honda N7X Segera Meluncur!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Diler Honda Tak Dikirim BR-V Lagi, Sinyal Kuat Honda N7X Segera Meluncur! (873839)
searchPerbesar
Honda BR-V E CVT. Foto: Bagas Putra Riyadhana
Sejumlah diler Honda mengatakan sudah tak lagi menerima pengiriman unit Honda BR-V dari pusat sejak beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Tenaga penjual Honda yang kumparan hubungi mengatakan ketersedian unit Honda BR-V sudah habis. Ini bisa saja jadi pertanda jika Honda bakal menggantinya dengan N7X yang pada awal Mei lalu diperkenalkan sebagai mobil konsep.
"Untuk Honda BR-V kita sudah enggak terima unit lagi, informasinya akan diskontinu dan digantikan N7X. Bulan 8 atau 9 nanti sudah enggak keluar lagi BR-V," kata tenaga penjual Honda di Jakarta, Selasa (22/6).
Sebenarnya, kata dia, bulan Juni lalu diler tempat ia bekerja masih menerima unit BR-V namun tidak dalam jumlah banyak.
"Sudah enggak ada sekarang kita (unit BR-V), kalau bulan lalu masih ada tapi kita enggak dapat banyak, itu juga langsung terpesan," imbuhnya.
Diler Honda Tak Dikirim BR-V Lagi, Sinyal Kuat Honda N7X Segera Meluncur! (873840)
searchPerbesar
Mobil konsep Honda N7X. Foto: dok. Honda Prospect Motor
Sinyal kuat jika Honda N7X yang akan menggantikan BR-V juga terendus dari informasi di situs resmi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat Polda Metro Jaya yang mengungkap kode baru 'BR-V DG3'.
ADVERTISEMENT
Di situ tercantum lima tipe BR-V DG3 yang mengindikasikan jika nanti terdapat varian manual, CVT, serta Prestige sebagai tipe tertinggi. Di rangkaian kode juga diinformasikan angka 15 yang kemungkinan akan menggunakan mesin 1.500 cc.
Yang menarik adalah penggunaan kode DG3, sebagai informasi Honda BR-V yang saat ini masih tertera di laman resmi Honda Prospect Motor (HPM) menggunakan kode DG1.
Diler Honda Tak Dikirim BR-V Lagi, Sinyal Kuat Honda N7X Segera Meluncur! (873841)
searchPerbesar
Honda N7X Concept Foto: Dok. Istimewa
Bisa disimpulkan kode DG3 yang ada di situs NJKB Samsat bukanlah produk yang sekarang, dan ini punya indikasi kuat sebagai generasi baru dari Honda BR-V, yang besar kemungkinan berbasis atau menggunakan DNA Honda N7X.
"Di Samsat Honda N7X itu sudah ada dan sudah registrasi. Informasi dari atas, rencananya akan dijual resmi nanti di GIIAS," ucap tenaga penjual.
ADVERTISEMENT

Respons HPM

Diler Honda Tak Dikirim BR-V Lagi, Sinyal Kuat Honda N7X Segera Meluncur! (873842)
searchPerbesar
Honda BR-V di IIMS Hybrid 2021. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Sementara itu Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy merespons soal sedikitnya suplai BR-V ke diler. Menurut dia, hal itu dikarenakan permintaan yang cukup banyak dari konsumen imbas relaksasi PPnBM.
"Inden (BR-V) memang terjadi sejak adanya relaksasi PPnBm di beberapa model dan daerah. Karena antusias konsumen dalam memiliki kendaraan tinggi. Dan kami sedang melakukan produksi semaksimal mungkin dengan mengikuti prokes ketat dan ketersediaan part," jelas Billy saat dihubungi, Rabu (23/6).
Diler Honda Tak Dikirim BR-V Lagi, Sinyal Kuat Honda N7X Segera Meluncur! (873843)
searchPerbesar
Mobil konsep Honda pertama di Dunia meluncur di Indonesia, Senin (3/5). Foto: dok. Honda
Terkait Honda N7X yang akan menggantikan BR-V, Billy lagi-lagi enggan memberikan informasi lebih detail. Masih sama seperti sebelumnya, jika mereka akan memberikan kejutan di GIIAS 2021 nanti.
"Kalau kelanjutan N7X, sesuai dengan konferesi pers sebelumnya , kami janji akan memberikan excitement dan kejutan baru di GIIAS mendatang," pungkasnya.
ADVERTISEMENT