Otomotif
·
11 Mei 2020 9:36

Jelang Lebaran 2020, Stok Suzuki Ertiga Bekas Rp 100 Jutaan Melimpah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jelang Lebaran 2020, Stok Suzuki Ertiga Bekas Rp 100 Jutaan Melimpah (8191)
Suzuki Ertiga bekas di bursa mobil Suzuki Auto Value. Foto: dok. Suzuki Auto Value
Sejumlah kebijakan terkait penanganan pandemi virus corona membuat stok mobil bekas melimpah di pasaran. Ini juga terjadi karena adanya pergeseran tren di bursa mobil bekas.
ADVERTISEMENT
Ya, bila pada kondisi normal antara suplai dan permintaan mobil bekas seimbang, maka yang terjadi sekarang adalah suplai lebih besar daripada demand. Banyak orang yang justru menjual mobilnya untuk menutupi kebutuhan hidup.
Jelang Lebaran 2020, Stok Suzuki Ertiga Bekas Rp 100 Jutaan Melimpah (8192)
Suzuki Ertiga Dreza bekas di bursa mobil Suzuki Auto Value. Foto: dok. Suzuki Auto Value
Business Development Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hendro Kaligis menuturkan, mobil bekas yang menjadi stok di Suzuki Auto Value --anak perusahaan Suzuki yang menangani jual beli mobil bekas-- kebanyakan merupakan segmen MPV.
"Kenapa relatif lebih banyak? karena kami membeli mobil MPV secara agresif sejak Januari dan Februari, dengan harapan dibeli dan dipakai mudik Lebaran 2020, tapi kan ternyata orang enggak bisa mudik," katanya dalam kesempatan wawancara virtual akhir pekan kemarin.
Jelang Lebaran 2020, Stok Suzuki Ertiga Bekas Rp 100 Jutaan Melimpah (8193)
Suzuki Ertiga bekas di bursa mobil Suzuki Auto Value. Foto: dok. Suzuki Auto Value
Dari ragam MPV tersebut, dominannya jelas Hendro merupakan Suzuki Ertiga. Karakteristik modelnya pun beragam usia dan varian.
ADVERTISEMENT
Namun utamanya memiliki banderol rentang Rp 90 hingga 150 jutaan. Nominal mobil bekas yang paling banyak diminati masyarakat.
Untuk Suzuki Ertiga tahun produksi 2012 yang merupakan generasi awal, ada yang dijual mulai dari Rp 90 jutaan. Ada pula Ertiga lansiran 2015, 2015, atau varian Dreza 2016 yang kisarannya Rp 120 sampai Rp 140 juta.
Alasan lain yang bikin Ertiga jumlahnya banyak di bursa mobil bekas buatan Suzuki ini, karena konsumennya mulai menerapkan usia pakai mobil maksimal lima tahun.
"Karena di kota besar seperti Jakarta, Semarang, dan Surabaya itu waktu pakai mobilnya makin pendek. Dulu 8 tahun, sekarang lebih pendek lagi, jadi sudah banyak kustomer yang merasa sudah harus ganti," pungkas Hendro.
Jelang Lebaran 2020, Stok Suzuki Ertiga Bekas Rp 100 Jutaan Melimpah (8194)
Suzuki Ertiga Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Maka boleh dibilang 2020 ini merupakan periode puncak siklus Ertiga lawas. Banyak konsumen Suzuki Ertiga yang beli sejak 2012 hingga 2015, kemudian menjualnya di bursa mobil bekas seperti Suzuki Auto Value untuk mendapatkan model baru.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.