Otomotif
·
21 September 2020 14:03

Hyundai Tucson Terbaru Meluncur, Punya Wajah Futuristik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hyundai Tucson Terbaru Meluncur, Punya Wajah Futuristik (72084)
Hyundai Tucson 2022. Foto: dok. Motor1
Jenama asal Korea Selatan, Hyundai, akhirnya resmi memperkenalkan generasi terbaru dari medium SUV mereka, yakni Hyundai Tucson.
ADVERTISEMENT
Berbeda dari generasi sebelumnya, Hyundai Tucson terbaru ini hadir dengan wajah yang benar-benar baru dan memiliki bahasa desain yang berbeda dari pendahulunya.
Bila pada Hyundai Tucson sebelumnya hadir dengan desain yang gagah dan sporty, kini Tucson terbaru lebih mengedepankan tampilan yang modern dan futuristik.
Hyundai Tucson Terbaru Meluncur, Punya Wajah Futuristik (72085)
Hyundai Tucson 2022. Foto: dok. Motor1

Eksterior Hyundai Tucson

Melansir dari Motor1, Hyundai Tucson terbaru ini mempunya ciri khas yang sangat unik pada grille dan lampu depannya. Berbeda dari biasanya, grille Hyundai Tucson ini menggunakan teknologi parametric Hidden lights yang telah menyatu dan terhubung dengan lampu utama LED.
Tersemat juga lampu kabut dan lampu sein yang terletak terpisah di bagian bawahnya. Perpaduan desain grille baru dan lampu utama itu, diberi nama oleh Hyundai sebagai Sensuous Sportiness.
Hyundai Tucson Terbaru Meluncur, Punya Wajah Futuristik (72086)
Hyundai Tucson 2022. Foto: dok. Motor1
Berlanjut ke sisi samping, Hyundai Tucson terbaru ini banyak menampilkan sisi lekukan tajam seperti pada fender depan dan belakangnya. Meski memiliki banyak lekukan tajam pada bodinya, tetap saja hal itu terlihat indah dan serasi.
ADVERTISEMENT
Hadir dengan kombinasi dua warna dengan warna hitam pada bagian atap, membuatnya jadi terkesan lebih sporty. Tidak lupa, guna mengingatkan identitasnya sebagai sebuah SUV, Hyundai juga menempatkan aksen plastik pada bagian bibir bumper depan dan belakang, yang menyambung hingga fender dan side skirt.
Hyundai Tucson Terbaru Meluncur, Punya Wajah Futuristik (72087)
Hyundai Tucson 2022. Foto: dok. Motor1
Kesan futuristik yang ditonjolkan pada bagian wajah, rupanya juga berlanjut ke bagian belakang. Pada bagian buritan ini, Tucson tampil dengan lampu model dua bagian yang terpisah di setiap sisinya dan berbentuk layaknya pisau.
Menggunakan jenis lampu full LED, desain lampu terpisah itu terhubung pada bagian atasnya dan menyambung antara lampu sisi kanan dan kiri.
Hyundai Tucson Terbaru Meluncur, Punya Wajah Futuristik (72088)
Hyundai Tucson 2022. Foto: dok. Motor1
Tidak cukup sampai disitu, inovasi lain yang dihadirkan oleh Hyundai pada Tucson terbaru ini, yakni pada wiper belakangnya yang justru terletak bersembunyi di bagian kaca atas. Hal itu membuat bagian kaca Tucson ini menjadi terkesan lebih baik dalam hal estetika.
ADVERTISEMENT
Pada bagian bumper belakangnya, Hyundai Tucson ini menggunakan bumper berbahan plastik yang dilengkapi dengan dua lampu reflektor dan underguard di bagian bawahnya.
Hyundai Tucson Terbaru Meluncur, Punya Wajah Futuristik (72089)
Hyundai Tucson 2022. Foto: dok. Motor1

