Otomotif
·
19 Juli 2021 7:17
·
waktu baca 2 menit

Hyundai Casper, SUV Mungil Calon 'Suzuki Ignis Killer' Meluncur di 2021

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hyundai Casper, SUV Mungil Calon 'Suzuki Ignis Killer' Meluncur di 2021 (83180)
searchPerbesar
Hyundai Casper dibungkus stiker kamuflase. Foto: dok. Gaadiwaadi
Jenama asal Korea Selatan, Hyundai, dikabarkan tengah mempersiapkan satu lagi produk barunya, yang diberi kode AX1. Mobil yang konon akan menyandang nama Hyundai Casper ini diklaim sebagai SUV termungil dari merek Hyundai.
ADVERTISEMENT
Ya, meskipun pabrikan mengeklaim mobil ini sebagai micro SUV, sejatinya mobil ini lebih ideal disebut sebagai hatchback atau bahkan city car. Ini mengingatkan Suzuki Ignis yang juga disebut pabrikannya sebagai Mini SUV.

Calon pembunuh Suzuki Ignis

Produk tersebut secara tak langsung sangat mirip dengan Suzuki Ignis, bisa tampak dari beberapa bagian tubuhnya, ya khususnya pada lekuk bagian belakang dan sampingnya.
Suzuki Ignis harus berhati-hati. Mobil baru Hyundai ini bisa jadi lawan serius, bahkan bisa menjadi pembunuh Suzuki Ignis.
Berbicara tampilan, mobil ini nampaknya menyasar segmen anak muda. Hal ini tercermin dari desainnya yang memadukan unsur sporty dan futuristik.
Sektor depan, Hyundai Casper hadir dengan lekuk bumper dan kap mesin yang mengotak dan sederhana. Desain itu dipadukan dengan bentuk lampu dua tingkat. Uniknya, pada lampu utama yang menyatu dengan grille hadir dengan bentuk lampu membulat yang dilengkapi DRL LED.
Hyundai Casper, SUV Mungil Calon 'Suzuki Ignis Killer' Meluncur di 2021 (83181)
searchPerbesar
Gambar Olah Digital Hyundai Casper. Foto: dok. Autocar India
Desain ini mengingatkan akan model mobil listrik Honda e. Lalu untuk lampu bagian atasnya merupakan lampu DRL LED. Bergeser ke sisi samping, nampak terdapat over fender berbahan plastik hitam yang memiliki bentuk mirip seperti Suzuki Ignis.
ADVERTISEMENT
Lalu untuk bagian belakangnya, besar kemungkinan mobil ini akan hadir dengan desain lampu belakang 2 tingkat. Untuk lampu bagian atasnya hadir dengan desain yang menyerupai milik Hyundai Alcazar, sedangkan untuk lampu bawahnya, hadir dengan bentuk bulat yang sama seperti lampu depan.

Pilihan Mesin

Dibangun di atas platform yang sama seperti Hyundai Grand i10 dan Santro, Hyundai Casper ini diyakini memiliki dimensi panjang 3,5 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 1,5 meter.
Menyoal jantung pacunya, hingga saat ini memang belum ada bocoran informasi pastinya. Namun besar kemungkinan, mobil ini akan mengadopsi mesin milik Grand i10 berkapasitas 1,2 liter atau mesin milik Hyundai Santro berkapasitas 1,1 liter 3 silinder.
Selain dua mesin itu, bisa juga mobil ini hadir dengan mesin bensin 1.0 liter turbocharger milik Hyundai Venue. Apalagi, saat ini sedang tren penggunaan mesin bensin 1.0 liter turbocharger pada SUV mungil.
ADVERTISEMENT
Lalu untuk sistem transmisinya, Hyundai Casper ini kemungkinan besar akan hadir dengan pilihan manual 5 eprcepatan dan Automated Manual Transmission (AMT).
Hyundai Casper, SUV Mungil Calon 'Suzuki Ignis Killer' Meluncur di 2021 (83182)
searchPerbesar
Hyundai Casper dibungkus stiker kamuflase. Foto: dok. Gaadiwaadi

Meluncur Akhir Tahun

Untuk jadwal peluncurannya, Hyundai Casper ini dirumorkan bakal menjalani debut perdananya pada September 2021 mendatang dengan meluncur pertama kali di pasar Korea Selatan dan India.
Sayangnya, belum ada informasi pasti mengenai peluang masuknya Hyundai Casper ini ke pasar Indonesia. Namun apabila mobil ini nantinya masuk ke pasar Indonesia, tentu akan sangat menarik.
Sebab, itu artinya mobil ini akan menjadi penantang bagi beberapa SUV mungil seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Kia Sonet, Nissan Magnite, Renault Kiger atau mobil berjenis city car seperti Suzuki Ignis dan Daihatsu Sirion.
ADVERTISEMENT
***