kumparan
21 Februari 2019 17:04

Honda Mobilio Meluncur dengan Minim Ubahan, Harga Tetap

Honda mobilio, tipe E, otomotif, mobil baru 2019
Honda Mobilio tipe E terbaru. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Penyegaran menjadi salah satu strategi untuk membuat produk tetap kompetitif, termasuk untuk Honda Mobilio. Maka tak heran, PT Honda Prospect Motor (HPM) menyewa sebuah tempat di mal Kota Kasablanka, Jakarta untuk membuat seremoni.
ADVERTISEMENT
Tak seperti peluncuran mobil baru--baik itu facelift atau major change-- yang biasanya dihadiri oleh petinggi pabrikan, peluncuran Mobilio facelift ini justru membuat sejumlah atau mungkin mayoritas jurnalis yang hadir kecewa.
Marketing & After Sales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy, memilih menghadiri diler meeting ketimbang membuka selubung Mobilio facelift. Apakah ini pertanda Honda pesimistis dengan daya saing Mobilio facelift di tengah gempuran produk baru; new Avanza-Xenia, all new Livina, atau Mitsubishi Xpander yang sukses mengubah peta persaingan di segmen LMPV.
Honda mobilio, tipe RS, otomotif, mobil baru 2019
Headlamp projector dengan LED DRL Honda Mobilio. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Honda bagaimanapun memang perlu penyegaran untuk Mobilio. Data Gaikindo memperlihatkan bahwa mobil yang dulu sempat jadi primadona-- runner up 2014-2015-- itu terlempar ke peringkat 5 dalam daftar LMPV paling laris. Angka penjualannya anjlok 31,21 persen pada tahun 2018.
ADVERTISEMENT
Oke, lupakan acara seremoni peluncuran Mobilio facelift yang kentang dan kini kita bahas saja ubahannya.

Mobilio E

Masuk ke tipe paling laris, yakni Mobilio E. Eksteriornya dipermak sedikit, yakni ada spoiler baru di depan, samping, serta belakang. Headlamp-nya sekarang sudah projector dengan garis lampu LED DRL (begitu juga untuk tipe RS). Sektor kaki-kaki juga didongkrak dan sekarang mengenakan velg 15 inci dual-tone mirip Mobilio RS model terdahulu.
Honda mobilio, tipe E, otomotif, mobil baru 2019
Honda Mobilio tipe E dengan kombinasi warna interior baru. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Di dalam, kita akan menemukan head unitnya 6,2 inci sudah resistive touchscreen yang bisa terkoneksi dengan gawai. Jok juga mendapat sentuhan kombinasi hitam dan ivory.

Mobilio RS

Inilah Mobilio RS, yang menjadi kasta tertinggi. Bodinya mendapat aksen berupa stiker dan mika lampu belakang dengan warna gelap, serta penambahan antena radio model sirip hiu.
ADVERTISEMENT
Di dalam, Mobilio RS ini menggunakan head unit yang sebelumnya telah diaplikasikan pada HR-V: model floating yang seolah tak menempel pada dashboard mobil. Ubahan berikutnya adalah panel instrumen dengan desain baru dan bubuhan logo RS.
Honda mobilio, tipe RS, otomotif, mobil baru 2019
Honda Mobilio tipe RS dengan desain dasbor dan head unit baru.. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Adanya garis dengan kelir oranye, jok dengan warna dasar hitam dengan jahitan oranye harapannya bisa membangun kesan sporty di dalam kabin.
Oiya, Mobilio RS sekarang punya desain velg baru. Karena yang lama dipakai tipe E, kini ia mengunakan velg dual-tone dengan desain bintang.
Sedangkan untuk Mobilio S, yang jadi tipe terendah cuma mendapat revisi sedikit pada grille dengan penambahan garnish dua layer yang mengapit logo di bagian tengah. Lalu head unit-nya sudah 2DIN Audio yang memiliki fitur Bluetooth.
ADVERTISEMENT

Dimensi dan Mesin

Karena cuma ubahan seadanya, dimensi dan mesinnya tentu tak berubah. Mobilio facelift memiliki panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, kemudian tinggi 1.603 mm. Lalu jarak sumbu roda dan ground clearance-nya juga tidak berubah masih 2.650 mm dan 189 mm.
Honda mobilio, otomotif, mobil baru 2019
Kompartemen mesin Honda Mobilio 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Di balik kapnya, bersemayam mesin 1.5L 4-Silinder Segaris, 16 Katup + DBW, yang menjanjikan tenaga sampai 116 dk pada 6.600 rpm. Sedangkan torsinya di angka 145 Nm pada 4.500 rpm, disalurkan ke roda penggerak depan melalui transmisi manual 5-percepatan atau otomatis CVT.

Fitur Keselamatan

Soal keselamatan Mobilio memiliki Dual Front i-SRS Airbag dengan sabuk pengaman tiga titik sebagai fitur standar di semua tipe. Sementara untuk E dan RS mendapat tambahan seatbelt reminder.
ADVERTISEMENT
Sistem pengereman Honda Mobilio telah mengadopsi teknologi Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Braking Distribution (EBD).
Honda mobilio, tipe RS, otomotif, mobil baru 2019
Headlamp projector denga LED DRL Honda Mobilio. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Tak ketinggalan, dia juga punya Vehicle Stability Assist (E dan RS) dan khusus Mobilio RS mendapat Hill Start Assist (HSA).

Fitur Keamanan

Peranti wajib yang umumnya disematkan buat mengamankan mobil termasuk Mobilio, yaitu sistem alarm dan kunci yang sudah immobilizer, buat mencegah dari tindak kejahatan seperti pencurian mobil.
Pintu Mobilio juga bisa terkunci otomatis ketika mobil berjalan, berkat sensor lock by speed yang sudah ditanamkan buat seluruh tipe. Sementara untuk keyless entry, hanya tersedia pada tipe E dan RS saja.

Harga

Menyoal harganya sendiri, Honda masih mau bertahan dengan harga lama, meski beberapa sektor mengalami ubahan. Menariknya, Honda menghapus tipe special edition.
ADVERTISEMENT
Mobilio S M/T Rp 194 juta Mobilio E M/T Rp 214,5 juta Mobilio E CVT Rp 225,5 juta Mobilio RS M/T Rp 237,5 juta Mobilio RS CVT Rp 248 juta
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan