kumparan
7 Desember 2018 16:05

Ganti Piringan Cakram Bikin Rem Motor Makin Pakem?

Rem cakram racing look (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Ada banyak cara untuk membuat kerja pengereman sepeda motor lebih pakem. Biasanya pemilik motor memodifikasi piranti rem dengan mengganti selang dan kaliper rem serta piringan cakram yang punya diameter yang lebih besar.
ADVERTISEMENT
Hanya saja Juki, penggawa bengkel spesialis motor matik R59 Matic Shop menuturkan, kalau hanya memodifikasi memakai piringan cakram yang lebih besar saja sebenarnya sudah sudah cukup membuat rem pakem.
"Kalau buat harian enggak apa-apa piringan cakram gede tapi selang rem standar, beda sama motor balap mesti pakai part racing semua," buka Juki saat berbincang dengan kumparanOTO.
Modifikasi All New Honda Vario 150 (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Menurutnya, diameter piringan cakram yang lebih lebar membuat bidang gesekan kampas rem lebih luas, sehingga mampu menjajikan pengereman yang juga jauh lebih optimal dibanding piringan cakram bawaan pabrikan.
"Kan dia (kampas rem) bidang gigitnya lebih luas, kalau umpama Vario itu cakram bawaan ukurannya 200 mm, pilihannya yang lebih besar itu 220, 260 sama 300 mm, cuma 260 udah cukup sih," tambah pria yang juga bergelut di tim Honda Rekor Ohlins Irc Oei ini.
Fitur all new Honda Vario (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Hanya saja jangan kaget sesaat setelah memasang piringan cakram yang lebih lebar ini, karena bisa dibilang belum pakem-pakem amat. Juki bilang ada waktu adaptasi antara kampas rem dengan piringan yang baru.
ADVERTISEMENT
"Sebenarnya mekanismenya sama aja seperti ganti kampas rem, enggak langsung pakem kan dia, karena ngeratain dulu kampas sama si piringan, istilahnya adaptasi dulu si kampas dari piringan lama ke yang baru lah," timpalnya.
Di bengkelnya yang terletak di Ciputat, Tangerang Selatan, Juki menjual cakram aftermarket dari rentang harga Rp 250 sampai 300 ribuan tergantung mereknya. Harga tersebut menariknya sudah termasuk jasa pemasangan.
Untuk menyesuaikan ukuran piringan cakram dengan dudukan yang sudah ada pada garpu suspensi, biasanya ditambahkan bracket agar posisinya presisi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan