kumparan
6 September 2019 18:12

Ini Spesifikasi Esemka Bima yang Dijajal Jokowi

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kiri) mengamati salah satu produk mobil keluaran pabrik mobil Esemka. Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Usai meresmikan pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto langsung menjajal Esemka Bima tipe 1.2L.
ADVERTISEMENT
Saat itu Jokowi duduk di sebelah Airlangga yang bertindak sebagai pengemudinya. Usai melakukan test drive, Jokowi menyebut Esemka Bima punya kualitas yang baik.
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kanan kedua) mencoba salah satu produk mobil keluaran pabrik mobil Esemka saat meresmikan pabrik mobil PT. Solo Manufaktur Kreasi (Esemka). Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
"Sekali lagi ini produksi pertama, kualitas menurut saya cukup baik. Tapi kalau ada kurang sedikit ya ini produksi pertama, sudah bagus untuk produksi pertama, baik secara desain," ungkap Jokowi di Boyolali, Jumat (6/9).
Soal harga, Jokowi menyebut Esemka Bima akan diniagakan Rp 95 juta dengan status off the road.
Pabrik esemka di Boyolali. Foto: kumparan
Lalu bagaimana dengan spesifikasi teknis pikap yang meramaikan segmen kendaraan niaga ringan di Tanah Air ini? Cek ulasannya berikut.
Dimensi dan kaki-kaki
Kalau dari luar, tampilannya punya moncong yang sedikit menjorok ke depan layaknya DFSK Super Cab. Handle pintu pun menariknya sudah mirip mobil kekinian, tidak lagi model flip seperti Carry pikap terbaru. Pada sisi kanan dan kiri moncong, juga sudah ada lampu seinnya.
Presiden Jokowi saat mencoba salah satu mobil Esemka. Foto: Dok. Agus Suparto
Hal positif lainnya yaitu lampu utamanya yang sudah berupa proyektor. Lebih unggul tentunya bila dibandingkan dengan pikap lain di kelasnya.
ADVERTISEMENT
Dari data spesifikasi, Esemka Bima 1.2L punya panjang dimensi 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm. Sementara jarak sumbu rodanya mencapai 2.900 mm.
Pabrik esemka di Boyolali. Foto: kumparan
Adapun ukuran bak terbukanya punya keseluruhan panjang 2.750 mm, lebar 1.600 mm, serta tinggi 460 mm. Tangkinya bisa menenggak bensin hingga 40 liter dalam sekali pengisian penuh.
Sementara untuk menopang bobot kotornya yang mencapai 2.150 kg, pabrikan menyematkan ban berukuran 175/65 ring 14 yang membalut velg kaleng.
Jantung mekanis
Lanjut ke jantung mekanis, Esemka Bima 1.2L ini menggendong mesin berkubikasi 1.243 cc, berteknologi E-Power I4 DOHC. Di atas kertas, konfigurasi mesinnya itu menjanjikan tenaga 96 dk dan torsi puncak 119 Nm.
Bagian dalam mobil esemka. Foto: kumparan
Sayangnya belum ada keterangan lebih lanjut soal transmisi, maupun daya maksimumnya itu dapat dicapai pada putaran mesin berapa.
ADVERTISEMENT
Interior
Kemudian menyoal interior, jangan harap ada kesan futuristik pada Esemka Bima. Selayaknya mobil pekerja, dashboard dibuat sederhana dan minimalis.
Sebagai piranti hiburan sudah tersematkan sistem audio single din. Di bawah perangkat audionya itu ada slot yang bisa digunakan untuk menyimpan uang atau benda kecil lain.
Presiden Jokowi saat mencoba salah satu mobil Esemka. Foto: Dok. Agus Suparto
Sementara buat mendongkrak kenyamanan, Esemka Bima sudah terpasang AC. Pengaturannya punya tampilan yang cukup modern meskipun masih kenop putar.
Tak lupa model jok pun menggunakan headrest terpisah, lengkap dengan sabuk keselamatan, juga sun visor.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan