Otomotif
·
2 Februari 2021 7:11

Ini 6 Setir Mobil dengan Desain Unik, Sudah Pernah Lihat?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini 6 Setir Mobil dengan Desain Unik, Sudah Pernah Lihat?   (185726)
Ragam Setir Mobil Aneh. Foto: dok. Motor1
Roda kemudi atau setir mobil umumnya memang memiliki bentuk yang melingkar. Hal itu bertujuan untuk memudahkan pengemudi ketika memutar setir tersebut saat berbelok.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, berbeda dari setir pada umumnya, beberapa setir mobil ini justru punya bentuk yang unik dan tidak biasa. Mayoritas mobil-mobil ini memang merupakan mobil konsep dan bukan mobil produksi massal, jadi tidak heran bila setirnya memiliki bentuk yang cukup unik.
Mengutip dari Motor1, setidaknya ada 6 mobil yang punya bentuk setir unik. Lalu apa saja mobil tersebut? Berikut ulasannya.

Maserati Boomerang (1971)

Ini 6 Setir Mobil dengan Desain Unik, Sudah Pernah Lihat?   (185727)
Setir Maserati Boomerang. Foto: dok. Motor1
Mobil pertama yang punya bentuk setir unik, yaitu Maserati Boomerang yang hadir pertama kali pada 1971 di ajang Turin Motor Show, Italia. Supercar asal Italia ini, hadir dengan bentuk setir yang bulat mirip sebuah baskom.
Di dalam lingkarnya, terdapat beberapa indikator dari mobil itu sendiri, mulai dari speedometer, tachometer, indikator bensin, dan lainnya. Setir garapan Giorgetto Giugiaro ini memang menonjolkan desain yang sangat unik dan tidak biasa. Desain itu sangat cocok untuk sebuah supercar konsep layaknya Maserati Boomerang ini.
ADVERTISEMENT

Lancia Sibilo (1978)

Ini 6 Setir Mobil dengan Desain Unik, Sudah Pernah Lihat?   (185728)
Setir Lancia Siblio. Foto: dok. Motor1
Selanjutnya ada mobil konsep Lancia Siblio yang juga punya bentuk setir unik. Sama seperti Maserati Boomerang, mobil ini juga pertama kali diperkenalkan pada ajang Turin Motor Show di tahun 1978.
Sebagai mobil konsep, Lancia Siblio hadir dengan desain roda kemudi berbentuk bulat tanpa ada lubang di dalam lingkarnya. Sebagai gantinya, lubang-lubang yang biasanya ada pada setir digantikan dengan tombol-tombol pengaturan. Bila dilihat sekilas, desain setir ini nampak mirip seperti setir mobil mainan.

Citroen Karin (1980)

Ini 6 Setir Mobil dengan Desain Unik, Sudah Pernah Lihat?   (185729)
Setir Citroen Karin. Foto: dok. Motor1
Jenama asal Prancis, Citroen juga tak mau ketinggalan untuk menampilkan desain setir uniknya pada mobil konsep mereka, Citroen Karin. Setir pada mobil ini hanya punya 2 palang yang terletak di bagian bawah.
ADVERTISEMENT
Palang itu tersambung dengan bagian tengah setir yang di atasnya terdapat beberapa tombol layaknya sebuah telepon. Tak hanya itu, terdapat juga beberapa tombol lainnya yang terletak di bagian dasbor dan layar instrumen setir.

Oldsmobile Inca (1986)

Ini 6 Setir Mobil dengan Desain Unik, Sudah Pernah Lihat?   (185730)
Setir Oldsmobile Inca. Foto: dok. Motor1
Selanjutnya ada Oldsmobile Inca yang juga punya desain setir unik dan berbeda dari setir mobil pada umumnya. Bila pada setir mobil unik sebelumnya masih punya desain yang melingkar, pada desain setir kali ini memiliki bentuk mirip seperti kemudi pesawat terbang.
Penggunaan desain kemudi seperti ini tak dipungkiri terinspirasi dari pesawat jet tempur Rebel X-Wing Fighter. Sama seperti kemudi di pesawat tempur, pada kemudi Oldsmobile Inca ini juga dilengkapi dengan berbagai tombol kemudi di bagian setirnya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, tampilan dasbor mobil ini pun memiliki desain yang futuristik pada zamannya dan benar-benar menonjolkan kesan sebuah mobil konsep.

BMW Z22 (1999)

Ini 6 Setir Mobil dengan Desain Unik, Sudah Pernah Lihat?   (185731)
Setir BMW Z22. Foto: dok. Motor1
Memasuki era 1990an tepatnya pada 1999, giliran BMW yang memperkenalkan desain setir unik dan futuristik pada mobil konsep mereka, BMW Z22. Dikembangkan oleh BMW Technik GmbH, desain setir BMW Z22 ini memiliki bentuk persegi yang mirip pada mobil balap Formula 1.
Pada bagian tengahnya terdapat logo khas BMW yang dikelilingi beberapa tombol pada bagian lingkar kemudinya. Di bagian tombol-tombol ini juga terdapat tombol untuk menyalakan mesin yang memanfaatkan sidik jari pengemudi. Terdapat juga sistem transmisi yang dioperasikan melalui sebuah tombol.

Honda EV-STER (2011)

Ini 6 Setir Mobil dengan Desain Unik, Sudah Pernah Lihat?   (185732)
Setir Honda EV-Ster. Foto: dok. Motor1
Terakhir ada Honda EV-STER yang punya desain setir unik. Diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 2011, mobil konsep Honda ini hadir dengan desain setir seperti pesawat terbang masa depan atau pesawat luar angkasa.
ADVERTISEMENT
Selain desain setirnya yang unik dan futuristik, tampilan dasbor dan layar instrumen dari Honda EV-STER ini juga terbilang menarik. Ada 3 layar monitor yang ditampilkan pada bagian layar instrumennya, yang berfungsi memberikan informasi kepada pengemudi.
***