Interior Hyundai Tucson

Kesan modern dan futuristik dari Hyundai Tucson terbaru ini rupanya juga berlanjut ke bagian dalam.
Pada bagian dasbornya, mobil ini menampilkan desain dasbor yang minimalis dengan tombol pengaturan AC dan layar infotainment berukuran 10,3 inci yang terkesan menyatu di bagian konsol tengah. Pun dengan layar instrumen digitalnya yang hadir dengan bentuk sangat minimalis dan tidak terlalu besar.
Hyundai Tucson Terbaru Meluncur, Punya Wajah Futuristik (72090)
Interior Hyundai Tucson 2022. Foto: dok. Motor1
Dengan desain dasbor dan konsol tengah yang tak terlalu lebar, berdampak pada kesan lapang yang ditampilkan pada kabin Tucson ini.
Berbagai fitur-fitur modern dan canggih juga dihadirkan Hyundai pada mobil ini, seperti alat komunikasi canggih, pemantau kualitas udara pada bagian luar yang dapat meminimalisir potensi debu dan kotoran masuk ke bagian dalam, serta penetralisir debu dan kotoran udara di bagian dalam yang berguna membuat udara di dalam kabin tetap segar dan sejuk.
Hyundai Tucson Terbaru Meluncur, Punya Wajah Futuristik (72091)
Interior Hyundai Tucson 2022. Foto: dok. Motor1

Jantung pacu Hyundai Tucson

Bicara urusan jantung pacu, Hyundai Tucson terbaru ini ditawarkan dalam 3 pilihan mesin, bensin naturally aspirated, bensin hybrid, dan plug-in hybrid.
ADVERTISEMENT
Pada mesin bensin naturally aspiratednya, mengusung spesifikasi empat silinder berkapasitas 2.5 liter yang mampu memuntahkan tenaga 190 dk dan torsi 260 Nm. Tenaga itu disalurkan ke dua roda depan menggunakan sistem transmisi otomatik 8 percepatan.
Hyundai Tucson Terbaru Meluncur, Punya Wajah Futuristik (72092)
Hyundai Tucson 2022. Foto: dok. Motor1
Selanjutnya untuk mesin bensin hybrid, ditawarkan dalam mesin 4 silinder turbocharger berkapasitas 1.6 liter yang dikombinasikan dengan 1 motor listrik dan baterai. Kombinasi itu menghasilkan tenaga 230 dk dan torsi 350 Nm yang didukung oleh sistem transmisi otomatik 6 percepatan.
Berikutnya untuk pilihan mesin plug-in hybrid sayangnya belum dapat diketahui spesifikasi yang diusungnya, pilihan jantung pacu ramah lingkungan ini kabarnya akan dihadirkan menyusul setelah versi bensin dan hybrid, bersamaan dengan varian bertenaga tinggi, yaitu N Line.
ADVERTISEMENT
Tidak cukup sampai disitu, guna menjamin kemampuan dari mobil ini, Hyundai juga menambahkan pilihan modus berkendara pada Tucson terbaru ini. Bila sebelumnya hanya tersedia 4 pilihan, yaitu ECO, Comfort, Smart, dan Sport, kini ditambahkan dengan modus berkendara di lumpur, pasir dan salju.
Hyundai Tucson Terbaru Meluncur, Punya Wajah Futuristik (72093)
Hyundai Tucson 2022. Foto: dok. Motor1

Fitur keselamatan lengkap pada Hyundai Tucson

Berbagai fitur keselamatan canggih juga dibenamkan oleh Hyundai pada Tucson terbaru ini, seperti pencegah tabrakan depan dengan deteksi pejalan kaki, Lane Keeping Assist, Blind Spot Monitoring, dan Hyundai Highway Driving Assist.
Pabrikan berlogo H miring itu dikabarkan akan mulai memasarkan Tucson generasi keempat ini pada semester pertama tahun 2021. Adapun terkait harganya, hingga saat ini Hyundai memang belum membocorkannya.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
ADVERTISEMENT