kumparan
19 Juli 2019 14:00

Inden Suzuki Jimny Hampir 1 Tahun, Hingga Mei 2020

Suzuki Jimny di GIIAS 2019
Suzuki Jimny di GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya meluncurkan mobil ikoniknya, Jimny di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Ini menjadi ‘obat’ bagi para pecintanya yang telah cukup lama menantikan mobil ini dijual.
ADVERTISEMENT
Suzuki sendiri telah memperkenalkan Jimny terbaru ke pasar Indonesia sejak GIIAS 2018 lalu, tapi saat itu Jimny hanya hadir sebagai pajangan dan hanya untuk tes pasar dari pihak SIS. Sejak GIIAS 2018 tersebut, sebenarnya sudah sangat banyak peminat terhadap Suzuki Jimny terbaru.
Peminat tersebut terus meningkat hingga akhirnya SIS meluncurkan Jimny secara resmi pada ajang GIIAS 2019.
Sayangnya, tingginya peminat masyarakat terhadap Jimny, ternyata tidak dibarengi dengan ketersediaan unit yang diterima. Menurut Direktur Pemasaran R4 SIS, Makmur, mengatakan terbatasnya unit Suzuki Jimny tidak terlepas dari jatah kuota impor yang diterima oleh pihaknya.
Suzuki Jimny resmi dipasarkan di GIIAS 2019
Suzuki Jimny di GIIAS 2019 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Pada tahun 2019 ini, pihak SIS hanya mendapatkan jatah Jimny sebanyak 50 unit saja per bulannya. Itupun, ke-50 unit tersebut akan dibagikan untuk seluruh diler Suzuki di Indonesia.
ADVERTISEMENT
“Kebetulan alokasi yang kami terima ini cuma 50 unit per bulan, tapi kami rutin mendapatkan itu. Tidak dibatasi seperti periode sebelumnya,” ujar Makmur saat ditemui di peluncuran Jimny di GIIAS, Kamis (18/07) lalu.
Dengan terbatasnya jatah kuota yang diterima Suzuki tersebut, maka besar kemungkinan akan ada inden terhadap Suzuki Jimny. Oleh karena itu, bagi Anda yang berniat meminang mobil ini di ajang GIIAS 2019, nampaknya harus bersabar terlebih dahulu.
Suzuki Jimny di GIIAS 2019
Suzuki Jimny di GIIAS 2019 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Pihak Suzuki menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin melakukan SPK terhadap Jimny di ajang GIIAS 2019, baru bisa mendapatkan unit Jimny-nya di bulan Mei 2020 mendatang. Sementara, bagi yang berkeinginan melakukan SPK Jimny di diler daerah masing-masing, Makmur menyarankan agar para konsumen menanyakan dahulu ada atau tidaknya stok Jimny di diler tersebut.
ADVERTISEMENT
“Kami usahakan agar semua diler kebagian walaupun sedikit jadi alokasinya sudah kami sebar ke diler. Bagi konsumen yang mau membeli di GIIAS ataupun di diler, sebaiknya mengecek dulu ketersediaan barangnya di diler masing-masing,” jelas Makmur.
Suzuki Jimny di GIIAS 2019
Suzuki Jimny di GIIAS 2019 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Dibanderol mulai Rp 315 juta
Resmi dipasarkan di ajang GIIAS 2019, Suzuki Jimny dibanderol oleh pihak SIS dengan harga mulai dari Rp 315,5 juta untuk tipe single tone bertransmisi manual, Rp 317,5 juta untuk tipe two tone bertransmisi manual, Rp 328 juta untuk tipe single tone AT dan Rp 330 juta untuk tipe two tone AT.
Mengusung mesin K15B empat silinder berkapasitas 1.5 liter, di atas kertas Jimny memiliki tenaga 102 dk dan torsi 130 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan