Otomotif
·
3 Mei 2021 19:21

Honda N7X Sasar Segmen Rush dan XL7, Dimensi Lebih Besar dari BR-V

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Honda N7X Sasar Segmen Rush dan XL7, Dimensi Lebih Besar dari BR-V (1139153)
searchPerbesar
Mobil konsep Honda pertama di Dunia meluncur di Indonesia, Senin (3/5). Foto: dok. Honda
Mobil konsep Honda N7X resmi jalani debut globalnya di Indonesia secara virtual, pada Senin (3/5/2021).
ADVERTISEMENT
Hadir dengan bahasa desain sebuah SUV, Honda N7X dikembangkan secara khusus oleh tim R&D Honda Asia Pacific dengan mengacu kebutuhan dan selera pasar Indonesia.
“Kami mempersembahkan untuk Anda sebuah mobil konsep yang dirancang khusus untuk Indonesia, New 7-Seater Excitement. Mobil ini dirancang oleh tim Honda R&D Asia Pacific, sebuah mobil yang akan mendefinisikan ulang mobil di kategorinya,” jelas President Director Honda Prospect Motor, Takehiro Watanabe, dalam peluncuran resminya.
Bila melihat bahasa desain yang diusung Honda N7X, desainnya memang memiliki kemiripan seperti mobil Low SUV Honda saat ini, yakni Honda BR-V. Hal itu terlihat dari lekuk kaca samping pada baris ketiganya serta bagian buritan.

Sasar Segmen Low SUV

Menanggapi kemiripan tersebut, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy, enggan mengamini bila Honda N7X disiapkan untuk menggantikan BR-V. Namun dirinya tak menampik apabila mobil konsep ini nantinya akan menyasar segmen yang sama seperti BR-V, yakni Low SUV.
ADVERTISEMENT
“Saat ini, mobil konsep ini tidak mengacu pada model tertentu. Kemudian apakah ada peluang untuk menjadi Low SUV, sekali lagi bila dilihat dari dimensi, N7X ini memang kelasnya tuh Low SUV ya,” jelas Billy dalam acara konferensi pers peluncuran mobil konsep Honda N7X, pada Senin (3/5/2021).

Lebih Besar dari Honda BR-V dan Mobilio

Meski belum mau menyebut secara pasti menyoal spesifikasi hingga dimensinya, Billy membeberkan jika Honda N7X ini akan memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan Honda BR-V dan Mobilio.
“Pendahulu kami Low MPV dan Low SUV kurang panjang, kurang lebar, dan kurang tinggi, jadi kami refleksikan riset itu sampai terciptalah mobil konsep ini. Jadi bila dibandingkan dengan BR-V atau Mobilio, mobil ini lebih besar, lebih tinggi, lebar dan panjangnya,” beber Billy.
Honda N7X Sasar Segmen Rush dan XL7, Dimensi Lebih Besar dari BR-V (1139154)
searchPerbesar
Mobil konsep Honda pertama di Dunia meluncur di Indonesia, Senin (3/5). Foto: dok. Honda
Sekadar informasi, untuk Honda BR-V saat ini memiliki dimensi panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.666 mm, dan jarak sumbu roda 2.662 mm. Sementara untuk Honda Mobilio, memiliki dimensi panjang 4.398 mm, lebar 1.683 mm, tinggi 1.603 mm, serta jarak sumbu roda 2.650 mm.
ADVERTISEMENT
Bila melihat data dimensi dari BR-V dan Mobilio di atas, itu artinya besar kemungkinan mobil konsep Honda N7X akan memiliki panjang lebih dari 4,4 meter, lebih lebar dari 1,7 meter dan lebih tinggi dari 1,6 meter.
Honda N7X Sasar Segmen Rush dan XL7, Dimensi Lebih Besar dari BR-V (1139155)
searchPerbesar
Honda BR-V E CVT. Foto: Bagas Putra Riyadhana
Dengan demikian, ada kemungkinan mobil konsep ini memiliki dimensi yang mirip seperti medium SUV, Honda CR-V. Sebab untuk Honda CR-V facelift, saat ini memiliki dimensi panjang 4.585 mm, lebar 1.855 mm, tinggi, 1.679 mm, dan jarak sumbu roda 4,584 mm.
Lantas akan seperti apakah dimensi dari mobil konsep Honda N7X ini? Menarik untuk kita nantikan debut versi produksinya di ajang Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS) 2021.
***