Otomotif
·
24 November 2020 12:42

Dunia Balap Berduka, Kenang Helmy Sungkar dan Kiprahnya di Motorsport Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Dunia Balap Berduka, Kenang Helmy Sungkar dan Kiprahnya di Motorsport Indonesia (673747)
searchPerbesar
Helmy Sungkar dengan Porsche 356 milik Rifat Sungkar. Foto: dok. Rifat Sungkar
Dunia motorsport Indonesia kini tengah berduka. Salah satu tokoh penting dalam tonggak sejarah motorsport di Indonesia, Helmy Sungkar telah berpulang.
ADVERTISEMENT
Helmy Sungkar yang juga ayah dari dua pereli nasional Rifat Sungkar dan Rizal Sungkar itu, mengembuskan napas terakhirnya di usia 68 tahun pada hari ini (24/11) tepat jam 6.10 pagi tadi.
Beliau memang sudah mengalami penurunan kesehatan, akibat sakit yang dideritanya sejak beberapa tahun silam.

Tokoh otomotif dan dunia balap Tanah Air

Sebagai tokoh yang sangat aktif dan memiliki peranan sangat penting di dunia balap Tanah Air, kepergian Helmy Sungkar pun menjadi duka bagi para tokoh otomotif lainnya. Tak terkecuali bagi Jeffrey JP, yang kini menjabat sebagai Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat.
Kepada kumparan Jeffrey menceritakan, bagaimana pentingnya sosok Helmy Sungkar bagi dunia otomotif Indonesia. Berkat tangan dingin Helmy Sungkar lah, berbagai kejuaraan balap mobil dan motor di Tanah Air pun bisa sukses terlaksana.
ADVERTISEMENT
Beliau itu tokoh otomotif yang paling besar lah memberikan kontribusi bagi dunia balap Indonesia. Beliau punya passion dan dedikasi yang luar biasa untuk memajukan dunia otomotif, semua jenis olahraga balap apa pun pernah dia buat itu, dan selalu sukses semua, pasti meriah," kenang Jeffrey saat dihubungi kumparan, Selasa (24/11).
Adapun, kata Jeffrey, beberapa balapan yang pernah dihelat oleh Helmy Sungkar dan meraih kesuksesan yang luar biasa, antara lain balapan di Sirkuit Ancol pada era 70an hingga 80an, balapan reli di Medan, balapan slalom, hingga balapan motorcross.
Dunia Balap Berduka, Kenang Helmy Sungkar dan Kiprahnya di Motorsport Indonesia (673748)
searchPerbesar
Helmy Sungkar bersama dengan Rifat Sungkar. Foto: dok. Rifat Sungkar
Secara pribadi, kata Jeffrey, Helmy Sungkar adalah tokoh yang ringan tangan dan humble. Tak heran bila beliau memiliki pergaulan otomotif yang sangat luas. Mulai dari tokoh otomotif era 70an, 80an, 90an, hingga 2000an.
"Enggak cuma sama pebalap, mekanik atau tokoh otomotif penting saja yang beliau kenal, sampe sama petugas kebersihan atau satpam juga beliau kenal dekat. Memang orangnya sangat ramah sekali, saya rasa dunia motorsport Indonesia pasti sangat kehilangan ya sosok beliau dan tentunya juga harus berterima kasih atas jasa-jasa beliau," jelas Jeffrey.
Dunia Balap Berduka, Kenang Helmy Sungkar dan Kiprahnya di Motorsport Indonesia (673749)
searchPerbesar
Helmy Sungkar bersama Rizal Sungkar. Foto: dok. Rizal Sungkar
Tak hanya Jeffrey, mantan pebalap gokart, Stanley Iriawan pun menceritakan berbagai pengalamannya selama aktif di dunia balap dan mengikut berbagai ajang balapan yang dihelat Helmy Sungkar.
ADVERTISEMENT
Dirinya mengaku sangat berkesan dan antusias setiap hendak mengikuti kejuaraan balap yang dibuat oleh Helmy Sungkar.
"Acara-acara gokart yang dibuat beliau itu agak berbeda ya dari penyelenggara lainnya. Karena beliau itu selalu sukses menambah kesan kejuaraan, misal ada undian atau hadiah untuk penonton, acara musik, dan lainnya, jadi balapan itu terasa lebih ramai dan meriah, kami pun yang balapan jadi semangat dan antusias," cerita Stanley kepada kumparan, Selasa (24/11).
Dirinya pun mengaku sangat respek dan kagum atas dedikasi Helmy Sungkar terhadap dunia balap Tanah Air. Sebab, beliau terbilang sukses dalam memasyaratkan dunia balap di Indonesia.

Dari pebalap jadi promotor balap

Helmy Sungkar mengawali kiprahnya di dunia balap Indonesia pada era 1970an. Kala itu, dirinya sangat aktif menggeluti dunia balap reli Indonesia.
ADVERTISEMENT
Tak hanya dirinya saja, sang istri, Kamaria Ekawanti atau yang lebih sering dikenal Ria Sungkar juga ikut aktif di dunia balap reli. Bahkan, pertemuan keduanya juga berawal dari lintasan balap reli.
Dunia Balap Berduka, Kenang Helmy Sungkar dan Kiprahnya di Motorsport Indonesia (673750)
searchPerbesar
Rifat Sungkar bersama Rizal Sungkar dan sang ibu Ria Sungkar. Foto: dok. Rifat Sungkar
Selepas tak lagi aktif sebagi pereli, Helmy Sungkar pun banting setir menjadi seorang promotor balap. Melalui Trendypromo Mandira, dirinya terus aktif menggelar balapan mobil dan motor di Indonesia.
Seluruh balapan yang dirinya gelar pun sukses menyedot perhatian peserta, penonton hingga sponsor. Ya, tak heran bila pada medio 1980an hingga 1990an, dunia balap Tanah Air pun sedang ramai-ramainya.
Sebagai seorang ayah, Helmy pun terbilang sukses dalam mendidik anak-anaknya untuk jadi pereli hebat. Dua dari 3 anaknya, yakni Rifat Sungkar dan Rizal Sungkar pun berhasil jadi pereli nasional yang kaya akan prestasi.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya prestasi di dalam negeri saja, namun juga luar negeri. Bahkan, kini darah balap yang dimiliki oleh Helmy Sungkar pun telah menurun ke generasi ketiganya, yakni ke El Mayka Sungkar yang merupakan putra dari Rifat Sungkar dan Zavier Sungkar, putra dari Rizal Sungkar.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)