Otomotif
·
22 Mei 2021 17:05

Gampang, Servis dan Cari Onderdil Rantis Maung Sipil Bisa di Toyota dan Isuzu!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gampang, Servis dan Cari Onderdil Rantis Maung Sipil Bisa di Toyota dan Isuzu! (1040356)
searchPerbesar
Rantis Maung, kendaraan militer buatan PT Pindad. Foto: Pindad
Rantis Maung versi sipil sudah bisa dipesan, unitnya akan dikirim ke garasi konsumen secara bertahap pada Juni 2021. Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose mengatakan, sudah hampir 100 kendaraan terpesan dan akan terus bertambah.
ADVERTISEMENT
"Sudah kita mulai dan sekarang mengantongi hampir 100 pesanan Maung sipil. Pesanan terus berjalan, kita ada bagian penjualan, order ke situ dan kemudian masuk list pendaftaran," kata Abraham kepada kumparan, Kamis (20/5).
Mobil bergaya Humvee tersebut dihadirkan dalam 3 opsi mesin. Namun untuk tahap pertama akan menggunakan kepunyaan Toyota Hilux dan Isuzu D-Max. Sementara untuk opsi mesin terakhir yakni Ford Ranger belum terealisasi.

Servis dan onderdil gampang

Abraham juga memastikan, bagi pemilik Rantis Maung versi sipil semua kegiatan purna jual bisa dilakukan di bengkel resmi Toyota dan Isuzu. Pemilik hanya menyesuaikan dengan opsi mesin yang dipilih.
"Kita ikut standar yang sudah ada baik Hilux maupun D-Max. Karena yang ini versi sipil, dia bebas masuk ke service centre terkait dengan Hilux dan D-Max, bisa ke Toyota dan Isuzu nanti," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, kata Abraham, PT Pindad sudah berkoordinasi dengan Toyota dan Isuzu terkait hal servis dan pembelian onderdil. Artinya perawatannya tak sulit dan gampang, karena basisnya adalah model mobil yang populer di Indonesia.
"Memang sudah ada pembicaraan awal dengan Toyota dan Isuzu, meski memang belum membuat secara formal agreement itu. Base mesinnya sama dan ketika membeli versi sipil itu sama saja dengan kendaraan umum ," jelasnya.

Harga mulai Rp 687 juta

Gampang, Servis dan Cari Onderdil Rantis Maung Sipil Bisa di Toyota dan Isuzu! (1040357)
searchPerbesar
Rantis Maung, kendaraan militer buatan PT Pindad. Foto: Pindad
Bicara harganya, Abraham mengatakan untuk Maung sipil standar dijual dengan banderol Rp 687 juta. Sementara jika konsumen meminta adanya kustomisasi harganya terkerek Rp 700 jutaan.
"Di Juni nanti ada beberapa unit yang keluar dan bisa diserahkan, dan ini untuk mereka yang pesan duluan," ungkap dia.
ADVERTISEMENT
Nah bicara spesifikasi, jika memilih opsi mesin Toyota Hilux artinya ia memiliki kubikasi mesin 2.400 cc turbo diesel 16 katup DOHC. Mesin berkode 2GD-FTV itu mampu menyemburkan tenaga 149 dk dan torsi sampai 400 Nm. Output mesin itu disalurkan langsung ke empat rodanya alias berpenggerak 4WD.
Gampang, Servis dan Cari Onderdil Rantis Maung Sipil Bisa di Toyota dan Isuzu! (1040358)
searchPerbesar
Kendaraan Rantis 4X4 'Maung' buatan PT. Pindad. Foto: Instagram/@alutsista.indonesia
Dan jika Anda lebih tertarik memilih Isuzu, maka di balik kapnya bersemayam mesin 4JK1-TC 2.500cc turbo diesel dengan Variable Geometry System (VGS) intercooler. Mesin itu serupa dengan MU-X, yang sanggup memproduksi tenaga 134 tk (136 PS) dengan torsi 320 Nm.
Perbedaan paling mendasar antara Maung militer dan sipil adalah absennya perangkat penunjang perang. Versi sipil tak dibekali dengan bracket senjata, beberapa rollbar, perangkat GPS navigasi, tracker kendaraan, dan perlengkapan tempur lainnya.
ADVERTISEMENT