Fastron Enduro Street Race Polda Metro Jaya

Fastron Enduro Street Race Dorong Pertumbuhan Industri Motorsport Indonesia

23 April 2022 11:53
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Fastron Enduro Street Race Dorong Pertumbuhan Industri Motorsport Indonesia  (39141)
zoom-in-whitePerbesar
Peserta memacu sepeda motornya dalam ajang Street Race Polda Metro Jaya di kawasan BSD Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (22/4/2022). Foto: Dok. Pertamina Fastron Enduro
ADVERTISEMENT
Pertamina Fastron Enduro resmi menjadi sponsor utama balapan Street Race Polda Metro Jaya yang digelar di kawasan BSD pada Jumat (22/4) hingga Minggu (23/4).
ADVERTISEMENT
Ini merupakan gelaran street race kedua yang digagas Polda Metro Jaya, setelah sebelumnya digelar di kawasan Ancol pada Maret 2022. Pada Street Race kali ini, peserta yang ikut serta mengalami lonjakan signifikan.
"Jadi total pesertanya itu Jumat ada 300 motor, Sabtu ada 300 motor, habis itu di hari Minggu ada mobil sekitar 50an terus sama sisanya ada motor sedikit. Jadi ya sekitar 675 sampai 700 peserta," jelas Wakil Ketua IMI Mobility, Rifat Sungkar, saat ditemui di acara Fastron Enduro Street Race Polda Metro Jaya, Jumat (22/4).
Sesuai dengan tujuan utama
Tingginya peserta Fastron Enduro Street Race Polda Metro Jaya di kawasan BSD disambut positif Presiden Direktur PT Pertamina Lubricants (PTPL), Werry Prayogi.
Fastron Enduro Street Race Dorong Pertumbuhan Industri Motorsport Indonesia  (39142)
zoom-in-whitePerbesar
Peresmian ajang Street Race Polda Metro Jaya di kawasan BSD Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (22/4/2022). Foto: Dok. Pertamina Fastron Enduro
Werry mengatakan tingginya antusiasme masyarakat yang mengikuti Fastron Enduro Street Race itu sudah sesuai dengan target yang diharapkan, yakni menjadi wadah bagi masyarakat yang memiliki hobi balap namun selama ini tak diberikan fasilitas yang legal dan aman.
ADVERTISEMENT
"Ini kan sebenarnya niat baik dari Kepolisian ya untuk mengubah suatu kondisi yang biasanya mengganggu menjadi beban tugas mereka dikonversikan menjadi sebuah kegiatan yang positif. Dan kami melihat dari mayoritas peserta yang ikut ini memang merupakan mereka-mereka ini yang biasa ada di jalan raya kebut-kebutan mengganggu fasilitas umum, sekarang mereka bisa bebas menyalurkan hobi mereka di tempat yang aman," kata Werry saat ditemui kumparanOTO di acara Fastron Enduro Street Race Polda Metro Jaya, Jumat (22/4).

Bangkitkan industri motorsport serta pedagang kecil

Lebih lanjut, Werry mengungkapkan alasan pihaknya mendukung penuh gelaran street race Polda Metro Jaya ini dikarenakan banyak hal positif yang bisa dihasilkan dari gelaran tersebut.
Tidak sekadar mewadahi para pebalap liar, namun juga bisa membangkitkan industri motorsport serta memberikan ruang bagi para pedagang kecil dan UMKM untuk menjadi bagian dari acara tersebut.
ADVERTISEMENT
"Kami sebagai perusahaan oli milik Negara, tentu ada kewajiban moral bagi kami untuk membantu dan mendorong kegiatan-kegiatan seperti ini ya. Apalagi event seperti ini kan tidak hanya melibatkan para peserta itu saja, ada pedagang-pedagang sekitar yang juga mungkin secara tidak langsung jadi terbantu dengan keramaian ini. Ini kan juga bisa jadi industri baru di bidang motorsport," terang Werry.

Role model

Werry pun berharap kegiatan seperti Fastron Enduro Street Race ini bisa menjadi role model yang mengubah hal negatif menjadi sebuah kegiatan positif yang menguntungkan banyak pihak.
"Ini yang ke depannya mungkin bisa jadi role model, bagaimana kita memanfaatkan suatu hal-hal yang awalnya negatif menjadi suatu hal yang produktif. Semoga saja ini bisa menjadi contoh juga di kota-kota lain," beber Werry.
Fastron Enduro Street Race Dorong Pertumbuhan Industri Motorsport Indonesia  (39143)
zoom-in-whitePerbesar
Peserta memacu sepeda motornya dalam ajang Street Race Polda Metro Jaya di kawasan BSD Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (22/4/2022). Foto: Dok. Pertamina Fastron Enduro
Bahkan, Werry juga tak menutup peluang untuk terus mensponsori Street Race Polda Metro Jaya selama hal itu memberikan banyak manfaat bagi Pertamina dan seluruh masyarakat yang terlibat.
ADVERTISEMENT
"Ini kan kami baru pertama, tentu nanti setelah ini kami akan review hasil penyelenggaraan ini seperti apa. Seberapa besar dampak positifnya buat masyarakat, kalau memang banyak manfaat buat masyarakat kenapa tidak," tutup Werry.
Konten seputar program menarik Pertamina Lubricants, termasuk Enduro Fastron Streetrace, program berbagi, tips mudik hingga aktivitas Lesehan Enduro dan Pertamina Siaga Fastron yang #BangkitkanHarapan
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten