kumparan
17 Juni 2019 18:15

Harga Dua Mobil Nasional Vietnam VinFast, Paling Mahal Rp 865 Juta

Mobil VinFast
Mobil VinFast Foto: vinfastmedia
Pabrikan mobil asal Vietnam, VinFast, akhirnya mulai mendistribusikan dua model pertamanya ke konsumen yang telah melakukan pemesanan.
ADVERTISEMENT
Kedua model tersebut adalah LUX A2.0 yang berwujud sedan, dan LUX SA2.0 untuk model SUV-nya. Baik sedan maupun SUV dari VinFast itu pertama kali dikenalkan dalam gelaran Paris Motor Show yang dihelat pada 2 Oktober 2018 lalu.
Mobil VinFast
Mobil VinFast Foto: vinfastmedia
Seperti diwartakan AFP, pengiriman unit ke konsumen di mulai hari ini (17/6) waktu setempat. "Mobil Vietnam pertama secara resmi akan terlihat mengaspal di jalan-jalan Vietnam," kata Deputy Chairman anda Director General of VinGroup, Nguyen Viet Quanghe.
Tambahnya, tak kurang dari 10 ribu unit pesanan akan dikirimkan secara bertahap. Jumlah itu termasuk pemesanan e-scooter dan bus listrik yang sama-sama diproduksi VinFast di fasilitas produksi di kota pelabuhan Haiphong, Vietnam Utara.
Mobil VInFast
Mobil VInFast Foto: dok. vinfastmedia
Tak cuma memasarkan secara domestik, VinFast nantinya juga akan menjual mobilnya tersebut untuk pasar ASEAN dan belahan benua lain. Bukannya tanpa sebab, pabriknya itu punya kapasitas produksi hingga 250 ribu unit sampai 5 tahun ke depan.
ADVERTISEMENT
"Kami mendorong ekspansi cepat di pasar mobil domestik sehingga kami benar-benar fokus untuk menang di sini (dalam negeri) terlebih dahulu. Kami ingin memperluas baik di dalam ASEAN maupun luar," sebut CEO VinFast Automotive Group, Jim DeLuca.
Mobil-mobil VinFast sejatinya tidak diproduksi sendiri. Baik versi sedan maupun SUV menggendong mesin BMW turbocharged 2.000 cc 4-silinder dengan keluaran tenaga 175 dk atau 227 dk lewat transmisi otomatik 8-percepatan.
Mobil VInFast
Mobil VInFast Foto: dok. vinfastmedia
Bila dilihat dari data spesifikasinya, memang benar yang versi sedan, konfigurasinya mirip, dengan output 174 dk pada 4.500 sampai 6.000 rpm dan torsi maksimum 300 Nm yang dicapai pada 1.750 sampai 4.000 rpm.
Sementara versi SUV, juga sama-sama 2.000 cc dengan daya 228 dk pada 5.000 sampai 6.000 rpm dan torsi puncak 350 Nm di 1.750 sampai 4.500 rpm.
ADVERTISEMENT
Biar tidak begitu mirip, VinFast merombak platform-nya dengan peningkatan aspek keselamatan pejalan kaki dan benturan samping.
Mobil VinFast
Mobil VinFast Foto: vinfastmedia
Sementara bicara banderol, keduanya diklasifikasikan mobil mewah dengan harga 990 juta Vietnam Dong atau setara Rp 605 juta untuk Lux A2.0, dan 1,4 milyar Vietnam Dong atau sekira Rp 865 juta untuk versi Lux SA2.0.
Kendati demikian, VinFast LUX A2.0 dan LUX SA2.0 bukanlah satu-satunya amunisi pabrikan. Dalam waktu dekat, pabrikan berlogo V ini akan meluncurkan VinFast Fadil sebagai model crossover yang nantinya akan mengganggu pasar Mitsubishi Xpander, Honda CR-V, Toyota Fortuner, dan Ford Ranger.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan