Otomotif
·
2 Agustus 2020 16:12

Honda Tetap Kembangkan Mobil Balap, Meski Tak Ada Kompetisi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Honda Tetap Kembangkan Mobil Balap, Meski Tak Ada Kompetisi (117670)
Honda Jazz milik Honda Racing Indonesia. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
PT Honda Prospect Motor (HPM) melalui tim balapnya Honda Racing Indonesia (HRI) memastikan vakum sementara dari ajang balap mobil nasional di 2020.
ADVERTISEMENT
Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy, mengatakan tidak turunnya Honda pada tahun ini tidak terlepas dari situasi pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia dan membuat segala aktivitas keramaian di tempat umum harus dibatasi.
"IMI (Ikatan Motor Indonesia) sebagai induk olahraga bermotor di Indonesia telah memutuskan untuk tidak menggelar kejuaraan balap nasional ITCR tahun ini, karena itu Honda Racing Indonesia sebagai tim yang berlaga di ITCR juga tidak berlaga di ajang balap musim ini," jelas Billy dalam virtual media conference, Rabu (30/7).
Honda Tetap Kembangkan Mobil Balap, Meski Tak Ada Kompetisi (117671)
Honda Jazz milik Honda Racing Indonesia. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Selain menghentikan aktivitas tim balapnya, Honda juga mengkonfirmasi tidak menggelar kompetisi balap Honda Jazz Speed Challenge, Honda Brio Speed Challenge, dan Honda Brio Saturday Night Challenge.
ADVERTISEMENT
"Keputusan ini kami ambil untuk menghindari acara yang mengumpulkan massa dalam jumlah besar yang memang belum sesuai untuk dijalankan di kondisi saat ini," ungkap Billy.
Honda Tetap Kembangkan Mobil Balap, Meski Tak Ada Kompetisi (117672)
Honda Jazz milik Honda Racing Indonesia. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Tetap kembangkan mobil balap Honda Jazz dan Honda Brio

Meski tak turun pada ajang balap tahun ini, Honda Racing Indonesia melalui Racing Director Alvin Bahar, tetap akan melakukan pengembangan terhadap seluruh line up mobil balapnya.
Proses pengembangan itu sendiri, kata Alvin, akan dilakukan dengan 3 cara, yakni latihan di sirkuit secara tertutup, latihan di simulator, serta pengembangan di atas mesin dyno.
Jadi biasanya untuk pengembangan mobil selama pandemi dilakukan dengan latihan di sentul, dalam 1 hari itu bisa minimal 20 sampai 30 lap kita lakukan," jelas Alvin Bahar.
Honda Tetap Kembangkan Mobil Balap, Meski Tak Ada Kompetisi (117673)
Honda Jazz milik Honda Racing Indonesia. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Fokus ke aktivitas digital

Sebagai ganti libur kompetisi balap tersebut, Honda tahun ini akan fokus terhadap berbagai kegiatan yang berkaitan dengan virtual, mulai dari Honda Brio Virtual Modification edisi ketiga hingga Honda Racing Simulator Championship.
Honda Tetap Kembangkan Mobil Balap, Meski Tak Ada Kompetisi (117674)
Balap Virtual yang digagas oleh Honda Prospect Motor. Foto: dok. HPM
Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan secara virtual itu, diharapkan Honda akan tetap memperkuat kedekatan antara pabrikan dengan komunitas dan pecinta Honda di luaran.
ADVERTISEMENT
"Adanya platform digital baru ini, bukan hanya pebalap atau peserta saja yang merasakan, namun kita juga membuka Youtube live dan Facebook live. Sehingga semua orang bisa menonton dan saat ini engagement-nya cukup baik hingga hari ini bisa lebih dari 1000 penonton ya," beber Adhi Parama Sugarda, Communication Strategy Manager PT HPM.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)