Otomotif
·
15 April 2020 6:13

Ingat, Jangan Sepelekan Tutup Pentil Ban Kendaraan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ingat, Jangan Sepelekan Tutup Pentil Ban Kendaraan (96993)
searchPerbesar
Tutup pentil ban motor. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Setiap ban kendaraan lengkap dengan pentil beserta tutupnya atau sering disebut valve cap. Hanya saja karena dimensi dan bentuknya kecil, sering kali diabaikan keberadaannya.
ADVERTISEMENT
Apalagi manakala usai isi angin ban kendaraan. Kadang lupa meletakan kembali tutup pentil ban ke tempat semula.
Ingat, Jangan Sepelekan Tutup Pentil Ban Kendaraan (96994)
searchPerbesar
Pentil ban motor tanpa tutupnya. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Atau ada juga yang sengaja menyepelekan keberadaannya. Artinya membiarkan ban tanpa tutup pentilnya. Sehingga tak jarang ditemui ban kendaraan baik mobil atau motor tanpa tutup pentil.
Padahal tutup pentil ban punya peranan vital bila terpasang dengan baik, mencegah kerusakan pada katup keluar-masuk angin pada ban kendaraan.
"Fungsi valve cap melindungi supaya debu atau kotoran tidak masuk di dalamnya, atau air dan lainnya yang bisa membuat karat valve tire," ungkap Technical Training Analyst PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno saat dihubungi kumparan, Selasa (14/4).
Ingat, Jangan Sepelekan Tutup Pentil Ban Kendaraan (96995)
searchPerbesar
Tutup pentil ban mobil. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
"Apabila tidak ditutup, ada kemungkinan valve tire berkarat (penyebab bocor halus), sehingga susah dibuka dan atau menghambat pengisian angin," imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Endro juga menjelaskan tutup pentil tidak ada kaitannya mencegah angin keluar dari dalam ban. Sebab udara masih bisa menyelinap keluar melalui celah drat tutup pentil. "Karena yang menahan (udara keluar) pentilnya, atau valve tire itu sendiri," pungkas Endro.
Ingat, Jangan Sepelekan Tutup Pentil Ban Kendaraan (96996)
searchPerbesar
Tutup pentil ban mobil. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Tutup pentil bawaan pabrikan biasanya terbuat dari plastik. Seiring berjalannya waktu lama-lama bisa getas dan copot dengan sendirinya. Maka dari itu Endro berpesan untk segera cari penggantinya dengan yang baru.
Di pasaran modelnya pun beragam, ada yang menyerupai bawaan, ada pula model aftermarket alias racing sehingga bisa mendongkrak penampilan kendaraan yang dimiliki.
Lebih dari itu, selalu ingat sehabis isi angin pastikan bagian dalam tutup pentil ban dalam keadaan bersih, baru pasang kembali. Bukannya tidak mungkin ada kotoran yang nantinya bisa hinggap ke pentil ban kendaraan.
ADVERTISEMENT
***