kumparan
23 November 2017 18:49

Giliran Daihatsu Lepas All New Terios

Launching Daihatsu All New Terios
Launching Daihatsu All New Terios (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja meluncurkan all new Terios di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis (23/11). Peluncurannya dilakukan setelah saudaranya, all new Toyota Rush meluncur terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Chief Engineer Daihatsu Motor Company Eiji Fujibayashi mengatakan, all new Terios dikembangkan dengan konsep Compact 7-seater SUV, dan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.
Karena dibuat dalam rahim yang sama, all new Terios kini tak lebih menggunakan konde -- ban serep -- di belakang. Menurut Pradipto Sugondo selaku Research & Development (R&D) Executive Officer PT ADM, keputusan ini tak terlepas dari hasil survei yang dilakukan terhadap konsumen Indonesia.
Launching Daihatsu All New Terios
Launching Daihatsu All New Terios (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
"Jadi pada dasarnya ini hanya mengikuti tren dan survei yang kita lakukan dengan konsumen. Banyak konsumen yang menyuarakan tidak ingin adanya konde di all new Terios ini," tutur Pradipto.
Lalu apa saja ubahan yang diusung all new Terios ini? Secara umum revisi yang diterapkan pada mobil ini sama dengan all new Rush.
ADVERTISEMENT
Pada mesin misalnya, dia mengandalkan mesin 2NR-VE 1.500 cc, DOHC, Dual VVT-i (Variable Valve Timming with intelligence). Pun dengan fitur safety-nya, all new Daihatsu Terios memiliki Vehicle Stability Control (VSC) untuk mencegah terjadinya gejala understeer dan oversteer, serta rem Anti-lock Brake System (ABS) dengan Electronic Brake Force Distribution (EBD) dan lampu hazard secara otomatis ketika melakukan pengereman secara mendadak.
Tak ketinggalan, dia juga punya Hill-Start Assist (HSA), yang berfungsi untuk menahan mobil selama beberapa saat ketika menanjak. Fitur ini sangat membantu ketika berkendara stop and go di medan menanjak.
Launching Daihatsu All New Terios
Launching Daihatsu All New Terios (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Daihatsu, turut melengkapi all new Terios dengan fitur keamanan meliputi Immobilizer dan Alarm, serta New Remote Key. Dia juga punya new Start Stop Button untuk mematikan dan menghidupkan mesin tanpa menggunakan anak kunci.
ADVERTISEMENT
All new Terios dilengkapi dengan fitur hiburan berbasis Audio 2 DIN Touch Screen dengan berbagai fitur seperti Around View Monitor, mirroring dan pemutar video.
Pilihan warna
PT ADM menjelaskan, all new Terios dipasarkan dalam enam pilihan warna; Icy White, Midnight Black Metalic, Classic Silver Metalic, Scarlet Red Metalic, Bronze Metalic, dan Purple Metalic.
g68ak01iazefn8ka8p6egswn5gmo8csp5ljvojgpv5xccstexl5cqdmrhfemhcbtjabvww2mic5hnoxhdso1oty61ufg79147db1fo3wbhszay0dyzbhsxkoue1jezin5alabuyz9qdcwricv6tdmchd9vbqsdjg
Sementara dia memiliki dua empat tipe, X, X Deluxe, R, dan R Deluxe yang masing-masing mempunyai pilihan transmisi otomatis dan manual.
Harga
Sama seperti PT Toyota-Astra Motor (TAM), PT ADM belum membocorkan harga all new Daihatsu Terios. Pradipto mengatakan, perbedaan harga all new Terios dengan yang lama berada di kisaran Rp 3-4 juta.
"Doakan saja tidak melenceng, kita baru bisa mengira-ngira," tuturnya Pradipto sambil tertawa kecil.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, all new Daihatsu Terios ini sudah bisa dipesan dan mulai didistribusikan pada awal Januari 2018. Mereka yakin, mobil baru ini bisa terjual sebanyak 2.000 unit per bulan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan