kumparan
6 November 2019 12:20

Ini Senjata Kia di Segmen Komersial, Tantang Mitsubishi L300

Kia Big-Up, Indomobil, Kia, Mobil
Kia Big-Up. Foto: Bagas Putra Riyadhana
Produsen otomotif asal Korea Selatan, Kia, kembali menjual produk-produk mobilnya Indonesia. Bangkit di tengah penjualan yang lesu, Kia kini berdiri di bawah bendera PT Kreta Indo Artha, anak perusahaan Indomobil.
ADVERTISEMENT
Salah satu produk yang kembali diboyong Kia ke Indonesia yaitu model kendaraan niaga, Kia Big-Up. Di Tanah Air, medium pikap ini bukanlah barang asing karena sebelum berada di bawah naungan Indomobil, Kia juga pernah memasarkannya sejak pertama kali masuk pada tahun 2004.
Namun penjualan Big-Up kalah bersaing dengan medium pikap legendaris, Mitsubishi L300, sehingga tidak begitu populer di segmen kendaraan niaga. Kini Big-Up telah kembali dan ada kemungkinan akan diproduksi di dalam negeri untuk mendongkrak penjualan.
"Jadi kalau kita lihat yang paling dekat sudah direncanakan (diproduksi di Indonesia) itu model pickup (Big-Up)," ujar Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo, saat ditemui kumparan beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Dari segi ukuran dan fitur memang Kia Big-Up memiliki beberapa keunggulan di kelas medium pikap. Mobil yang di negara asal bernama K2700 ini punya desain eksterior kabin yang lebih luwes dan tidak kaku.
Tampangnya didukung dengan kaca depan yang lebar agar pengemudi lebih leluasa melihat medan. Sayangnya, versi yang dijual di Indonesia masih belum memiliki foglamp, namun untuk dudukannya sudah tersedia bila ingin memasang versi aftermarket.
Kia Big-Up, Indomobil, Pickup, Mobil, Kia
Ruang kabin Kia Big-Up Foto: Bagas Putra Riyadhana
Selain itu, desain interior kabin jauh lebih terkesan modern dan mewah dibandingkan medium pikap lainnya seperti Isuzu Traga dan Mitsubishi L300. Bak pengangkut Big-Up memiliki profil panjang 3.000 mm, lebar 1,720 mm, dan tinggi 400 mm, dengan tiga pintu.
Mengintip dapur pacu, Big-Up menggendong mesin J2 4 silinder bergaris natural aspiration berkapasitas 2.700 cc. Menyoal harga, Big-Up Pikap dibanderol Rp 191, 3 juta (on the road DKI Jakarta).
ADVERTISEMENT
L300 Masih Tak Terkalahkan
Di segmen medium pikap, Mitsubishi L300 memang masih menjadi jawara dengan penjualan terbanyak mengungguli Isuzu Traga. Gaikindo mencatat sebanyak 19.958 unit Pikap L300 terjual selama Januari-September 2019.
Sementara itu, angka penjualan Isuzu Traga terbilang konstan dengan rata-rata sekitar 400 unit setiap bulan. Sedangkan total penjualan selama Januari-September sebesar 4.284 unit.
Dominasi L300 memang bukan tanpa alasan. Eksistensinya di Tanah Air sudah berlangsung sejak tahun 1981--dinamai Delica--sehingga namanya sudah lebih teruji di masyarakat, terlebih karena mesin Cyclone 2.500cc yang terkenal andal.
Namun, zaman pun berubah, bukan tidak mungkin pendatang baru seperti Isuzu Traga, bahkan Kia Big-Up bisa menyusul dominasi L300 karena desain, kubikasi, dan daya angkut yang lebih unggul.
ADVERTISEMENT
Berikut foto-foto Kia Big-Up yang kumparan abadikan di Diler Kia MT Haryono:
Kia Big-Up, Indomobil, Kia, Mobil
Kia Big-Up. Foto: Bagas Putra Riyadhana
Kia Big-Up, Indomobil, Kia, Mobil
Kia Big-Up. Foto: Bagas Putra Riyadhana
Kia Big-Up, Indomobil, Pickup, Mobil, Kia
Tampang belakang kaki-kaki dan rangka Kia Big-Up. Foto: Bagas Putra Riyadhana
Kia Big-Up, Indomobil, Kia, Mobil
Kia Big-Up Foto: Bagas Putra Riyadhana
Kia Big-Up, Indomobil, Pickup, Mobil, Kia
Pintu dan kabin Kia Big-Up Foto: Bagas Putra Riyadhana
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan