Otomotif
·
19 April 2021 10:10

Intip Kecanggihan Fitur Internet Mobile dan Semi Otonom i-SMART Milik MG

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Intip Kecanggihan Fitur Internet Mobile dan Semi Otonom i-SMART Milik MG (615562)
searchPerbesar
Fitur i-Smart MG HS Foto: dok. MG Cars
Tren fitur koneksi pada mobil dan semi otonomos kini terus menjamur. Berbagai pabrikan otomotif di Tanah Air, berlomba-lomba menghadirkan fitur ini pada jajaran produknya, salah satunya MG Motor Indonesia yang baru saja memperkenalkan fitur i-SMART di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021.
ADVERTISEMENT
Fitur yang ditawarkan MG ini mencakup 2 fungsi utama, internet mobile dan MG Pilot yang merupakan fitur Advanced driver assistance system atau ADAS.
“Kehadiran teknologi canggih i-SMART akan menghadirkan sensasi baru yang memberikan kontrol sepenuhnya ke tangan pengemudi untuk mengecek, mengendalikan, bahkan terhubung dengan unit kendaraannya,” ucap Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin.
Intip Kecanggihan Fitur Internet Mobile dan Semi Otonom i-SMART Milik MG (615563)
searchPerbesar
Tampilan head unit MG HS. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan

Internet Mobile

Pada fungsi pertama, yakni internet mobile terbagi lagi menjadi 3 fungsi, yakni Smart Check, Smart Command, dan Smart Connect. Pada Smart Check, memiliki fungsi untuk memungkinkan para pengguna melakukan pemeriksaan dan pengaturan khusus terhadap mobil MG mereka melalui aplikasi pada ponselnya, yakni i-SMART. Untuk aplikasi tersebut, nantinya dapat diunduh di Google Play Store atau App Store.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa fitur yang bisa difungsikan pada Smart Check ini, seperti mencari lokasi kendaraan melalui pilihan Find My Car. Fitur ini akan sangat berfungsi ketika hendak mencari mobil di lokasi parkir.
Tidak hanya itu, pemilik kendaran juga bisa mengecek suhu di dalam kabin mobil, tekanan angin pada ban, kapasitas aki dan bahan bakar, serta memastikan pintu atau jendela dalam kondisi terbuka atau tertutup melalui aplikasi dan smartphone. Terakhir, pemilik kendaraan juga bisa menghidupkan mesin dan ac mobil melalui aplikasi pada smartphone.
Smart Command
Selanjutnya ada Smart Command yang berfungsi sebagai perintah suara untuk memudahkan pengemudi ketika membutuhkan pengoperasian sesuatu. Mudahnya, fitur ini mirip seperti fitur WIND yang ada pada Wuling Almaz.
ADVERTISEMENT
Untuk mengaktifkan Smart Command, ada 2 cara, pertama pengemudi bisa menekan tombol khusus yang ada pada setir, lalu dilanjutkan dengan mengucapkan perintah suara. Cara kedua yakni dengan menyebut “Hello MG!”, yang juga selanjutnya diikuti dengan perintah suara yang diinginkan.
Pada Smart Command ini ada beberapa perintah suara yang bisa dilakukan, menghidupkan AC, menaikkan atau menurunkan temperatur AC, membuka atau menutup jendela, membuka atau menutup sunroof, menghidupkan musik atau radio, membesarkan atau mengecilkan volume, serta mencari alamat di peta sistem navigasi.
Intip Kecanggihan Fitur Internet Mobile dan Semi Otonom i-SMART Milik MG (615564)
searchPerbesar
Panoramic sunroof pada MG HS Foto: dok. MG Cars
Smart Connect
Terakhir ada Smart Connect yang merupakan sistem navigasi canggih dari MG. Untuk mengoperasikannya, pengemudi hanya perlu mengucapkan “Hello MG!” yang diikuti dengan “Nav”, dan dilanjutkan dengan lokasi yang ingin dituju.
ADVERTISEMENT
Sebagai contoh, apabila Anda dalam keadaan darurat dan sedang mencari rumah sakit terdekat, maka bisa mengucapkan “Hello MG!”, “Nav”, “Hospital”. Setelah itu sistem akan menampilkan beberapa rumah sakit terdekat dari lokasi mobil Anda.
Intip Kecanggihan Fitur Internet Mobile dan Semi Otonom i-SMART Milik MG (615565)
searchPerbesar
Aplikasi Internet Mobil i-Smart milik MG. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

MG Pilot - ADAS

Selain fitur internet mobile, i-SMART juga dibekali dengan fitur bantuan mengemudi semi otonomos. Kehadiran fitur Advanced Driving Assistance System ini, tentu saja dihadirkan untuk menambah kenyamanan, meningkatkan pengalaman berkendara, dan meningkatkan rasa aman bagi pengemudi.
Ada beberapa fitur keselamatan dan bantuan mengemudi canggih semi otonomos yang terbenam pada MG Pilot ini, berikut lengkapnya:
  • Active Emergency Braking
  • Adaptive Cruise Control
  • Traffic Jam Assist
  • Forward Collision Warning
  • Intelligent Speed Limit Assist
  • Lane Keep Assist
  • Lane Departure Warning System
  • Lane Departure Prevention
  • Blind Spot Detection
  • Rear Cross Traffic Alert
  • Door Open Warning
  • Intelligent High Beam Assist
Intip Kecanggihan Fitur Internet Mobile dan Semi Otonom i-SMART Milik MG (615566)
searchPerbesar
Tampiland depan MG HS. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan

Segera hadir di mobil MG

Dengan diperkenalkannya fitur i-SMART ini, MG berharap masyarakat akan semakin yakin dengan kualitas dan fitur-fitur yang ditawarkan oleh jajaran produk MG.
ADVERTISEMENT
Adapun untuk fitur i-SMART ini direncanakan akan segera hadir pada produk MG di tahun ini. Sayangnya, MG enggan membeberkan apakah fitur i-SMART ini nantinya akan hadir pada produk MG yang sudah dipasarkan di Indonesia atau melalui produk baru lagi.
“Saya belum bisa bilang dulu detailnya. Pokoknya tunggu saja undangan dari kami,” tutup Arief.
***